Ikan Gabus : Klasifikasi, Kebiasaan, Penyebaran dan Morfologi

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Klasifikasi, Morfologi, Habitat dan Kebiasaan Ikan Gabus – Ikan adalah salah satu jenis hewan yang banyak di konsumsi oleh masyarakat kita sebagai makanan. Adapun di sini rupanya tidak semua jenis ikan itu bisa di konsumsi oleh manusia.

Ikan Gabus Klasifikasi, Kebiasaan, Penyebaran dan Morfologi
Ikan Gabus Klasifikasi, Kebiasaan, Penyebaran dan Morfologi

Kendati ada banyak jenis daging hewan lain yang bisa di konsumsi oleh manusia. Namun rupanya ikan itu juga banyak di konsumsi.

Nah rupanya di sini beberapa alasan yang membuat orang itu lebih suka mengonsumsi ikan bila di bandingkan dengan daging lain.

Adapun alasan itu seperti halnya adalah daging ikan yang lembut, enak, gurih, kaya akan kandungan gizi yang di perlukan oleh tubuh, dan tentu masih banyak lagi.

Dan  di mana sudah disebutkan di atas jika ada banyak sekali jenis ikan yang bisa di konsumsi.  Salah satu jenis ikan yang di sukai oleh masyarakat untuk di konsumsi adalah jenis ikan gabus.

Mungkin beberapa orang tentu sudah tidak asing lagi dengan ikan itu. Namun rupanya di sini masih ada orang yang belum tahu dan juga penasaran dengan apa sih yang di maksud dengan  ikan gabus itu.

Nah untuk menjawab rasa penasaran anda di bawah ini kami akan memberikan informasi yang berguna untuk anda tentang ikan gabus.  Penasaran kan? Yuk kita simak,

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Gabus

Apa itu ikan gabus

Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan yang hidup dalam air tawar yang mempunyai bentuk yang hampir sama dengan ikan lele. Adapun ia sendiri merupakan jenis ikan yang predator.

Adapun di sini yang merupakan predator adalah di mana ikan gabus ini biasa untuk memburu dan juga memangsa hewan yang lainnya.

Nama lain ikan gabus

Pada beberapa jenis hewan yang ada di sekitar kita itu rupanya tak hanya mempunyai satu jenis nama saja.

Namun rupanya juga beberapa hewan itu juga mempunyai beberapa jenis nama yang berbeda di beberapa tempat.

Ikan gabus nama lainnya adalah  bocek dari riau, aruanharuan (Melayu.,Banjar), kocolan (Betawi.), bogo (Sunda.), bayongbogolicingan (Banyumas.), kutuk (Jawa.), kabos (Minahasa.) dan lain-lain.

Dan nampaknya nama lain itu tak hanya ada dalam bahasa daerah  saja namun di sini juga ada dalam  bahasa inggris.

Adapun dalam bahasa inggris adalah common snakeheadsnakehead murrelchevron snakeheadstriped snakehead.

Klasifikasi

Setiap jenis hewan yang ada di sekitar kita itu pasti mempunyai klasifikasi lengkap. ia memiliki klasifikasi yang khas dan membedakan dengan hewan yang lain.

Ia termasuk dalam kerajaan animalia, filum chordata. Lalu berikutnya untuk kelas merupakan Actinopterygii.

Setelah itu untuk ordo masuk dalam ordo perciformes. Selanjutnya untuk katagori famili masuk dalam canidae. Lalu untuk genus masuk dalam katagori channa. dan termasuk kedalam spesies c striata.

Kebiasaan

Pada masing-masing hewan itu rupanya mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain.

Begitu pula di sini dengan ikan gabus itu sendiri rupanya juga mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda dengan hewan yang lain.

Adapun kebiasaan hidup di sungai, sawah, aliran  air, dan masih banyak lagi.

Selain itu ia juga menjadi predator yang biasa memangsa hewan kecil yang ada di sekitar sungai seperti halnya adalah  ikan ikan kecil, serangga, kodok, dan  berudu.

Pada umumnya banyak muncul dan juga terlihat dengan jelas pada musim kemarau di saat malam hari. Karena di sini air itu tidak terlalu dingin bila di bandingkan dengan saat musim hujan.

Wilayah persebaran

Setiap masing-masing jenis hewan yang ada dan juga hidup di sekitar kita itu tentu saja mempunyai wilayah persebaran yang berbeda – beda.

Dan rupanya termasuk juga ikan gabus. Ia banyak sekali tersebar luas di wilayah Pakistan di barat, Nepal bagian selatan, kebanyakan wilayah di India, Bangladesh, Sri Lanka, Tiongkok bagian selatan, dan sebagian besar wilayah di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Dan pada wilayah Asia Tenggara terdapat 10 jenis spesies yang tersebar di negara Indonesia, Singapura, dan juga Malaysia.

Adapun jenis spesies tersebut adalah  Channa micropeltes, Channa striata, Channa lucius, Channa melasoma, dan Channa gachua.

Morfologi ikan gabus

Pada masing – masing jenis hewan itu tentu saja memiliki bentuk morfologi yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain.

Begitu pula di sini dengan ikan. Pada ikan yang memiliki beraneka macam jenis rupanya juga mempunyai bentuk tubuh yang berbeda-beda.

Adapun di sini salah satunya adalah ikan gabus. Morfologinya seperti: seluruh tubuh bagian atas  memiliki warna coklat dan kehitaman.

Sedangkan pada bagian bawah mempunyai warna coklat keputih – putihan.

Sedangkan di sini untuk bentuk kepala cenderung seperti kepala ular yang pipih dan  juga mempunyai sisik. Adapun untuk jenis ini biasa dinamakan dengan snake head.

Selain itu pada sisi kepala hingga ujung ekor mempunyai warna yang cenderung gelap yaitu hitam hingga coklat.

Sedangkan untuk bagian bawah dari ikan gabus yaitu pada bagian mulut hingga ekor yang cenderung mempunyai warna putih.

Lalu untuk bagian sisi cenderung seperti memiliki coretan yang tebal pada bagian samping.

Tidak seperti ikan pada umumnya yang mempunyai bentuk mulut yang cenderung kecil. Nah ia  mempunyai mulut yang tebal dan besar serta mempunyai gigi yang cenderung tajam.

Pada bagian sirip punggung cenderung mempunyai bentuk yang memanjang. Sedangkan untuk sirip ekor  mempunyai bentuk yang membulat.

Nah itulah tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan untuk anda sekalian mengenai ikan  gabus. Semoga informasi yang telah kami bagikan bisa berguna dan bermanfaat untuk anda.

Terlebih di sini untuk anda yang belum mengetahui apa ikan gabus dan juga apa saja manfaat yang bisa di dapatkan darinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *