5 Jenis Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengobatinya

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Jenis Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengobatinya? Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan peliharaan yang memang memiliki warna yang sangat cantik sehingga tidak heran membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya.

5 Jenis Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengobatinya
5 Jenis Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengobatinya

Namun ikan koi yang dipelihara terlebih ditempatkan di kolam luar memiliki kehidupan yang sangat rentan akan penyakit dan serangan dari hewan-hewan lainnya.

Sebagian besar ikan koi mudah terserang penyakit karena adanya proses pemeliharaan yang buruk dari pemiliknya.

Mulai dari kualitas air kolam yang tidak sehat, tidak diperhatikannya suhu lingkungan yang dapat berubah secara drastis, hingga faktor lingkungan tempat hidup koi yang jarang dibersihkan dari sisa-sisa makanan atau kotoran ikan.

Keadaan seperti inilah yang seringkali dapat menimbulkan bakteri serta parasite yang membawa penyakit bagi ikan koi.

Baca Juga : Cara Mencegah Hama Kutu Pada Ikan Koi

Jenis Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengobatinya

Berikut akan dipaparkan beberapa jenis penyakit ikan koi serta bagaimana cara mengobati penyakit tersebut.

1. Penyakit bintik putih (white spot)

Penyakit bintik putih pada ikan koi diperlihatkan dengan adanya bintik-bintik putih yang mulai timbul pada permukaan sisik ikan koi.

Apabila bintik-bintik putih ini terus dibiarkan dan tidak segera ditangani, nantinya akan dapat menyerang bagian tubuh ikan koi lainnya seperti sirip atau bahkan insang koi.

Penyebab dari penyakit bintik putih ini adalah bakteri yang sulit untuk dilihat oleh mata telanjang, karena ukurannya yang sangat kecil.

Namun apabila bakteri ini berjumlah banyak dan berkumpul pada satu titik tertentu maka akan terlihat sebagai bintik-bintik putih pada tubuh ikan koi.

Bila dibiarkan, bakteri ini akan dapat menyerap lendir ikan dan bisa menyebabkan kematian pada ikan koi dalam jangka waktu tertentu.

Penanganan penyakit ini tidaklah terlalu sulit. Anda cukup tambahkan metheline blue kedalam kolam dengan menaikan suhu air kolam sedikit diatas suhu biasanya.

Cara ini dapat membunuh bakteri protuzoa mulfilis sebagai penyebab dari adanya bintik putih.

2. Penyakit kapas putih

Pada penyakit kapas putih yang menyerang ikan koi ini disebabkan oleh sejenis jamur saprolegnia yang biasa hidup pada kolam yang kotor.

Penyakit ini biasanya juga menyerang ikan koi pada saat mereka sedang terluka.

Jamur yang tumbuh umumnya akan terlihat seperti lapisan kapas yang tipis dan tumbuh menempel pada tubuh ikan koi yang terluka atau bekas luka.

Jamur-jamur ini akan menghisap cairan koi hingga dapat menyebabkan ikan koi terlihat sangat kurus dan bisa menyebabkan kematian.

Pengobatan ikan koi yang terkenal penyakit kapas putih ini bisa dilakukan dengan menggunakan larutan NaCl (garam dapur) dengan konsentrasi 1,5% hingga 2,5%.

Bilas bagian tubuh ikan koi yang terluka yang ditumbuhi jamur secara perlahan, lalu olesi tubuh koi dengan obat merah menggunakan bulu ayam.

Langkah terakhir, mandikan ikan koi dengan larutan monofuracin untuk membersihkan larutan garam (NaCl) dan obat merah yang sebelumnya telah diolesi dan menempel pada tubuh ikan.

3. Penyakit cacing jangkar (lernaea)

Penyakit cacing jangkar ini dapat dilihat dengan mudah pada tubuh ikan koi, karena ukuran dari cacingnya sendiri pun tidak terlalu kecil dna masih dapat dilihat dengan mata telanjang.

Cacing ini biasanya akan menempel pada sisik ikan atau bahkan bisa menancap di bagian insangnya.

Cacing ini cukup berbahaya karena dapat menyerap cairan dalam tubuh ikan dan membuat ikan koi menjadi kurus dan mati.

Bila anda melihat adanya cacing ini di tubuh ikan koi, segera pisahkan koi tersebut kedalam tempat karantina sendiri, karena bila tidak dipisahkan maka dapat menular ke ikan lainnya, karena cacing jangkar ini sangat mudah berkembang biak.

Anda bisa mencabut cacing ini secara perlahan dengan menggunakan pinset bila jangkar cacingnya masih belum terlalu banyak.

Namun bila dalam jumlah banyak, anda harus menggunakan larutan dephterex sebanyak 2-3 kali setiap 2 hari sekali dalam waktu kurang lebih selama 10 menit.

4. Penyakit kutu ikan

Penyakit ikan koi satu ini biasa disebabkan oleh adanya kutu yang menempel pada tubuh terutama bagian sisik ikan koi.

Ikan koi yang terkena kutu ikan akan terlihat kusam pada warna tubuhnya, serta ikan akan mulai menggosok-gosokkan badannya ke dinding kolam atau benda-benda sekitarnya.

Anda bisa menggunakan obat khusus kutu ikan yaitu kutublas untuk mengobati penyakit ini. Campurkan kutublas dengan air lalu tuangkan ke dalam kolam.

Dalam menuangkannya, pastikan tidak berpusat pada satu titik kolam melainkan tersebar merata keseluruh permukaan kolam.

5. Penyakit lumpur

Penyakit lumpur pada ikan koi biasanya terjadi ketika terlalu banyak pemberian makanan dengan protein tinggi, sementara suhu air di dalam kolam rendah.

Kondisi tersebut akan membuat kulit tubuh ikan koi mengalami iritasi dan rentan untuk masuknya bakteri.

Keadaan tersebut bisa kembali normal bila air kolam segera diganti dengan air yang baru dan bersih.

Agar keadaan ikan koi juga dapat segera pulih maka anda bisa merendam ikan koi dengan menggunakan garam dapur berkonsentrasi 10% dari total air yang digunakan. Diamkan ikan koi tersebut dalam rendaman selama satu jam.

Beberapa penyakit diatas adalah penyakit umum yang mudah sekali menyerang ikan koi peliharaan anda.

Sehingga sangat penting sekali untuk melakukan perawatan ekstra agar dapat membuat ikan koi tetap tumbuh dengan sehat dan terhindar dari berbagai macam parasite seperti jamur, kutu, cacing dan bakteri lainnya yang bisa membahayakan kesehatan ikan.

Demikianlah pembahasan yang bisa saya sampaikan tentang Jenis Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengobatinya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Memberikan Makan Ikan Koi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *