Jenis Hama dan Penyakit Ikan Nila serta Cara Mengatasinya

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Jenis Hama dan Penyakit Ikan Nila serta Cara Mengatasinya? Negara Indonesia adalah negara maritim. Di mana dalam negara maritim itu sendiri terdiri dari  banyaknya wilayah perairan.

Jenis Hama dan Penyakit Ikan Nila serta Cara Mengatasinya
Jenis Hama dan Penyakit Ikan Nila serta Cara Mengatasinya

Dan tentu saja dalam wilayah perairan itu sendiri di dalamnya terkandung sumber daya alam yang kaya. Kita tahu bahwa di dalam laut itu kaya akan kandungan jenis ikan.

Namun rupanya kita tahu bahwa ikan itu sendiri ada yang bisa dikonsumsi dan ada pula ikan yang tidak bisa dikonsumsi.

Adapun di sini yang merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi adalah ikan nila. Mungkin bagi orang yang mengaku menjadi pencinta dunia kuliner pasti mengonsumsi ikan nila sudah tidak asing lagi.

Mungkin saja selama ini kita sudah tahu dengan yang namanya ikan nila. Namun tentu saja tidak semua paham secara mendalam dengan apa itu ikan nila.

Nah untuk anda yang merasa penasaran dan ingin tahu secara mendalam mengenai apa sih yang dimaksud dengan ikan nila.

Di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda semua mengenai seperti apa ikan nila, apa saja hama dan bagaimana cara penanganan hama dan penyakit pada ikan nila.

Penasaran kan? Maka dari itu yuk kita baca dan simak bersama penjelasan yang akan kami uraikan seperti yang ada di bawah ini.

Apa yang dimaksud ikan nila

Ikan  nila adalah salah satu jenis ikan air tawar. Di mana ikan nila itu diintroduksi dari afrika. Yang di mana sejak tahun 1967 ikan nila itu sudah dikembangbiakan di Indonesia. Sejenak kita berpikir dan beranggapan jika sekilas ikan nila itu mirip dengan ikan mujahir.

Kandungan gizi pada ikan nila

Setiap jenis hewan yang kita konsumsi tentu saja mempunyai kandungan gizi tertentu. Demikian juga di sini dengan ikan nila juga mempunyai kandungan gizi yang berbeda dengan nila juga mempunyai kandungan gizi tertentu. Lalu apa saja sih  kandungan gizi yang ada pada ikan nila.

Di dalam ikan nila itu terkandung gizi yang diperlukan tubuh yaitu seperti:  kalori,  karbohidrat,  protein, lemak, serta sejumlah vitamin B3, B12, kalium, fosfor, serta selenium.

Jenis Hama dan Penyakit Ikan Nila serta Cara Mengatasinya

Tentu saja dalam melakukan budidaya ikan tiap peternak pasti ingin agar hewan yang dibudidaya itu bisa tumbuh baik dan sehat. Begitu pula di sini dengan peternak ikan nila.

Namun sayangnya di sini seringkali hal itu tidak terjadi. Karena dalam melakukan budidaya pasti akan menemui suatu hal yang tidak kita inginkan.

Begitu pula ketika kita akan melakukan budidaya ikan nila. Lalu apa saja sih sebenarnya penyakit dan hama yang ada dalam ikan nila.  Penasaran kan?

1. Notonecta

Hama yang pertama yang biasa menyerang pada ikan nila kecil. Biasanya ikan nila kecil yang mengalami bintik  putih.

Adapun salah satu jenis cara yang bisa dilakukan agar ikan nila tidak mengalami penyakiit notonecta adalah dengan menyiramkan minyak  tanah ke dalam  kolam  tempat pembudidayaan ikan nila.

2. Hama cybister

Penyakit lain yang biasa menyerang  pada ikan nila adalah hama cybister. Adapun hama cybister itu bisa dikenal mempunyai nama lain ucrit.

Di mana pada hama cybister itu biasanya  menyerang pada benih ikan. Nah tentu saja perlu adanya penanganan dengan memakai bahan kimia.

Dan rupanya  bahan kimia itu tak hanya bisa membunuh hama cybister saja, namun juga bisa membunuh benih pada ikan nila. Maka dari itu di sini perlu adanya teknik yang benar supaya tidak membunuh benih pada ikan nila.

3. Soprolagianis

Selanjutnya penyakit lain yang terjadi pada ikan nila adalah penyakit soprolagianis. Adapun penyakit ini hadir  dalam bentuk jamur.

Jamur ini tak hanya bisa menyerang pada bagian luar tubuh ikan nila saja. Tapi di sini jamur itu juga menyerang bagian dalam dari ikan nila.

Biasanya menyerang telur, larva dan benih ikan. Bagian tubuh yang diserang organ-organ luar. Penampakan penyakit ini seperti benang halus berwarna putih atau putih kecoklatan.

Pengobatan dilakukan dengan merendam telur atau ikan yang terserang dalam larutan malachite green 1 mg/liter selama 1 jam, atau larutan formalin 200-300 mg/liter selama 1-3 jam, atau NaCl 5 gram/liter selama 15 menit.

Dengan demikian bisa dipastikan bahwa penyakit itu bisa hilang dari ikan nila. Sehingga ikan nila bisa tumbuh dengan baik.

Nah itulah tadi informasi  yang bisa kami bagikan untuk anda semua  mengenai penyakit dan hama yang ada pada ikan nila.

Semoga informasi yang kami bagikan tadi bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semua. Terlebih di sini untuk anda yang merasa tertarik untuk melakukan dan memulai proses pembudidayaan pada ikan nila.

Baca Juga : Cara Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *