Karakteristik, Jenis Habitat dan Fakta Hewan Gajah

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Karakteristik, Jenis Habitat dan Fakta Hewan Gajah? Gajah merupakan satwa terbesar yang ada di muka bumi. Uniknya, hewan ini tergolong jinak sehingga manusia boleh mendekatinya.

Karakteristik, Jenis Habitat dan Fakta Hewan Gajah
Karakteristik, Jenis Habitat dan Fakta Hewan Gajah

Bahkan di negara Asia Tenggara seperti Thailand, gajah dijadikan sebagai alat tunggangan masyarakat.

Pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan terkait ciri, karakteristik, jenis, habitat dan fakta dari gajah.

Tujuannya supaya Anda lebih memahami terkait hewan gajah sehingga pengetahuan lebih bertambah serta bisa disampaikan kembali kepada orang lain. Ini dia ulasan selengkapnya:

Seputar Tentang Gajah

Gajah merupakan hewan berjenis mamalia yang bersifat herbivora atau pemakan tanaman.

Satwa ini bertubuh tinggi dan besar bahkan bisa dibilang, tidak ada satwa darat lain di dunia ini yang bertubuh lebih besar dari gajah.

Karena ukuran tubuh yang luar biasa tersebut, hewan predator sekelas harimau dan singa sekalipun tidak berani untuk mengganggu gajah yang sudah dewasa.

Gajah adalah hewan komunal atau satwa yang suka hidup berkelompok daripada menyendiri.

Dalam satu kelompok biasanya terdapat dua induk gajah beserta anak-anaknya. Kebiasaan berkoloni ini yang menjadi alat perlindungan bagi anak gajah dari serangan predator ganas.

Karakteristik Satwa Gajah

Semua satwa atau binatang pasti memiliki karakteristik atau ciri-ciri yang membedakannya dengan hewan yang lain.

Gajah juga memiliki karakteristik khusus yang membuatnya eksklusif dan mudah dikenali. Berikut Karakteristik gajah yang perlu Anda ketahui:

1. Berkembang Biak dengan Melahirkan

Karakteristik satwa gajah yang pertama ialah gajah berkembangbiak dengan cara melahirkan.

Bukan dengan bertelur seperti hewan unggas yang melalui proses pengeraman baru memasuki masa penetasan. Ini karakteristik pertama yang membedakan gajah dengan hewan yang lain.

Oleh karena termasuk hewan yang bertubuh besar, tentunya bayi gajah juga besar bahkan lebih besar daripada bayi dari hewan mamalia darat yang lainnya.

Sejak masa lahiran sampai gajah dewasa, si induk tetap menjaganya dengan baik termasuk membawanya melakukan imigrasi ke tempat yang banyak makanan.

2. Memiliki Bobot Tubuh yang Sangat Berat

Ciri-Ciri hewan gajah yang berikutnya ialah mempunyai bobot tubuh yang sangat berat. Bahkan ada gajah yang memiliki berat tubuh mencapai 6000 kg dengan tinggi 4 meter.

Bisa dibayangkan betapa besarnya gajah jika Anda mengukurnya dari segi idealitas untuk ukuran seekor satwa atau binatang.

Bobot gajah terberat ada pada gajah Afrika. Sedangkan gajah Asia memiliki ukuran bobot yang lebih kecil atau lebih ringan.

Perbedaan ini merupakan sebentuk keistimewaan pada satwa ini yang mana iklim Afrika tentunya lebih ekstrem dibandingkan cuaca atau tekstur lingkungan di Asia.

Maka dari itu, gajah asal Afrika lebih besar dan berbobot berat dibandingkan jenis gajah yang berada di Asia.

3. Hewan yang Memiliki Gading

Hewan gajah memiliki gading yang sudah muncul sejak gajah masih kecil dan terus berkembang hingga gajah sudah dewasa.

Jika gajah sudah dewasa, ukuran panjang gading mencapai 3-4 meter yang jika diakumulasikan dengan tinggi gajah, ukuran panjang bisa mencapai 2 meter.

4. Telinga Lebar dan Menggelambir

Telinga gajah berukuran lebar hingga mencapai 1,5 meter dengan lebar 50 cm. Sedangkan fungsinya untuk mengipasi tubuh si gajah sendiri supaya tidak kepanasan.

Selain itu, gajah juga mempergunakan telinganya untuk mempertontonkan keberanian di hadapan hewan lain yang berniat untuk mengganggunya.

Ketika gajah sedang marah, biasanya kedua telinganya naik dan menegang dengan posisi sejajar. Teksturnya kaku yang diikuti dengan tulang dan otot yang juga menguat.

Jika sudah dalam kondisi ini, maka gajah bisa berlari dengan kencang sekalipun bobot tubuhnya sangat berat.

Jenis Satwa Gajah

Menurut para ahli, satwa gajah terbagi menjadi dua jenis yaitu gajah Afrika dan gajah Asia. Sekalipun berasal dari spesies yang sama tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan habitat.

Gajah Afrika lebih memilih hidup di sabana atau di pinggiran sungai, sedangkan gajah Asia lebih memilih hidup di dalam hutan yang lebat.

Dari segi ukuran, antara gajah Asia dengan Gajah Afrika juga memiliki perbedaan yang mencolok. Gajah Afrika memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan gajah yang berasal dari Asia.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, perbedaan ukuran ini merupakan ketentuan Allah karena gajah Afrika mendiami wilayah yang lebih ekstrem dan ganas dibandingkan gajah Asia.

Habitat Hewan Gajah

Gajah merupakan hewan komunal tetapi hanya berkelompok dengan klan atau keluarganya saja. Bahkan hewan ini tidak begitu suka jika ada kelompok lain yang berjalan bersama dengan kelompoknya.

Namun, hewan ini tidak mengadakan persaingan dengan perseteruan, melainkan lebih memilih menghindar dengan imigrasi ke tempat yang lain.

Oleh karena itu, Gajah memiliki habitat sendiri yang sejatinya memang sedikit menjauh dari mahluk lain termasuk manusia.

Namun, jika bertemu manusia tidak melakukan penyerangan tetapi menghindar termasuk ketika masuk permukiman akibat penyerobotan tanah atau wilayah kekuasan manusia dengan gajah.

Habitat gajah yang populer adalah di dalam hutan dan di padang rumput atau sabana. Namun, gajah yang berada di wilayah pedesaan Thailand, biasanya tersebar di pinggiran sungai atau kali-kali kecil yang sejuk serta menjadi tempat gajah untuk mandi.

Fakta Hewan Gajah

Ada banyak fakta unik terkait dengan hewan gajah yang juga perlu Anda ketahui.

Sehingga pemahaman Anda tentang hewan raksasa ini jauh lebih lengkap dari sebelumnya. Ini dia fakta unik gajah yang dimaksud:

1. Bisa Menggerakkan Gading dengan Tidak Bersamaan

Fakta unik hewan gajah yang pertama ialah gajah bisa menggerakkan gading dengan tidak bersamaan.

Maksudnya, gajah bisa memilih gading yang mana yang akan difungsikan saat itu, atau gajah bisa menggunakan kedua gadingnya secara bersamaan.

2. Gajah Memiliki Belalai Lentur namun Kuat

Kita pasti sepakat kalau gajah memiliki belalai panjang dan bertekstur lentur. Padahal, belalai panjang ini memiliki kekuatan yang luar biasa karena dibekali dengan puluhan ribu otot dan urat.

Oleh karena otot-otot tersebut, belalai gajah bisa memindahkan orang dewasa hanya dengan membelitnya.

3. Jumlah Kuku antara Gajah Afrika dengan Gajah Asia Ternyata Berbeda

Fakta yang berikutnya ialah jumlah kuku antara Gajah Afrika dengan Gajah Asia memiliki perbedaan. Gajah Afrika memiliki 4 kuku untuk kaki depan dan 3 kuku untuk kaki belakang.

Sedangkan gajah Asia memiliki 5 kuku di depan dan 4 kuku di belakang. Nah, jika Anda ingin melihat perbedaan gajah Asia dengan Afrika, maka hitung jumlah kakinya.

Itulah informasi tentang Karakteristik, Jenis Habitat dan Fakta Hewan Gajah yang perlu diketahui Anda supaya bisa menjadi pengetahuan yang bermanfaat.

Paling tidak, dengan adanya uraian ini, pemahaman Anda tentang satwa paling raksasa di darat ini semakin lengkap dan komplit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.