Pengertian Vivarium, Aquascape, Terrarium, dan Riparium

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Vivarium, Aquascape, Terrarium, dan Riparium? Tidak jarang masyarakat dibingungkan dengan istilah-istilah yang di belakangnya ada diksi “ium”.

Pengertian Vivarium, Aquascape, Terrarium, dan Riparium
Pengertian Vivarium, Aquascape, Terrarium, dan Riparium

Salah satunya bingung dengan istilah Vivarium, Aquascape, Terrarium, Paludarium, Riparium serta istilah-istilah yang lainnya.

Tidak jarang pula masyarakat menganggap istilah tersebut merupakan objek yang sama. Padahal ketiganya adalah satu benda atau objek yang berbeda.

Maka dari itu, perlu kiranya dipahamkan terkait istilah Vivarium, Aquascape,Terrarium, Paludarium, dan Riparium yang benar.

Lucunya, hampir semua orang menyatakan objek yang berupa wadah air dan dikelilingi kaca adalah aquarium.

Bagi mereka tidak ada istilah lain melainkan akuarium saja. Ini yang membuat istilah lain memiliki definisi yang kabur.

Oleh karena alasan tersebut, maka di artikel berikut ini akan dijelaskan tentang Vivarium, Aquascape, Terrarium, Paludarium dan Riparium.

Semoga apa yang dijabarkan bisa menjadi refleksi pemikiran untuk kita semua. Jadi silakan disimak ini ulasan selengkapnya:

Pengertian Vivarium, Aquascape, Terrarium, Paludarium dan Riparium

Untuk ulasan pertama seputar pengertian Vivarium, Terrarium, Paludarium, dan Riparium. Dari sini, nanti bisa ditarik kesimpulan tentang apa sebenarnya empat objek yang telah disebutkan di atas. Ini penjelasan selengkapnya:

Pengertian Vivarium

Jika dibaca dari istilah, maka vivarium diadopsi dari bahasa latin yang jika dipetakan menjadi dua kata yaitu viva dan rium.

Viva memiliki makna kehidupan sedangkan rium memiliki makna yang lebih detil yaitu bisa bermakna ruang dan tempat atau bisa juga diberi makna wadah.

Nah, kalau diambil dari makna etimologi di atas, vivarium bisa diartikan sebagai tempat atau wadah kehidupan. Dari pengertian inilah, akan muncul definisi umum dari kata vivarium itu sendiri.

  • Definisi Umum

Makna lain yang muncul dari istilah vivarium adalah sebagai tempat buatan yang dibuat dengan menyerupai objek kehidupan yang asli. Biasanya, isi dari wadah adalah lingkungan yang terkait dengan habitat atau ekosistem.

Untuk spesifikasi habitat dan ekosistemnya sendiri tergantung orang yang membuatnya. Bisa vivarium dibuat dengan menyesuaikan pada habitat air, darat ataupun ekosistem udara.

  • Definisi Secara Analogis

Jika membaca pengertian di atas, maka sejatinya pengertian vivarium bisa dijelaskan secara analogis. Semisal, Anda pergi ke kebun binatang.

Maka kebun binatang itulah Vivarium karena lingkungan buatan yang hampir menyerupai lingkungan binatang yang asli atau alam bebas.

Nah, dalam perspektif ini tentunya, yang dimaksud dengan vivarium bukan wadah yang luas saja.

Bisa juga vivarium dibuat secara terbatas dengan bahan-bahan tertentu. Semisal dibuat dari kaca, perak, logam dan material yang lain.

Vivarium sendiri merupakan tempat atau wadah buatan yang dibuat untuk tujuan tertentu.

Termasuk untuk mempermudah proses riset mahluk hidup tanpa harus melukai makhluk yang bersangkutan. Maka dari itu, perlu dibuat sebuah wadah yang mirip dengan habitat aslinya.

Saat ini sebagian vivarium dibuat untuk tujuan komersial dan wisata. Tentunya, wadah tersebut dibuat seindah mungkin, supaya orang yang melihatnya merasa terhibur dan senang.

Vivarium sendiri memiliki beberapa jenis. Di antaranya ialah apa yang disebut dengan istilah Aquascape, Terrarium, Paludarium dan Riparium.

Jadi ke empat istilah ini merupakan wadah berbeda yang merupakan bagian dari vivarium. Ini perbedaan pertama yang perlu diketahui oleh masyarakat.

Pengertian Aquascape

Aquascape adalah wadah dari kaca yang berisi ekosistem tertentu. Namun, berbeda dari aquarium, wadah ini lebih sering menggunakan material yang diambil dari lingkungan yang asli. Seperti penggunaan tanaman dan bebatuan.

Nah, jika ada wadah menggunakan material semacam ini, maka tidak bisa disebut sebagai aquarium tetapi aquascape.

Dari segi harga juga jauh lebih mahal serta membutuhkan ukuran wadah yang cukup besar. Biasanya, wadah ini ditempati oleh ikan-ikan khusus dengan ukuran yang juga cukup besar.

Pengertian Terrarium

Terrarium adalah wadah berbentuk bulat berukuran kecil yang terbuat dari kaca. Biasanya, oleh si pemilik wadah ini dijadikan sebagai pot untuk tanaman hias.

Uniknya, tanaman-tanaman tersebut bisa tumbuh di dalam wadah sekalipun tidak tersentuh cahaya matahari.

Jika dilihat sekilas, terrarium adalah tanaman yang diletakkan di dalam toples terbuka. Orang membuatnya semata untuk memberikan tampilan elegan pada ruangan.

Pengertian Paludarium

Paludarium adalah wadah yang cukup besar yang di dalamnya dipenuhi dengan habitat darat dan air.

Bisa pula dikatakan kalau paludarium adalah rawa-rawa buatan yang dibangun di dalam kotak besar lalu diletakkan di dalam rumah atau di halaman.

Tujuan dari pemasangan vivarium yang satu ini ialah untuk mempercantik rumah dan membuat sejuk pada pandangan.

Biasanya, vivarium ini dimiliki oleh para artis dan pengusaha, karena biaya pembuatannya memang sangat mahal.

Pengertian Riparium

Riparium adalah wadah yang di dalamnya berisi habitat air dan darat tetapi lebih mendekat pada habitat sungai bukan rawa. Jadi antara paludarium dengan riparium adalah vivarium yang berbeda.

Dari ulasan inilah silakan diambil perbedaan dari istilah Vivarium, Aquascape, Terrarium, Paludarium dan Riparium.

Semoga apa yang sudah dijabarkan bisa menjadi pencerah pemahaman sehingga masyarakat tidak salah lagi dalam mengartikan istilah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *