Cara Menumbuhkan dan Mempercantik Ekor Ikan Cupang

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Menumbuhkan dan Mempercantik Ekor Ikan Cupang? Salah satu keindahan ikan cupang terdapat pada ekornya yang panjang.

Cara Menumbuhkan dan Mempercantik Ekor Ikan Cupang
Cara Menumbuhkan dan Mempercantik Ekor Ikan Cupang

Oleh karena kecantikan ekornya lah, ikan cupang diminati warga dan mereka bersedia untuk memeliharanya di akuarium.

Sayangnya, banyak penyuka ikan hias cupang yang tidak mengetahui cara mempercantik ekor ikan cupang.

Sejatinya, ekor ikan cupang bisa tumbuh secara alami. Namun, waktunya cukup lama sehingga pembudidaya rawan mengalami rasa bosan sehingga berhenti untuk memelihara ikan cupang.

Terkait ilustrasi di atas, maka kami akan memberitahukan informasi tentang cara menumbuhkan dan mempercantik ekor ikan cupang yang paling mudah. Silakan artikel ini disimak dan berikut ulasannya:

Cara Menumbuhkan dan Mempercantik Ekor Ikan Cupang

Ada banyak cara menumbuhkan dan mempercantik ekor ikan cupang dengan cepat.

Teknik-teknik ini harus dilakukan secara rutin dan sabar, karena memang membutuhkan tingkat ketelatenan yang tinggi. Jika pembudidaya memang berminat, maka silakan ikuti langkah berikut:

1. Mengganti Air setiap Saat

Cara menumbuhkan ekor ikan cupang yang pertama ialah lakukan pergantian air setiap saat. Bahkan, pergantian bisa dilakukan setiap sehari sekali jika air yang lama sudah kotor dan keruh.

Sejatinya, ikan cupang adalah ikan yang tidak menyukai habitat yang kotor. Terkadang, kondisi semacam ini yang membuatnya stres bahkan sakit.

Kalau ikan cupang sakit, tentu wajar kalau ekornya tidak tumbuh maksimal. Sebab, ikan cupang sedang fokus untuk mengobati dirinya daripada menghias ekornya.

Alasan ini yang perlu diketahui oleh pembudidaya. Makanya, air di akuarium harus selalu bersih sehingga si ikan cupang lebih leluasa untuk berenang di dalamnya. Jika air sudah keruh, berarti sudah waktunya untuk dilakukan pergantian dengan air yang baru.

2. Endapkan Daun Ketapang di Akuarium

Daun ketapang ternyata juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mempercantik ekor ikan cupang. Namun daun ini harus diproses terlebih dahulu dengan cara mengendapkannya di dalam wadah ikan cupang baru setelah itu dipindahkan ke akuarium.

Pemilik ikan cupang juga harus memasukkan daun ketapang ke dalam akuarium yang masih kosong. Biarkan daun tersebut mengendap beberapa hari, setelah itu, baru ikan cupang dimasukkan ke dalam akuarium.

Daun ketapang yang sudah bercampur dengan air wadah, ternyata bisa menstimulus ikan cupang untuk memanjangkan ekornya dengan cepat.

Penjelasan ilmiahnya memang masih belum ada tetapi dari beberapa pengalaman pembudidayaan, mengendapkan daun ketapang ternyata juga bisa dilakukan.

3. Menaburkan Garam ke dalam Air

Langkah yang berikutnya ialah silakan taburkan garam ke air. Namun, kadarnya tidak usah terlalu banyak cukup beberapa taburan saja untuk menghindari ketaksesuaian tekanan air pada ikan.

Air garam di akuarium tidak hanya untuk mempercepat pertumbuhan ekor ikan cupang saja. Tetapi, bentuk ekor juga semakin indah karena mekar dengan sempurna. Tak hanya itu, warna dari ekor juga semakin terang bahkan terlihat berkilap ketika terpantul cahaya.

Pemberian garam ke air akuarium tidak perlu dilakukan setiap hari. Cukup setiap dua minggu atau paling lama setiap satu bulan sekali.

Walaupun demikian pembudidaya ikan tidak perlu khawatir, karena daya tahan garam di air cukup kuat sehingga ikan masih berpeluang untuk mempercantik ekornya setiap saat.

4. Beri Pakan Ikan Bernutrisi

Jika pembudidaya ingin memiliki ikan cupang yang ekornya indah, hendaknya berikan ikan pakan yang bernutrisi tinggi. Jika makanannya tidak bergizi, tentu wajar ikan tidak akan mempercepat pertumbuhan ekor bahkan ikan bisa sakit dan mati.

Makanan ikan cupang yang paling bernutrisi salah satunya adalah jentik nyamuk. Namun jika pembudidaya kesulitan untuk menemukan pakan semacam ini, bisa menggantinya dengan makanan yang bernutrisi setara seperti kutu air.

Jika ikan cupang diberikan makanan di atas, pertumbuhan ekornya akan sangat cepat. Bahkan, ekor ikan akan bertumbuh setelah satu minggu dari sejak ikan dipindahkan ke akuarium. Tentunya jika ekor ikan cupang sehat dan tidak ada kerusakan sama sekali.

5. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Ekor

Cara mempercepat pertumbuhan ikan cupang yang selanjutnya ialah jangan terlalu banyak menyentuh ikan terutama di bagian ekornya.

Sebab, ekor ikan hias ini sangat mudah copot sehingga dikhawatirkan karena sering disentuh ekor ikan cupang akan rusak.

Selain itu, ikan cupang juga tergolong ikan hias yang rawan stres. Sentuhan pembudidaya terhadapnya bisa berpotensi untuk melahirkan efek ini sehingga ikan malas untuk memanjangkan ekornya. Nah, ikan cupang tanpa ekor, tentu keindahannya sudah tidak ada lagi.

Pembudidaya juga perlu memperhatikan cara memindahkan ikan cupang dari wadah ke akuarium.

Jika perlu, pembudidaya tidak usah memindahkan menggunakan tangan tetapi menggunakan serok halus yang masih baru. Air juga tidak sampai bergolak, karena ini juga berefek traumatic pada ikan.

Itulah ulasan cara memanjangkan dan menghias ekor ikan cupang yang paling mudah dan murah. Silakan pembudidaya menggunakan cara di atas daripada menggunakan obat kimia yang membahayakan.

Baca Juga : Cara Mengobati Ekor Ikan Cupang Yang Rusak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *