Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dan Harga Ikan Betutu

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dan Harga Ikan Betutu? Ikan Betutu merupakan spesies mahluk air yang bernapas menggunakan insang.

Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dan Harga Ikan Betutu
Klasifikasi, Morfologi, Habitat Dan Harga Ikan Betutu

Luar biasanya, sekalipun namanya tidak begitu populer, masyarakat banyak yang membudidayakan karena dianggap memiliki nilai konsumsi yang cukup tinggi.

Ikan berukuran kecil ini mudah sekali ditangkap. Bahkan menjadi favorit para pemancing, karena jika mata kail berhasil mengenai ikan, si ikan akan terus melawan memberikan tarikan-tarikan sensasional pada joran.

Nah, pada artikel berikut ini akan dijelaskan tentang Ikan Betutu. Ulasannya seputar klasifikasi, morfologi dan habitatnya. Sedangkan di akhir nanti akan dijabarkan tentang harga jualnya. Ini ulasan yang dimaksud:

Klasifikasi Ikan Betutu

Ikan Betutu bisa diklasifikasikan menjadi beberapa konsep. Termasuk ada pada spesies apa dan kelasnya berkategori apa. Untuk klasifikasi yang lebih jelas, silakan simak ulasan berikut:

Karena berstatus sebagai hewan tentu, ikan betutu memiliki klasifikasi kingdom Animalia. Sedangkan untuk kelas dan ordo, termasuk ke dalam Actinopterygii dan Perciformes.

Ikan Betutu lahir dari family Eleotridae dengan spesimen khusus yaitu Oxyeleotris marmorata. Nah, jika ingin melihat list klasifikasi yang lebih lengkap, silakan baca tabel berikut:

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Superkelas : Pisces
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Perciformes
Subordo : Gobiodea
Family : Eleotridae
Species : Oxyeleotris marmorata

Morfologi Ikan Betutu

Morfologi Ikan Betutu merupakan penjelasan tentang ciri-ciri ikan secara keseluruhan.

Nah, terkait hal tersebut, di bawah ini akan diuraikan tentang ciri ikan Betutu dari tubuh, kepala hingga siripnya. Ini ulasan selengkapnya:

1. Morfologi Tubuh Ikan Betutu

Tubuh betutu sama dengan ikan lain yaitu memiliki kepala, badan serta ekor. Nah perbandingannya adalah kepala ikan cukup besar, sedangkan di tubuh bagian tengah mengecil sampai ke tubuh bagian ekor.

2. Morfologi Kepala Ikan Betutu

Yang unik dari ikan Betutu ialah memiliki kepala yang lebih besar daripada tubuhnya. Sehingga ikan terlihat unik dan menggemaskan serta memancing selera pemancing untuk segera menangkapnya.

Pada bagian kepala terdapat tutup insang, mata, hidung dan mulut. Sedangkan posisi tutup insang ada di bagian belakang kepala dengan keistimewaan bisa membuka dan menutup.

Kepala ikan Betutu juga terdapat mata berukuran kecil yang pada bagian tengahnya berwarna cokelat muda sedangkan bagian tepinya cokelat tua. Uniknya, mata ikan ini berbentuk melingkar yang jika dilihat sekilas seperti cincin.

Sama seperti mata, hidung Ikan betutu juga berukuran kecil. Namun letaknya berbeda yaitu berada di kepala bagian atas.

Nah kalau mulut ikan betutu berada di kepala bagian depan dengan tampilan seperti membelah kepala.

3. Morfologi Sisik dan Sirip Ikan Betutu

Sama dengan ikan yang lain, ikan Betutu memiliki sisik-sisik kecil yang menutupi seluruh tubuhnya. Tepatnya, sebar merata dari tubuh bagian belakang dan depan sampai ke pangkal ekor. Sedangkan untuk warna sisiknya adalah cokelat muda.

Namun, jika sisik ini dilihat dengan saksama, ternyata warnanya tidak merata. Bahkan di bagian tertentu bisa dilihat dengan jelas ada bercak-bercak hitam yang dipadukan dengan cokelat tua.

Nah, di bagian sisiklah terdapat beberapa sirip ikan betutu yang menempel. Untuk spesies yang populer, betutu mempunyai 5 sirip yang terpisah. Kelimanya ada di punggung, dada, dubur dan ekor dengan ukuran cukup besar.

Habitat Ikan Betutu

Betutu adalah ikan yang cukup populer. Biasanya ikan ini berdiam di perairan yang tenang seperti danau dan rawa. Namun, ikan ini ternyata juga banyak ditemukan di waduk atau irigasi.

Habitat lokal menyebar di hampir seluruh kawasan Indonesia. Sedangkan populasi yang paling banyak terdapat di perairan Sumatra, Kalimantan dan sebagian ada di Pulau Jawa.

Sekalipun hidup di dasar air, tetapi hewan ini tidak suka tinggal di daerah yang dalam. Justru ikan unik ini lebih suka berenang di aliran air yang deras karena perilakunya terbilang pasif.

Selain di Indonesia, ikan betutu juga seringkali ditemukan di negara lain seperti ditemukan di Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Kamboja.

Jika dibaca dari ulasan ini, sepertinya ikan betutu memiliki habitat yang luas sekalipun tidak seluas ikan sidat yang sudah mendunia.

Harga Ikan Betutu

Sejatinya tidak ada kalkulasi yang jelas terkait dengan harga ikan betutu. Namun, tidak ada pertentangan dari pihak ahli gizi, kalau ikan ini bernilai konsumsi karena memiliki gizi yang cukup baik. Oleh sebab itu, banyak nelayan yang membudidayakannya termasuk nelayan di Indonesia.

Itulah ulasan lengkap tentang ikan betutu yang perlu diketahui. Semoga apa yang telah disampaikan ini bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat.

Terutama bagi kalangan mahasiswa perikanan yang ingin mengenal klasifikasi ikan betutu dengan lebih lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *