Klasifikasi, Ciri, Jenis, dan Merawat Kucing Hutan

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Klasifikasi, Ciri, Jenis, dan Merawat Kucing Hutan? Kucing Hutan atau dikenal dengan Pronailurus, merupakan hewan yang dapat bertahan hidup dalam alam liar atau di hutan.

Klasifikasi, Ciri, Jenis, dan Merawat Kucing Hutan
Klasifikasi, Ciri, Jenis, dan Merawat Kucing Hutan

Berikut ini adalah informasi selengkapnya, mengenai hewan yang hidup di alam liar ini.

Klasifikasi Kucing Hutan

Hewan ini terbagi menjadi beberapa pengelompokan, dan  inilah informasinya:

Filum,Kelas

Filum dari hewan ini adalah Filum Chordata, dimana hewan  ini mempunyai tulang belakang pada tubuhnya.

Untuk Kelasnya, termasuk dalam kelas Mamalia. Hewan yang tergabung dalam Kelas Mamalia,  biasa untuk memberikan susu kepada anaknya sendiri.

Ordo, Family, Sub Family

Ordo dari hewan ini adalah Karnivora, dimana hewan ini mengonsumsi daging hewan yang lainnya. Untuk Family nya adalah Felidae, sedangkan Sub Family nya adalah  Felinae.

Biasanya jenis binatang Felidae dan Felinae, memiliki kaki berjumlah empat dan ukuran tubuhnya mulai dari kecil hingga sedang.

Genus

Untuk genusnya, hewan ini tergabung dalam genus Pronailurus. Mereka terbiasa atau bisa  bertahan hidup di alam liar, khususnya di daerah daerah hutan.

Keunikan Kucing Hutan

Hewan ini juga terdapat sebuah keunikan di dalamnya, dan  inilah keunikan dan juga  ke khasan dari hewan ini:

1. Bentuk Tubuh

Bentuk atau stuktur hewan ini, adalah cukup tegap dan juga ramping. Selain mempunyai ukuran tubuh yang ramping dan tegap, kaki pada hewan ini tidak pendek atau mempunyai ukuran yang cukup  panjang.

Ekor pada hewan ini, juga mempunyai ukuran yang cukup panjang dibanding dengan hewan  yang lainnya

2. Anggota Badan

Hewan ini mempunyai kepala, dan kepala pada hewan ini terdapat hidung berwarna merah serta dua buah mata diatas hidungnya. Untuk lehernya, hewan ini mempunyai ukuran yang panjang namun tidak kecil ukurannya.

3. Panjang, Berat Badan

Untuk panjang dari hewan ini, adalah sekitar  67 hingga 100 cm. Sedangkan untuk beratnya,  yakni  sekitar 10 hingga 15 kilogram.

4. Warna Bulu

Warna bulu pada bulunya juga  beragam, mulai dari warna coklat hingga warna coklat sedikit abu abu.

Ada juga corak kehitaman pada bagian bulunya,  dan corak hitam  tersebut menjadi sebuah keunikan dari hewan ini.

Jenis Kucing Hutan

Ada beberapa tipe di dalamnya, sehingga menjadi sebuah ciri khas dari hewan tersebut. Inilah informasinya:

1. Tipe Emas

Hewan tipe Emas, terdapat di daerah Asia Tenggara seperti Indonesia dan juga  Malaysia. Warna bulu dari hewan ini, adalah warna emas  pekat.

Keahliannya  adalah  bisa memanjat pohon dengan waktu yang cepat. Untuk tempat tinggalnya atau habitatnya, berada di  sekitar hutan yang kondisinya cukup basah.

2. Tipe Dahan Dari Kalimantan

Tipe binatang ini, memiliki habitat di daerah Kalimantan. Warna bulunya, adalah  putih sedikit coklat dengan corak kehitaman.

Untuk bagian lehernya, mempunyai ukuran yang cukup panjang. Cara menghindari  musuhnya yang cukup mengganggunya, adalah dengan cara memanjat pohon.

3. Tipe Batu

Tipe hewan Batu tersebar di daerah Afrika, dan juga tersebar di daerah Asia. Bulunya berwarna  coklat, dan bagian perutnya memiliki bulu warna putih.

Ukuran ekornya, juga cukup panjang dan hampir menyentuh tanah. Hewan ini juga suka menangkap hewan  lainnya, dan hewan tersebut menjadi makanannya.

4. Tipe Jawa

Tipe Jawa berada di pulau Jawa, serta warnanya adalah orange. Dekat bagian lehernya, mempunyai bulu warna putih.

Keahlian atau kemampuannya, adalah berenang dengan waktu.yang cukup lama. Karena populasinya terus menurun, Pemerintah melindungi binatang satu ini.

Cara Memelihara Kucing Hutan

Untuk yang ingin memelihara hewan ini,  ada beberapa  hal yang harus diperhatikan untuk memeliharanya.  Inilah cara yang benar, untuk memeliharanya:

1. Menyiapkan Kandang Yang Besar

Apabila ingin memelihara binatang ini di rumah, ada baiknya untuk menyiapkan kandang yang cukup besar ukurannya.

Dengan kandang yang ukurannya besar, nantinya mereka akan nyaman saat berada dalam kandang.

Jangan lupa untuk membesihkan kandangnya  secara rutin, agar mereka  nyaman saat berada di kandang.

2. Menyediakan Makanan Berkualitas

Hewan juga membutuhkan makanan, dan makanan yang diberi  harus baik dan juga berkualitas. Makanan yang berkualitas ini, nantinya membuat hewan menjadi  lebih sehat dan terhindar dari beberapa penyakit.

3. Rutin Membesihkan Hewan Ini

Kebersihan pada tubuh haruslah diperhatikan, agar nantinya hewan ini terhindar dari kotoran dan juga bakteri. Oleh karena itu sangat penting  untuk memandikannya,  selama kurang lebih 2 hingga 3 minggu sekali.

4. Mengajak Bermain

Agar tidak menjadi stress saat berada di rumah,  hewan ini bisa diajak bermain ke luar rumah.

Hewan ini bisa diajak ke taman, dan mereka bisa bermain dan berjalan jalan di taman tersebut. Dengan mengajaknya bermain, tentu bisa menyehatkan tubuh serta stressnya.

Demikialah informasi mengenai kucing hutan, yang bisa ditemui alam liar namun bisa dipelihara di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat, bagi anda yang ingin memeliharanya.

Baca Juga : Ciri Kucing Lapar dan Haus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *