6 Cara Budidaya Ikan Bawal Hasil Melimpah

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Budidaya Ikan Bawal? Ikan adalah salah satu jenis makanan favorit yang disukai oleh masyarakat kita.

6 Cara Budidaya Ikan Bawal Hasil Melimpah
6 Cara Budidaya Ikan Bawal Hasil Melimpah

Tak hanya disukai karena rasanya yang gurih, dan juga kaya akan kandungan gizi.  Namun selain itu karena di sini ikan itu sendiri memiliki harga yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan daging sapi.

Di mana kita semua tahu bahwa ikan itu sendiri mempunyai banyak sekali jenisnya. Dan adapun salah satu jenis ikan itu seperti halnya adalah ikan bawal.

Biasanya di sini orang itu mengonsumsi ikan bawal itu sebagai menu ikan bakar. Meskipun sudah  tidak asing lagi untuk dikonsumsi tapi mungkin tidak banyak orang yang tahu lebih dalam mengenai ikan  bawal.

Nah untuk menjawab rasa penasaran anda lebih dalam lagi mengenai  ikan bawal. Maka di bawah ini kami akan memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk anda semua mengenai ikan bawal dan cara untuk membudidayakannya.

Penasaran kan?

Maka dari itu di sini kami akan memberikan informasi lengkap mengenai ikan bawal dan bagaimana cara untuk pembudidayakannya.

Ikan bawal adalah

Ikan bawal adalah salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang dengan cara dibakar. Biasanya untuk ikan  jenis ini biasa hidup di air tawar.

Ikan bawal ini sendiri biasanya mempunyai bentuk tubuh yang cenderung lebih lebar dari jenis ikan yang lainnya.

Bentuk ikan bawal

Setiap jenis hewan yang ada di dunia ini tentu saja mempunyai bentuk yang berbeda-beda. Termasuk juga di sini pada ikan yang di mana masing-masing ikan mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda.

Mungkin banyak orang itu sudah tak asing lagi dengan ikan bawal, namun di sini rupanya ikan bawal itu mempunyai bentuk tubuh yang berbeda dengan ikan yang lain.

Lalu apa saja perbedaan tubuh yang mencolok dari ikan bawal itu. Penasaran kan? Maka  kita baca bersama penjelasan yang akan kami uraikan di bawah ini.

Kepala ikan bawal itu mempunyai bentuk yang kecil di atas kepalanya terdapat mulu di ujungnya. Ikan bawal itu mempunyai mata yang mirip dengan bentuk cincin.

Ikan bawal itu mempunyai bentuk rahang yang pendek dan kuat. Selain itu di sini ikan bawal itu juga mempunyai gigi seri yang tajam.

Untuk sirip itu sendiri rupanya di sini ikan bawal mempunyai 5 buah sirip. Adapun di sini sirip itu berada di sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip anus, dan sirip ekor.

Di mana untuk sirip pada punggung itu sendiri cenderung memiliki bentuk yang tinggi kecil dan keras. Pada bawal laut itu cenderung mempunyai  sirip punggung yang cenderung panjang.

Sedangkan untuk bawal air tawar itu cenderung mempunyai sirip punggung yang letaknya agak ke belakang. Sedangkan untuk bagian lainnya cenderung lemah.

Cara budidaya ikan bawal

Ikan bawal itu cenderung banyak di konsumsi oleh masyarakat sebagai salah satu menu makanan yang diolah dengan cara dibakar.

Itulah mengapa di sini banyak orang yang mempunyai keinginan untuk membudidayakan ikan bawal. Namun rupanya di sini untuk para pemula akan menjadi sebuah pertanyaan.

Bagaimana cara budidaya ikan bawal ini?

Penasaran kan?

Yuk kita baca dan juga simak bersama – sama penjelasan yang akan kami uraikan seperti yang ada di bawah ini.

1. Memilih induk bawal

Setiap peternak ikan tentu saja ingin agar ia bisa menghasilkan benih ikan yang baik nantinya. Maka dari itu di sini penting untuk memilih indukan bawal yang baik supaya bisa menghasilkan benih ikan yang baik.

Adapun itu dilakukan dengan cara memilih jantan dan betina yang berkualitas seperti halnya:

Untuk ikan bawal jantan dengan kriteria:

  • Rata-rata umur 3 tahun
  • Mempunyai tubuh yang langsing dengan berat 2 kg.
  • Kulit berwarna merah
  • Perut berisi dan bila diraba terasa kasar

Untuk ikan bawal betina dengan kriteria:

  • Mempunyai umur rata-rata 4 tahun
  • Berat tubuh minimal 2kg
  • Mempunyai warna yang cenderung lebih gelap

2. Membuat kolam

Cara budidaya ikan bawal selanjutnya adalah pembuatan kolam untuk tempat tumbuh dan berkembangnya ikan.

Dan di sini ketika orang memelihara  dan membudidaya ikan bawal maka perlu untuk membuat kolam.

Saat akan memelihara ikan bawal maka perlu  untuk membuat kolam dari tanah. Namun sebelumnya perlu  untuk diberikan kapur tohor terlebih dulu dengan dosis 25 kg.

Hal itu diperlukan untuk membersihkan kolam dari kuman atau kotoran lain. Setelah itu perlu juga untuk diberikan pupuk pada tanah yang akan dijadikan kolam untuk memelihara ikan bawal. Lalu kemudian diberikan air dengan jumlah yang tidak terlalu banyak dalam waktu 3 hari.

3. Memilih bibit yang berkualitas

Untuk tahap yang berikut adalah perlu untuk memilih bibit yang berkualitas.

Adapun di sini yang merupakan bibit berkualitas seperti halnya adalah mempunyai ukuran 5 -8 cm, tidak ada cacat fisik, memiliki warna yang sama, serta aktif dalam bergerak.

4. Penebaran bibit

Lalu untuk tahap berikutnya adalah penebaran bibit ikan bawal.  Di sini kita akan menebarkan benih bibit ikan yang sudah berembun dalam plastik.

Adapun di sini benih itu ditebarkan pada kolam terpal dengan jumlah ikan 100 – 150 benih ikan dengan panjang ikan 5 – 12 cm.

5. Pemberian makan pada ikan

Kemudian untuk tahap selanjutnya adalah pemberian makan. Di mana untuk masa awal ikan bawal itu tidak bisa diberikan makan yang asal.

Namun  harus memperhatikan kandungan gizi dan protein yang ada di dalam pakan ikan itu sendiri.  karena kualitas pakan ikan itu sangat berpengaruh pada kualitas ikan. Adapun di sini ikan bawal perlu untuk diberikan makan berupa pelet.

Adapun pemberian makan itu diberikan secara menyeluruh ke bagian kolam. Sama seperti manusia. Di sini ikan bawal pun untuk diberikan makan 3 kali dalam sehari.

Selain itu perlu untuk memberikan vitamin lipopolisakarida  yang diberikan bersama dengan pemberian makanann pada  ikan bawal.

6. Tahap panen ikan bawal

Selanjutnya di tahap yang terakhir adalah proses panen ikan bawal. Adapun di sini ikan bawal yang dipanen adalah ikan bawal yang sudah berumur 6 bulan dengan berat 500  gr untuk masing-masing ekor ikan bawal.

Jika anda ingin menangkap ikan tersebut di sini anda memerlukan sebuah jaring untuk bisa menangkapnya. Lalu anda pun bisa menjual pada para penjual ikan di pasar.

Nah itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan dan berikan untuk anda semua mengenai cara yang bisa anda lakukan jika ingin melakukan budidaya ikan bawal. Semoga informasi yang sudah kami bagikan itu bisa berguna dan bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *