Ciri, Sifat Dan Fakta Unik Kucing Ragdoll

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Ciri, Sifat Dan Fakta Unik Kucing Ragdoll? Siapa sih yang tidak gemas saat melihat kucing? Walaupun tidak semua orang menyukai kucing namun pasti diantara kalian senang melihat tingkah lucu dari kucing.

Ciri, Sifat Dan Fakta Unik Kucing Ragdoll
Ciri, Sifat Dan Fakta Unik Kucing Ragdoll

Kucing terdiri dari berbagai jenis dari seluruh penjuru dunia salah satu jenis kucing yang sangat menarik untuk dibahas adalah kucing ragdoll.

Bagi anda orang awam pasti asing dengan ras kucing satu ini. Kucing ragdoll merupakan kucing berbulu tebal dan panjang dengan ciri khasnya yaitu bermata biru.

Pertama kali kucing ragdoll dikembangbiakan adalah di Riverside, California oleh Ann Baker tahun 1960.

Asal mula kucing ragdoll ini adalah perkawinan antara induk kucing lokal berbulu panjang dengan beberapa kucing yang ditemukan oleh Ann Baker disekitar tempat tinggalnya.

Ann Baker secara khusus memilih kucing-kucing yang berukuran besar, memiliki bulu yang panjang serta sifatnya yang lemah lembut.

Dari hasil perkawinan kucing yang dilakukan oleh Anna Baker ini pada akhirnya menghasilkan jenis kucing ragdoll.

Ciri Kucing Ragdoll

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Jenis ini memiliki bulu yang panjang serta lebat dan bermata biru.

Warna bulu kucing ragdoll biasanya warna-warna terang seperti krem, putih, cokelat, abu-abu dan lain sebagainya.

Walaupun warna tubuhnya sebagian besar warna terang namun pada bagian wajah, telinga, kaki dan ekor biasanya berwarna sedikit gelap.

Ada ciri-ciri lain dari kucing ragdoll ini yaitu sebagai berikut :

1. Ukuran Tubuh Kucing Ragdoll Beukuran Besar

Ukuran tubuh relatif besar, seukuran dengan anak anjing atau anjing jenis tertentu.

Berat badan ragdoll jantan yang sudah dewasa sekitar 9 kilogram sedangkan ragdoll betina berbobot 4,5 hingga 7 kilogram. Bisa dibayangkan kan bagaiman bentuk tubuh kucing ragdoll?

2. Kucing Ragdoll Lebih Banyak Bersuara

Dibandingkan dengan jenis kucing lainnya, menurut beberapa orang yang memelihara kucing ragdoll, jenis ini banyak bersuara misalnya untuk mencari perhatian manusia atau kucing lainnya.

3. Ciri-Ciri Telinga Kucing Ragdoll

Telinga kanan dan kiritidak terlalu berjarak serta bentuknya menjulang tinggi keatas, seperti bentuk segitiga.

Pada umumnya, warna telinga bagian dalam adalah merah muda sedangkan bulu luarnya berwarna cokelat atau hitam cenderung gelap.

4. Ciri-Ciri Kaki dan Ekor Kucing Ragdoll

Kaki dapat dikatakan cukup panjang, kuat serta kokoh. Bentuk kakinya sangat proporsional untuk menopang badan ragdoll yang cukup berat.

Semakin bertambah berat badan ragdoll maka kaki ragdoll terlihat semakin berisi serta kuat.

Ekor panjang menjuntai dengan bulu yang lebat menutupi seluruh bagian ekornya.

Warna bulu ekor kucing ragdoll perpaduan warna terang dan gelap misalnya perpaduan warna putih dan cokelat.

Sifat Kucing Ragdoll

Bagi anda yang tertarik untuk memelihara pasti anda penasaran bagaimana sifat asli dari kucing ragdoll. Kucing ragdoll sangat mudah akrab dengan manusia.

Apabila anda pertama kali bertemu dengan kucing ragdoll dan anda membelainya maka kucing ragdoll akan berguling-guling yang menandakan ia senang berinteraksi dengan anda.

Berdasarkan pengalaman beberapa orang yang memeliharanya di rumahnya, kucing ragdoll ini sangat suka mengikuti kemanapun majikannya. Bahkan mereka suka menggesekkan badannya ke kaki majikannya karena mereka memiliki sifat yang manja.

Kucing ragdoll sangat suka digendong dan apabila digendong mereka tidak akan memberontak sama sekali.

Selain itu, kucint ragdoll merupakan kucint yang memiliki tingkat kecerdasan yang sangat tinggi, oleh sebab itu kucing ragdoll sangat mudah untuk dilatih.

Secara keseluruhan, kucing ragdoll termasuk ke dalam kategori kucing yang memiliki kepribadian yang sangat menyenangkan dan sangat suka apabila diajak bermain oleh manusia.

Fakta Unik Kucing Ragdoll

Walaupun kucing ragdoll sering bersuara namun suaranya tidak nyaring atau dapat dikatakan kucing ragdoll memiliki suara yang sangat lembut. Hal ini yang membuat pecinta kucing sangat tertarik untuk memelihara kucing bertubuh besar ini.

Kucing ragdoll yang baru lahir 100 persen warna bulunya berwarna putih, tidak ada campuran warna lainnya. Namun seiring beranjak dewasa, corak warna lainnya pada bulu kucing ragdoll baru muncul.

Jangan heran apabila anda memelihara ragdoll yang masih bayi (kitten) memiliki warna bulu putih 100 persen namun ketika beranjak dewasa coraknya baru terlihat.

Bulunya tidak mudah rontok, tidak seperti kucing lainnya yang memiliki bulu yang lebat.  Apa yang menyebabkan bulu tidak mudah rontok?

Jadi, kucing ragdoll tidak memiliki lapisan bawah yang tebal. Namun bukan berarti karena bulunya tidak rontok maka anda tidak merawat bulu kucing ragdoll. Sebaiknya, sisir secara rutin bulu ragdoll agar bulu ragdoll tetap bersih, tidak mudah kusut serta sehat.

Fakta unik yang terakhir dari kucing ragdoll adalah proses pendewasaan kucing ragdoll dapat dikatakan lambat. Kucing ragdoll dianggap dewasa apabila usianya sudah lebih dari 4 tahun.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *