Fungsi Kumis Pada Kucing

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Fungsi Kumis Pada Kucing? Hewan kucing merupakan hewan peliharaan kesukaan masyarakat di Indonesia, karena hewan ini bisa dekat dengan manusia.

Fungsi Kumis Pada Kucing
Fungsi Kumis Pada Kucing

Selain dekat dengan manusia, kucing juga mudah dalam pemeliharaannya atau perawatannya.

Pada bagian tubuh kucing terdapat sebuah kumis atau bulu halus, yang ada disekitar mulut hewan tersebut.

Ada berbagai kegunaan dari bulu halus pada kucing, sehingga bulu halus tersebut tidak boleh dipotong oleh pemiliknya. Berikut informasi mengenai kegunaan, bulu halus pada kucing.

Fungsi Kumis Pada Kucing

Hewan peliharaan ini memiliki sebuah bulu halus disekitar mulutnya, sehingga hewan ini memiliki penampilan yang cuup cantik.

Tidak hanya membuat penampilan hewan peliharaan jadi cantik, namun ada beberapa kegunaan dari bulu halus untuk hewan peliharaan. Berikut fungsi kumis pada kucing adalah :

1. Berguna Menunjukan Arah Ketika Berjalan

Bulu bulu halus pada hewan peliharaan sangat dekat dengan hidung, sehingga hal tersebut hewan peliharaan mampu untuk menunjukan arah saat berjalan.

Contohnya adalah ketika pemiliknya ingin memberikan sebuah makanan atau minuman, hewan peliharaan ini menggunakan bulu halusnya untuk menuju makanan tersebut.

Setelah mereka mengetahui arah atau letak dari mananan yang diberikan  tersebut, maka hewan peliharaan ini akan langsung memakan makanan yang diberikan oleh pemiliknya.

Tidak hanya mengetahui sebuah arah, dengan menggunakan bulu halus mereka mengetahui jenis makanan atau sebuah barang.

2. Berguna Untuk Mengetahui Tempat Yang Dianggap Berbahaya

Sama seperti manusia, hewan peliharaan ini akan mengindari tempat yang berbahaya.

Mereka cenderung akan memilih tempat yang aman, sehingga mereka nantinya dapat aman. Supaya mereka dapat aman ketika melangkah atau berjalan, ada bulu bulu halus disekitar mulut

Contohnya seperti saat mereka melintasi jalan yang memiliki lumpur, mereka akan mengetahui jalan tersebut berlumpur dengan bulu bulu halus tersebut.

Dengan mengetahui jalan mana yang berlupur, mereka akan terhindar dari hal hal yang membahayakan diri mereka.

3. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Imbang

Hewan peliharaan ini suka untuk naik ke tempat tinggi, saat mereka sedang bermain main. Ketika mereka berada di bagian atas tempat bermain, mereka sulit untuk turun kembali.

Supaya membantu mereka untuk turun, mereka menggunakan bulu bulu halus yang ada disekitar mulutnya.

Bulu bulu halus yang ada disekitar mulut tersebut, membantu hewan peliharaan untuk turun dari tempat tinggi secara tepat. JIka tubuh mereka lebih imbang, mereka dapat melangkah turun dengan baik.

4. Untuk Merasakan Hal Yang Ada Disekitarnya

Hewan peliharaan adalah hewan yang sangat peka, karena hewan ini dibantu oleh bulu bulu halus yang ada disekitar mulutnya.

Dengan bulu bulu halus yang ada disekitar mulutnya, hewan peliharaan bisa merasakan getaran atau gerakan gerakan yang ada disekitarnya.

Contohnya adalah seperti orang lewat diseitar rumah, hewan peliharaan akan merespon dari gerakan gerakan orang yang lewat tersebut.

Dengan melihat respon dari hewan peliharaan tersebut, maka tuan rumah akan mengetahui apakah ada hal membahayakan yang ada dirumahnya.

5. Membantu Melihat Ketika Malam Hari

Pada saat malam hari manusia akan terlelap tidur, sehingga lampu akan dimatikan dan rumah menjadi tidak terang.

Terkadang hewan peliharaan ingin melakukan sesuatu di tempat yang tidak terang, sehingga mereka membutuhkan bantuan untuk membantunya melihat di tempat yang tidak terang.

Untuk membantu melihat ditempat yang tidak terang, hewan peliharaan ini dibantu oleh bulu bulu halus yang ada disekitar mulutnya.

Bulu bulu halus yang ada disekitar mulutnya ini, dapat menggantikan mata yang penglihatannya sudah mulai kabur atau tidak jelas.

6. Untuk Melewati Sebuah Tempat Yang Tidak Luas

Selain suka untuk bermain di tempat yang tidak terang, hewan peliharaan ini terkadang juga suka melewati ruangan yang tidak luas.

Dalam sebuah kandang atau tempat bermain kucing ada ruangan yang tidak luas, dan mereka suka melewati ruangan yang tidak luas tersebut.

Supaya mereka melewati ruangan yang tidak luas tersebut, ada sebuah bulu halus yang membantu mereka untuk melewati ruangan tersebut.

Mereka nantinya berhasil untuk melewati sebuah ruangan yang tidak luas tersebut, dengan bantuan dari bulu halus yang ada dimulutnya.

7. Mengetahui Perasaan atau Suasana Hati

Hewan peliharaan juga memiliki perasaan, sehingga mereka mereka akan menunjukan perasaan mereka kepada pemiliknya. Untuk menunjukan perasaan mereka, mereka akan berkomunikasi lewat bulu bulu halusnya.

Contohnya seperti saat mereka sedang takut dengan sesuatu, mereka akan menarik bulu halus tersebut mendekati bagian hidungnya.

Namun jika mereka ingin menggetahui kondisi sebuat tempat, bulu bulu halus mereka akan mengarah ke bagian depan.

Demikianlah informasi Fungsi Kumis Pada Kucing. Fungsi dari bulu ini sangat penting bagi hewan ini, supaya mereka bisa mengetahui hal hal yang ada disekitar mereka.

Baca Juga : Ras Kucing Paling Mahal Di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *