Jenis Ikan Pemakan Kutu di Air Aquarium dan Kolam

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Jenis Ikan Pemakan Kutu di Air Aquarium dan Kolam? Pembudidaya ikan hias di akuarium, tidak boleh sembarangan memilih indukan atau benih ikan.

Jenis Ikan Pemakan Kutu di Air Aquarium dan Kolam
Jenis Ikan Pemakan Kutu di Air Aquarium dan Kolam

Paling tidak, kutu air yang bisa membunuh ikan harus diketahui terlebih dahulu, supaya ketika sudah memulai perawatan maupun pembudidayaan ikan hias jauh lebih lancar. Informasi ini yang masih belum banyak diketahui oleh pembudidaya.

Jenis Ikan Pemakan Kutu di Air Aquarium dan Kolam

Nah, pada artikel yang kesekian kalinya ini, akan dijelaskan tentang jenis ikan pemakan kutu air yang bisa dipelihara di dalam akuarium bersama dengan ikan hias lainnya.

Tema ini dipilih, karena kutu air sendiri merupakan hama yang harus dibasmi. Bahkan ikan hias bisa mati jika menyantapnya karena kutu air mengandung bakteri yang merusak. Untuk itu, silakan disimak ini ikan pemakan kutu air yang dimaksud:

1. Ikan Tiger Barb

Ikan Tiger Barb atau Ikan Kalimantan merupakan ikan hias pemakan kutu air yang banyak dipelihara di akuarium baik akuarium berukuran besar maupun akuarium kecil.

Salah satu ciri-ciri dari ikan ini ialah memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga rawan dijadikan santapan ikan lain yang ukurannya jauh lebih besar.

Oleh sebab itu, jika kutu air membuat penampilan akuarium tidak cantik lagi, maka memelihara ikan Tiger Barb bisa menjadi solusinya.

Namun, Pembudidaya harus memelihara ikan ini dalam jumlah yang banyak apalagi jika di dalam akuarium tersebut juga terdapat ikan yang ukurannya besar dan tergolong predator.

Ikan Tiger Barb tergolong ikan hias yang dijual dengan harga mahal. Namun, demi akuarium yang bersih, tentu seberapa mahalpun harga ikan, pembudidaya tetap harus membelinya daripada membersihkan akuarium secara manual. Oleh sebab itu, Ikan Tiger Barb masih menjadi ikan hias idola untuk saat ini.

2. Ikan Manfish

Ikan Manfish merupakan ikan hias penyuka kutu air yang terbilang sangat rakus. Makanya, kalau ikan ini ada di akuarium, kutu air jenis apapun pasti berhasil dilahapnya sehingga akuarium senantiasa terlihat bersih dan indah.

Jika ingin memelihara Ikan Manfish, jangan satuan melainkan beli dalam jumlah banyak. Sebab, hewan ini suka bergerombol sedangkan kalau dibiarkan bersendirian, ikan Manfish akan stres dan sakit.

Jika ini yang terjadi, tentu kutu air yang akan menjadi pemenang bahkan akan menyumbangkan penyakit ke dalam tubuh ikan.

Sekalipun rakus, ikan Manfish bukan tergolong ikan hias yang lincah dan aktif. Pergerakannya di dalam akuarium juga terkesan lamban sehingga potensi kutu air masih ada jauh sangat besar.

Lain soal kalau ikan manfish yang dipelihara berjumlah banyak sehingga kutu air akan hilang karena dikeroyok dengan sigap.

3. Ikan Kaviat

Jika ada ikan hias air tawar penyuka kutu air yang paling rakus, maka jawabannya adalah Ikan Kaviat. Luar biasanya, pembudidaya tidak perlu memelihara ikan ini dalam jumlah besar karena pergerakannya sangat lincah ukurannya juga cukup besar.

Tidak mungkin ada ikan hias yang akan memakan Ikan Kaviat. Bahkan, Ikan Koi sekalipun tidak akan bisa melakukannya karena ukurannya pasti tidak akan muat di mulut ikan.

Bukti inilah yang menjadi alasan mengapa banyak masyarakat memelihara Ikan Kaviat demi menjaga ikan hias yang lainnya.

Ikan Kaviat juga tergolong ikan yang tenang dan tidak suka menyerang. Namun, kalau ikan ini melihat kutu air, pasti langsung disantapnya.

Maka dari itu, pembudidaya tidak perlu khawatir jika memeliharanya bersama ikan hias yang lain, karena tidak mungkin ada canibalisme di sana.

4. Ikan Cherry Barb

Selain Ikan Tiger Barb, ikan Cheery Barb juga tergolong ikan satu spesies penyuka kutu air. Namun, jika melihat ciri-ciri dari ikan ini, tentu kurang layak kalau pembudidaya memeliharanya dalam jumlah kecil apalagi hanya satu ikan.

Sebab, ukuran ikan Cherry Barb sangat kecil sehingga rawan menjadi santapan ikan lain yang ukurannya jauh lebih besar.

Solusinya ialah, silakan pelihara ikan Cherry Barb dalam jumlah banyak. Jangan khawatir, ikan ini memang suka berkelompok sehingga ikan tidak akan stres malah akan lebih leluasa melakukan perburuan kutu air. Jika pun ikan ini dimangsa oleh ikan lain, toh masih ada cherry Barb yang tersisa.

Selain untuk menghabiskan kutu air, ikan cherry Barb juga terbilang ikan hias yang indah. Warna tubuhnya yang memerah darah semakin eksotis dengan adanya garis-garis acak di sekujur tubuh yang berwarna hitam tipis.

Penampilan inilah yang membuat orang lebih tertarik memelihara ikan Cherry Barb daripada Tiger Barb.

Demikianlah beberapa ikan pemakan kutu air yang wajib dipelihara di akuarium. Bahkan, pembudidaya juga bisa memelihara di kamar mandi karena hewan ini juga pemangsa jentik nyamuk.

Jangan khawatir, harga ikan ini memang agak tinggi namun memiliki daya tahan yang bagus asalkan tidak dipelihara dalam satu wadah dengan ikan jenis predator.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *