Jenis Penyakit Ikan Kerapu dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Jenis Penyakit Ikan Kerapu dan Cara Mengatasinya? Indonesia adalah negara maritim. Di mana seluruh wilayahnya banyak diliputi perairan dan juga kelautan.

Jenis Penyakit Ikan Kerapu dan cara Mengatasinya
Jenis Penyakit Ikan Kerapu dan cara Mengatasinya

Dalam dunia kelautan itu ada banyak sekali  jenis ikan yang sangat beragam. pasti kita semua tahu bahwa ikan itu mempunyai jenis yang beraneka ragam. Ada ikan yang bisa dimakan. Dan ada juga ikan yang tidak bisa dimakan.

Adapun di  sini yang merupakan salah satu jenis ikan yang bisa dimakan adalah ikan kerapu. Nah tentu saja sudah banyak orang yang mengetahui dan mengenal apa yang dimaksud dengan ikan kerapu.

Namun rupanya masih banyak orang yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan ikan kerapu. Dan tentu saja di sini orang yang belum tahu akan penasaran dan bertanya apa sih yang dimaksud ikan kerapu itu?

Nah untuk menjawab rasa penasaran itu di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda tentang ikan kerapu.

Apa yang dimaksud dengan ikan kerapu?

Ikan kerapu adalah jenis ikan yang banyak hidup di bebatuan atau karang yang ada di laut. Adapun di sini ikan kerapu ini rupanya mempunyai keunikan bila dibandingkan dengan ikan yang lain.

Adapun keunikan yang dimiliki ikan kerapu adalah ikan ini bisa diolah sebagai masakan yang lezat dan ikan kerapu ini juga mempunyai nilai jual yang tinggi.

Dan pengolahan masakan ikan kerapu ini sendiri tak hanya digunakan untuk menu restoran saja. Namun rupanya juga bisa diolah oleh dengan menggunakan menu masakan rumahan.

Kandungan gizi ikan kerapu

Setiap jenis hewan atau tumbuhan yang biasa dikonsumsi manusia pasti mempunyai kandungan gizi yang berbeda dan beragam. begitu pula di sini dengan ikan kerapu juga mengandung kandungan gizi tertentu.

Adapun di dalam ikan kerapu ini mengandung lemak, sodium, kolestrol, vitamin A, vitamin B6, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi kandungan gizi yang lain yang ada di dalam ikan kerapu.

Jenis Penyakit Ikan Kerapu dan cara Mengatasinya

Dalam melakukan suatu pembudidayaan ikan atau tumbuhan tertentu kita pasti ingin agar hewan dan tumbuhan yang kita pelihara tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat.

Namun seringkali yang kita harapkan itu tidak benar terjadi. Karena muncul penyakit dan juga kendala yang muncul dan terjadi.

Rupanya hal itu terjadi tak hanya pada satu jenis hewan atau tumbuhan saja. Namun terjadi pada setiap hewan dan tumbuhan.

Adapun salah satunya di ikan kerapu. Lalu apa saja sih penyakit yang terdapat pada ikan kerapu itu? Penasaran kan?

Maka dari itu yuk kita baca dan simaak bersama-sama penjelasan yang akan kami jelaskan dan uraikan seperti yang ada di bawah ini.

1. Bakteri vibrio

Penyakit yang pertama yang terjadi pada ikan kerapu adalah penyakit bakteri vibrio. Adapun penyakit ini muncul karena adanya bakteri vibriosis.

Ikan kerapu yaang mengalami bakteri vibriosis ini biasanya akan mengalami  nafsu makan hilang, warna tubuh gelap dengan posisi berenang terbalik, insang pecah dan akan menjadi luka dengan cairan nanah berwarna kuning kemerahan, serta perut berwarna kemerahan akibat pendarahan.

Selain itu juga bila tubuh ikan dibedah maka akan terlihat pembengkakan dan kerusakan pada jaringan hati, limpa, dan ginjal.

2. Protozoa

Selanjutnya untuk penyakit lain yang terjadi pada ikan kerapu adalah penyakit protozoa. Adapun penyakit ini terjadi karena adanya bakteri Cyrptocaryon .

Biasanya ikan kerapu yang mengalami bakteri protozoa ini mengalami gejala seperti  pembusukan pada sirip, sisik mudah lepas, ikan menjadi lesu, peningkatan produksi lender, mata buram, perdarahan kulit (haemorage), serta terdapat bintik putih pada insang dan kulit permukaan.

3. Flatworm

Penyakit lain yang terjadi pada ikan kerapu ini disebabkan oleh bakteri flatworm.

Biasanya ikan kerapu yang mengalami parasit flatworm ini akan mengalami beberapa gejala seperti warna tubuh pucat, nafsu makan berkurang, selalu berenang di permukaan, lendir berlebihan, suka menggosok-gosokkan tubuhnya di dinding, dan jika berenang tampak megap-megap dengan tutup insang terbuka.

4. Krustase

Berikutnya penyakit parasit lain yang terjadi pada ikan kerapu adalah parasit krustasea.

Adapun ikan kerapu yang mengalami parasit krustasea mengalami gejala selera makan ikan menurun, insang rusak dan berwarna cokelat, serta ikan cenderung mendekati saluran air masuk (inlet).

5. Calligus

Selanjutnya di sini parasit lain yang biasa terjadi parasit calligus. Biasanya parasit calligus akan menyerang ikan kerapu di bagian insang dan kulit.

Nah untuk ikan kerapu yang mengalami parasit calligus ini mengalami  mengalami kerusakan di kedua organ tersebut. Insang menjadi pucat serta sisik kerapu akan terkelupas.

Nah itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan untuk anda semua mengenai penyakit pada ikan kerapu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *