Cara Mencegah dan Pengobatan Hama Kutu Pada Ikan Koi

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Mencegah dan Pengobatan Hama Kutu Pada Ikan Koi? Bagi anda para pecinta ikan koi, tentu ingin sekali ikan-ikan koi yang berada di kolam selalu dalam kondisi sehat dan dapat tumbuh dengan baik.

Cara Mencegah dan Pengobatan Hama Kutu Pada Ikan Koi
Cara Mencegah dan Pengobatan Hama Kutu Pada Ikan Koi

Namun terkadang sebaik apapun pemeliharaan dan perawatan ikan koi yang sudah dilakukan, ada kalanya ikan koi bisa terkena penyakit yang bisa merugikan kesehatan ikan koi tersebut.

Salah satu penyakit yang paling umum dialami oleh ikan koi adalah penyakit yang berasal dari hama kutu, yaitu biasa disebut kutu jarum atau kutu jangkar.

Kutu jarum atau kutu jangkar itu sendiri merupakan salah satu hewan parasite yang termasuk dalam kelompok udang-udangan atau crustacean dengan genus Lernae.

Kutu jarum yang menjadi parasite adalah kutu jarum betina, karena untuk kutu jarum jantan akan mati setelah masa kawin terlewati.

Kutu jarum atau kutu jangkar ini secara fisik dapat dilihat langsung dengan mata telanjang karena ukuran tubuhnya yang cukup besar yaitu sekitar 1 – 1,5 cm.

Kutu jarum sendiri sebenarnya memiliki banyak spesies namun jenis yang paling banyak menyerang ikan koi adalah jenis Lernae Cyprinacea.

Dikatakan sebagai kutu jarum karena memang bentuknya sendiri panjang menyerupai jarum dan ketika hewan ini berusaha menancapkan dirinya pada ikan koi, bagian kepala kutu inilah yang biasanya ditancapkan dengan menggunakan perangkat yang mirip seperti jangkar, itulah mengapa kutu jarum juga sering disebut sebagai kutu jangkar.

Ketika anda melihat ikan koi peliharaan anda mulai berenang secara tidak beraturan atau mulai menggesek-gesekan badannya ke bagian pinggir atau dinding kolam, atau mulai meloncat dari kolam secara tiba-tiba, mungkin saja pada saat itu ikan koi sedang terkena tusukan dari kutu jarum tersebut.

Kutu jarum ini bisa menyerang ke banyak bagian dari ikan koi seperti bagian sirip, ekor, badan koi, bahkan bisa menancap pada bagian insang ikan koi sehingga membuat koi sulit untuk bernapas.

Ketika kutu jarum sudah menancap, biasanya akan mengakibatkan peradangan berwarna merah disekitar tusukannya. Ini akan membuat koi lesu dan bahkan berdiam diri.

Bila kutu jarum tersebut tidak segera diobati atau dilakukan tindakan dengan segera, maka akan bisa berdampak pada keselamatan ikan koi tersebut.

Cara Mencegah dan Pengobatan Hama Kutu Pada Ikan Koi

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan guna mencegah terjadinya penyakit pada ikan koi akibat terserang kutu jarum, antara lain:

1. Menjaga kebersihan kolam

Kualitas dari air kolam harus diperhatikan dengan baik. Air yang kotor dan lama tidak diganti akan menimbulkan jamur atau kutu yang dapat menjadi penyakit bagi ikan koi.

Selalu rutin mengganti air kolam bila dirasa sudah kotor.

2. Gunakan dipretex secara berkala

Dipretex ini semacam insektisida organofosfat yang berkhasiat atau ampuh membasmi adanya kutu jarum dan hama-hama parasite lainnya yang bisa timbul di kolam rumah anda.

Gunakan insektisida ini secara berkala misalnya dalam periode 2 mingguan, tentu perlu diperhatikan pula dosis penggunaannya. Bacalah petunjuk penggunanaan sebelum ini dilakukan.

3. Mencabut kutu jarum

Bagi anda para pemelihara ikan koi yang saat ini baru menemukan kondisi ikan koi yang sudah terserang kutu jarum, maka salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mencabut kutu jarum tersebut dengan menggunakan pinset.

Perlu diperhatikan dalam proses mencabutnya, jangan sampai kepala kutu masih tertinggal di badan ikan koi, sebab dapat berakibat timbulnya infeksi lain.

Untuk pencabutan dengan pinset sendiri juga sebaiknya hanya dilakukan pada ikan koi usia dewasa.

Ikan koi yang masih berumur anak-anak atau berukuran dibawah 10 cm, sebaiknya tidak dilakukan proses pencabutan seperti ini karena daya tahan tubuh ikan koi tersebut masih rendah.

Setelah dilakukannya pencabutan kutu jarum ini biasanya akan timbul luka pada tubuh ikan koi, oleh sebab itu sebaiknya jangan diberikan larutan antiseptic seperti merchurochrome karena bisa terjadinya infeksi sekunder.

4. Pisahkan

Ikan koi yang mengalami penyakit dari kutu jarum ini sebaiknya segera dipisahkan dari ikan yang lainnya dan dipindahkan ke tempat tersendiri.

Hal ini juga agar kita bisa memantau bagaimana kondisi ikan tersebut selama masa penyembuhan.

5. Gunakan Obat

Untuk ikan koi yang terkena kutu jarum juga bisa menggunakan obat yang biasa dikenal dengan sebutan dimilin. Mungkin bagi anda para pecinta koi tidaklah asing denan obat dimilin ini.

Dimilin sendiri dipercaya sangat ampuh untuk membasmi berbagai jenis parasite seperti kutu-kutu ikan, lernaea, belatung insang atau ergasilus dan tentunya kutu jarum.

Dosis yang dianjurkan adalah 1 gram/ 1 ton air. Untuk penggunaannya dapat membaca sesuai petunjuk yang berlaku.

Setelah mengetahui apa itu hama kutu jarum dan seperti apa bahayanya ketika menyerang ikan koi, diharapkan akan menjadi lebih waspada dan terus memelihara serta merawat kebersihan kolam tempat tinggal ikan koi secara rutin dan dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Kolam yang bersih tentunya juga akan membuat ikan koi sehat dan dapat tumbuh dengan baik.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan tentang Cara Mencegah dan Pengobatan Hama Kutu Pada Ikan Koi. Semoga membantu.

Baca Juga : Cara Memberikan Makan Ikan Koi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *