Ikan Bawal : Klasifikasi, Ciri, Jenis-jenis dan Habitat

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Klasifikasi, Ciri, Jenis-jenis dan Habitat Ikan Bawal? Indonesia adalah negara maritim. Di mana di kenal sebagai negara yang kaya akan hasil laut yang cukup melimpah ruah.

Ikan Bawal Klasifikasi, Ciri, Jenis-jenis dan Habitat
Ikan Bawal Klasifikasi, Ciri, Jenis-jenis dan Habitat

Di sini kita  tahu bahwa di laut ada banyak sekali kekayaan alam berupa ikan dan aneka jenis kekayaan alam yang lain.

Dan di sini tentu saja kita tahu bahwa tempat hidup ikan itu tak hanya hidup pada air laut saja. Namun di sini juga ada ikan yang hidup di air tawar dan juga air payau.

Adapun salah satunya adalah ikan bawal. Mungkin saja di sini kita sudah tak asing lagi,Namun rupanya di sini tidak banyak orang tahu secara mendalam mengenai ikan bawal.

Nah maka dari itu untuk menjawab rasa penasaran, Maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk anda semua mengenai ikan bawal.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Bawal

Apa itu ikan bawal

Ikan  bawal adalah salah satu jenis ikan air tawar yang di mana ikan itu masuk dalam jenis karnivora.

Karena ikan bawal itu sendiri juga banyak mengonsumsi hewan kecil yang ada di sekitarnya.

Wilayah persebaran

Setiap jenis hewan yang ada di sekitar kita itu tentu saja mempunyai wilayah persebaran yang berbeda-beda. Demikian juga di sini pada ikan bawal itu juga mempunyai wilayah persebaran tertentu pula.

Adapun di sini ikan  bawal itu awal mulanya berasal dari Negara Brazil. Namun tak hanya di Brazil saja tapi juga tersebar luas juga di Amerika, Asia. Adapun wilayah Asia itu sendiri termasuknya adalah di negara Indonesia.

Sedangkan untuk di wilayah Indonesia itu sendiri bisa ditemukan dengan mudah di beberapa tempat seperti halnya adalah Laut Jawa, Selat Malaka, sepanjang perairan Kalimantan, Sulawesi Selatan, Laut Arafuru, hingga utara, yakni teluk Bengal.

Klasifikasi ikan bawal

Pada masing-masing jenis hewan itu mempunyai klasifikasi yang berbeda-beda. Termasuk juga di sini pada ikan bawal juga mempunyai klasifikasi yang khas seperti hewan lain pada umumnya.

Adapun klasifikasi ikan bawal adalah termasuk jenis ikan dalam kerajaan animalia, lalu di sini masuk kelas Actinopterygii.

Berikutnya untuk kelompok ordo perciformes. Lalu untuk sub ordo percodei.

Selanjutnya pada superfamili adalah percoidea. Dan yang terakhir masuk dalam famili bramidae.

Ciri – ciri

Setiap jenis hewan yang ada di sekitar kita itu tentu saja mempunyai ciri – ciri yang khas dan unik yang tidak dimiliki oleh hewan lainnya.

Begitu pula di sini pada ikan  bawal juga terdapat ciri khas yang unik dan berbeda dengan hewan lain.

Adapun itu seperti halnya ikan bawal itu cenderung mempunyai warna tubuh yang gelap, ketika berenang ikan bawal cenderung berenang secara berkelompok.

Menurut warnanya ada beberapa  jenis ikan bawal  putih dan hitam merah. Di mana pada ikan bawal  putih banyak ditemukan di air laut.

Sedangkan untuk ikan bawal merah banyak ditemukan di sungai Amazon dan juga terdapat di Indonesia.

Lalu untuk membedakan jenis kelamin yaotu bawal betina itu cenderung mempunyai tubuh yang gemuk.

Sedangkan untuk bawal jantan itu mempunyai bentuk tubuh yang cenderung ramping dan pada bagian perut mempunyai warna merah yang cenderung mencolok.

Selanjutnya ketika  begerak pada bawal betina cenderung agak lambat karena perut yang besar.

Sedangkan untuk bawal jantan ketika bergerak itu cenderung gesit. Hal itu dikarenakan  bawal jantan mempunyai bentuk tubuh yang cenderung ramping.

Jenis ikan bawal

Biasanya di sini pada masing-masing hewan itu mempunyai jenis-jenis yang berbeda-beda. Begitu pula di sini pada ikan bawal rupanya tidak hanya mempunyai satu jenis saja.

Berikut ini adalah jenis jenis ikan bawah, diantaranya :

1. Ikan bawal putih

Ikan bawal putih itu hidup di air payau dan juga air tawar. Biasanya mereka itu hidup di air dengan kedalaman 15 m – 25 m. Ia ditemukan di wilayah perairan di Indonesia Timur, perairan laut Sumatra, dan juga di laut yang berada di Jawa.

Untuk  beratnya bisa mencapai 1.5 kg – 2 kg. dan mempunyai panjang  tubuh 15 – 20  cm.

2. Ikan bawal hitam

Untuk jenis bawal yang berikutnya adalah bawal hitam. Bawal hitam ini rupanya juga mempunyai nama lain yaitu black pamfret.

Adapun di sini untuk bawal hitam itu banyak ditemukan di wilayah perairan di laut jawa, kalimanta, dan juga selat malaka.

Untuk habitat biasanya  di perairan yang berlumpur dengan kedalaman 100 meter.

Ia mempunyai bentuk tubuh yang mirip dengan bentuk belah ketupat. Daging cenderung mempunyai tekstur yang halus. Maka tidak heran jika harganya cenderung mahal.

3. Ikan bawal air tawar

Lalu untuk jenis yang berikutnya adalah ikan bawal air tawar. Adapun pada bawal laut ini cenderung mempunyai bentuk tubuh yang cenderung bulat bila dibandingkan jenis bawal lain.

Di mana pada ikan bawal air tawar itu mempunyai 2 warna tubuh yang berbeda. Di mana pada bagian atas itu mempunyai warna yang gelap.

Sedangkan untuk tubuh bagian bawah cenderung mempunyai warna merah pada bagian sirip atau pada dada ikan.

Selain itu ia sangat kaya akan kandungan protein dan juga gizi yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang masih dalam tahap tumbuh kembang.

Manfaat

  • Membantu memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh
  • Mencegah terjadinya penyakit stroke
  • Membantu mencerdaskan otak pada anak di masa pertumbuhan dan perkembangannya
  • Berguna untuk mencegah terjadinya penyakit
  • Membantu proses peremajaan pada tubuh kita
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mencegah terjadinya anemia
  • Membantu menurunkan berat bedan
  • Mencegah terjadi depresi
  • Mencegah resiko terjadinya kanker

Nah itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami uraikan dan bagikan untuk anda semua mengenai Klasifikasi, Ciri, Jenis-jenis dan Habitat Ikan Bawal. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan itu bisa berguna dan bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *