Cara Membedakan Burung Beo Jantan dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Membedakan Burung Beo Jantan dan Betina? Jika dilihat sekilas, setiap burung beo terlihat sama. Mungkin akan terasa sulit untuk membedakan antara beo jantan dan betina.

Cara Membedakan Burung Beo Jantan dan Betina
Cara Membedakan Burung Beo Jantan dan Betina

Ini karena mereka memiliki warna dan bentuk yang serupa. Lebih lagi, beo memiliki alat kelamin yang bersifat internal.

Akan tetapi, beberapa jenis beo menunjukkan perbedaan antara betina dan jantan secara fisik. Seperti halnya beo budgie dan cockatiel.

Menurut penelitian yang dikutip dalam Journal of Avian Medicine and Surgery, sebanyak 75% dari semua spesies burung beo merupakan monomorfik seksual.

Ini artinya bahwa tidak ada perbedaan yang dapat diidentifikasi antara jenis kelamin. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengetahuinya?

Cara Membedakan Burung Beo Jantan dan Betina

Untuk menjawab hal tersebut, cara berikut dapat dilakukan untuk membedakan burung beo jantan dan betina.

1. Bedah

Burung beo memiliki alat kelamin yang berada di dalam. Untuk mengidentifikasinya, cara ini adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Bedah hanya dilakukan pada beo yang sudah tumbuh dewasa. Ini karena surgical sexing akan membahayakan sistem reproduksi beo yang masih muda.

Bedah seks atau surgical sexing adalah metode untuk membedakan burung beo jantan dan betina yang melibatkann tenaga ahli.

Jika Anda tidak memiliki keahlian di bidang ini, disarankan untuk membawanya ke dokter hewan. Umumnya, cara ini dilakukan untuk mengelompokkan beo yang belum jelas klasifikasinya.

2.  Tes DNA

Tes DNA adalah salah satu cara yang cepat untuk membedakan jenis kelamin beo jantan dan betina. Ini karena tidak semua orang bersedia menunggu hingga beo beranjak dewasa.

Bawalah burung beo tersebut ke dokter hewan untuk dilakukan tes DNA. Meskipun hasilnya pasti, namun ini tidak mutlak berlaku.

Ikuti instruksi dokter dan persiapkan segala hal yang akan dibutuhkan. Anda memerlukan sampel bulu, kuku, dan darah burung.

Menurut Zoo Biology, cara ini terbilang aman untuk dilakukan. Pilihlah darah sebagai sampelnya untuk mendapatkan hasil yang efektif.

3. Menunggu Hingga Beo Tumbuh Dewasa

Jika melakukan tes DNA terbilang rumit dan membutuhkan modal, Anda bisa menunggu beo tersebut hingga dewasa.

Beo betina akan sering bertelur di penangkaran liar. Akan tetapi, ini bukanlah cara yang disarankan untuk membedakan burung beo jantan dan betina. Alasannya, beo akan membutuhkan waktu yang sekitar tiga tahun untuk tumbuh dewasa.

Alternatif lainnya adalah perhatikan kapan musim kawin beo itu tiba. Umumnya, ini dapat dilihat berdasarkan pola perilaku mereka.

Beo jantan akan tumbuh lebih territorial dan vokal dibandingkan betina yang cenderung lebih jinak.

4.  Karakteristik Beo

Selain melakukan tiga cara di atas, Anda juga dapat membedakan burung beo jantan dan betina berdasarkan karakteristiknya. Tiap spesies burung beo memiliki perilaku dan sifat yang berbeda.

Anda bisa mengidentifikasi beo jantan dan betina dengan melihat ukuran, warna, pola bulu, bentuk paruh, dan bentuk kepala. Akan tetapi, ini bukanlah cara yang akurat. Anda mesti benar-benar memperhatikan poin berikut ini.

  • Ciri-ciri visual terlihat pada bulu
  • Sifat yang mungkin berbeda dari burung beo yang satu dan lainnya dalam satu spesies
  • Ciri-ciri yang mungkin hanya muncul setelah burung beo mencapai kematangan seksual

5. Kebiasaan Beo Jantan vs Betina

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk membedakan burung beo jantan dan betina adalah dengan memperhatikan perilaku mereka.

Perhatikan bagaimana mereka bereaksi terhadap cermin. Burung beo akan memperlihatkan reaksi yang berbeda ketika berhadapan dengan bayangannya sendiri.

Beo jantan akan terlihat lebih attraktif dibandingkan beo betina. Mereka akan bereaksi seperti menari, membungkuk, dan memperlihat perilaku yang begitu gembira.

Selain itu, perhatikan bagaimana mereka membangun sarangnya. Sudah jelas bahwa beo betina akan membangun sarangnya ketika mereka akan bertelur.

Meskipun hal tersebut memberikan hasil yang jelas, namun ini bukanlah cara yang benar-benar akurat untuk dilakukan. Anda diminta untuk mengonsultasikan hal ini ke dokter hewan terdekat.

Apakah Mengidentifikasi Beo Jantan dan Betina itu Penting?

Membedakan burung beo jantan dan betina bukanlah hal yang krusial jika Anda hanya memiliki satu ekor beo saja.

Berbeda halnya jika Anda memutuskan untuk mengembang biakkan burung beo. Namun, memelihara burung beo dalam jumlah yang banyak akan menjadi masalah jika membiarkan mereka berkoloni dalam jenis kelamin yang sama. Mereka akan menjadi lebih kompetitif dan dominan.

Beberapa spesies burung beo dapat hidup bersama dalam satu kandang, tetapi hal ini tidak selalu terjadi. Burung beo mungkin akan berkelahi.

Hal ini dapat mengakibatkan burung beo menjadi tidak sehat dan bahagia. Untuk jenis burung beo tertentu, mereka akan cenderung senang bertarung dan menunjukkan keunggulannya sampai mati.

Di sini, membedakan burung beo jantan dan betina tentunya akan sangat membantu. Anda dapat mengakomodasi kebutuhan mereka sejak dini dan mencegah stress juga frustasi.

Baca Juga : Jenis Penyakit Burung Beo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *