Fakta Unik Burung Hantu Yang Wajib Anda Ketahui

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Fakta Unik Burung Hantu? Dunia satwa memberikan keasyikan tersendiri bagi para penggemarnya.

Fakta Unik Burung Hantu Yang Wajib Anda Ketahui
Fakta Unik Burung Hantu Yang Wajib Anda Ketahui

Salah satu satwa yang memiliki banyak penggemar adalah burung. Aneka jenis burung bahkan memiliki klub penggemar tersendiri.

Namun ada satu burung yang unik, dimana penggemarnya sebagian besar adalah petani. Yap, burung tersebut adalah burung hantu atau juga dikenal sebagai Tyto Alba.

Meski sering dikaitkan dengan berbagai mitos yang bikin merinding, burung ini ternyata dapat membantu petani dalam mengendalikan hama pada tanaman padi, yaitu tikus.

Burung hantu memang lebih banyak aktif di malam hari. Dengan tampangnya yang menyeramkan, tak heran jika burung hantu sering disandingkan dengan mitos atau kisah-kisah mistis.

Dibalik berbagai mitos yang ada pada burung hantu, ternyata burung ini memiliki beberapa fakta unik yang patut disimak.

Burung hantu dikenal sebagai burung yang kepalanya dapat memutar hampir 360 derajat. Meski fakta tersebut sudah termasuk unik, namun ada beberapa fakta unik lain dari burung hantu yang akan membuatmu tercengang!

Fakta Unik Burung Hantu

1. Burung hantu tidak memiliki bola mata

Yap, anda tidak salah baca. Burung hantu memang tidak mempunyai bola mata. Tak seperti manusia atau burung lainnya, mata burung hantu tidak berupa bola mata, namun lebih kepada bentuk menyerupai tabung yang panjang.

Tabung mata pada burung hantu juga tak bisa bergerak layaknya pada mata manusia, sebab tabung mata ini terpasang erat pada tulang yang dikenal sebagai cincin sklerotik.

Sebagaimana diketahui, burung hantu merupakan salah satu makhluk nokturnal (makhluk yang aktivitasnya banyak dilakukan pada malam hari).

Hal ini membuat penglihatan burung hantu menjadi sangat baik di malam hari. Tapi karena burung hantu bola matanya tidak bisa digerakkan, kepalanya harus bergerak semuanya untuk dapat melihat sekeliling.

2. Memutar leher 270 derajat

Teleh disinggung pada awal paragraf jika burung hantu dapat memutar lehernya hampir 360 derajat. Sebagaimana pada fakta nomor satu, hal ini karena mata burung hantu tidak bisa digerakkan, sehingga burung hantu dianugerahi kemampuan untuk memutar kepalanya hingga 270 derajat.

Kalau perputaran leher 270 derajat ini dilakukan hewan lain, maka dapat memotong aliran darah yang menuju otak makhluk tersebut.

Burung hantu dapat melakukan perputaran leher 270 derajat ini karena memiliki sistem pengumpulan darah.

Jadi ketika kepalanya berputar 270 derajat, sistem tersebut akan mengumpulkan darah yang cukup untuk memberi kekuatan pada otak dan mata.

3. Mendapat sebutan parlemen ketika berkumpul

Tiap hewan mempunyai sebutan tersendiri ketika koloni mereka berkumpul. Salah satunya a murder of crows, yang merupakan sebutan untuk sekumpulan burung gagak.

Kumpulan hewan lain di luar unggas juga memiliki sebutan tersendiri, seperti sekolompok ikan paus atau sekawanan kambing.

Untuk burung hantu sendiri, sebutannya cukup unik ketika mereka berkumpul. Adalah parlemen, yang merupakan sebutan untuk sekumpulan burung hantu.

Istilah parlemen bermula dari pemaparan C.S. Lewis mengenai pertemuan burung hantu di The Chronicles of Narnia.

4. Pemburu yang sangat baik

Citah memang pemburu daratan yang sangat baik. Predikat ini tidaklah salah, sebab citah mampu berlari dengan kecepatan hingga 100 km/jam.

Namun jika berbicara mengenai burung yang handal dalam berburu, burung hantulah jawabnya. Bentuk tubuh yang dimiliki burung hantu benar-benar mendukung untuk kegiatan berburu yang handal.

Burung hantu dapat menukik dan menyambar mangsanya nyaris tanpa suara. Benar-benar hening! Hal ini membuat mangsa burung hantu tak memiliki kesempatan untuk mencari tempat yang aman. Burung hantu memiliki sayap yang lebih lebar daripada ukuran tubuhnya.

Ukuran sayap seperti ini membuat burung hantu bisa terbang sangat pelan. Burung hantu juga memiliki bulu-bulu yang dapat mengarahkan udara dengan begitu halus di atas sayapnya.

Hal ini membuat burung hantu dapat terbang begitu hening, nyaris tanpa suara! Kemampuan yang dimiliki burung hantu ini tentu sangat mengancam mangsanya, yaitu ular dan tikus.

Tidak mengherankan jika dalam satu tahun burung hantu bisa memangsa ribuan ekor tikus. Kemampuan inilah yang membuat burung hantu dapat membantu petani dalam mengendalikan hama tikus di sawah.

5. Suara burung hantu ada yang seperti kuda

Di televisi atau ketika mendengar secara langsung, kebanyakan burung hantu bersuara “wooo”. Suaranya begitu khas memecah keheningan malam.

Membawa suasana yang tidak mengasyikkan, terlebih dinginnya malam begitu menusuk tulang. Namun ternyata suara burung hantu tak semuanya begitu, “wooo”. Ada burung hantu yang bersuara seperti anjing yang menggonggong.

Burung hantu yang bersuara seperti gonggongan anjing tersebut adalah Barred owl besar. Berbeda dengan jenis burung hantu Barred owl besar, burung hantu saw whet utara bersuara seperti tiupan yang memiliki nada tinggi.

Ukuran burung hantu saw whet utara lebih kecil daripada Barred owl besar. Ada juga burung hantu yang suaranya mendesis seperti ular, yaitu Barn owls.

Dan yang ditunggu-tunggu, sesuai sub judulnya, ada burung hantu yang memiliki suara seperti kuda. Adalah burung hantu screech owl timur, yang bersuara layaknya kuda.

Demikian lima fakta unik burung hantu yang dapat kami ulas. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan anda semua. Salam.

Baca Juga : Hewan Paling Langka Di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.