Cara Membedakan Burung Pelatuk Jantan dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Membedakan Burung Pelatuk Jantan dan Betina? Burung pelatuk juga terbilang burung kicau yang sangat digemari para kicau mania. Hewan ini dipelihara karena memiliki kemampuan berkicau yang sangat bagus sehingga layak dijadikan sebagai master kicau untuk burung cucak rowo maupun love bird.

Cara Membedakan Burung Pelatuk Jantan dan Betina
Cara Membedakan Burung Pelatuk Jantan dan Betina

Luar biasanya lagi, burung pelatuk utamanya yang jantan dijual dengan harga yang cukup mahal terutama yang usianya sudah dewasa. Tentu, harga burung pelatuk mahal, karena banyak kicau mania yang berhasil membawa burungnya menjuarai kontes akibat master langsung dari kicau burung pelatuk.

Nah, bagi siapapun yang berminat untuk memelihara burung pelatuk, tentunya harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara burung pelatuk jantan dengan yang betina supaya pemeliharaan jauh lebih mudah. Untuk itu, di bawah ini akan saya jelaskan cara mengetahui perbedaan-perbedaan tersebut.

Cara Membedakan Burung Pelatuk Jantan dan Betina

Untuk lebih mempermudah membedakan burung pelatuk jantan dengan yang betina, Anda harus membedakannya ketika burung masih anakan atau masih belum dewasa.

Pasalnya, di usia tersebut perbedaan kedua burung terlihat lebih jelas dan nyata. Sedangkan untuk cara membedakan silakan ikuti tutorial berikut:

1. Lihat Warna Jambul

Cara membedakan burung pelatuk jantan dengan yang betina yang pertama adalah silakan lihat warna jambulnya. Kedua burung ini memang memiliki jambul tetapi dengan warna yang berbeda. Burung pelatuk yang jantan memiliki jambul berwarna merah sedangkan yang betina memiliki jambul berwarna hitam.

Jika ingin mengetahui perbedaan burung pelatuk dari sisi jambul, Anda tidak perlu memisahkan kedua burung tetapi cukup disatukan di dalam satu sangkar saja. Toh warna jambul pasti terlihat dengan jelas sehingga bisa diketahui perbedaannya.

Anda juga tidak perlu melihat perbedaan ini untuk burung yang masih anakan saja. Sebab, sekalipun burung pelatuk sudah dewasa, warna jambulnya tetap tidak akan berubah.

Jadi, bisa dibilang cara melihat perbedaan burung pelatuk jantan dengan betina dari sisi warna jambul merupakan cara yang paling mudah.

2. Lihat Warna Bulu Kepala

Jika ingin membedakan burung pelatuk jantan dengan yang betina, silakan lihat warna bulu kepalanya. Saya pastikan, kedua burung ini memiliki warna bulu kepala yang berbeda.

Bulu kepala burung pelatuk jantan berwarna putih dan merah sedangkan warna bulu kepala burung pelatuk betina adalah putih hitam.

Agar Anda bisa menilai perbedaan kedua burung dengan mudah, silakan lihat warna bulu kepala ketika kedua burung masih berusia muda atau masih berupa anakan. Sebab, jika burung pelatuk sudah dewasa, warna ini mulai memudar sehingga cara membedakannya jauh lebih sukar.

Calon pembeli juga harus memeriksa bulu kepala burung pelatuk secara detail. Kalau perlu pegang burung-burung tersebut lalu sibak bulu di bagian kepalanya. Sebab, terkadang bulu-bulu halus ini tertutupi oleh bulu-bulu lain yang ukurannya lebih panjang.

3. Dengarkan Variasi Kicau

Sama dengan ciri-ciri burung lain, untuk membedakan burung pelatuk jantan dengan yang betina, juga bisa didengarkan dari variasi kicaunya. Biasanya, burung pelatuk jantan memiliki variasi kicau yang lebih banyak dibandingkan burung pelatuk yang betina.

Burung pelatuk jantan memiliki variasi kicau yang banyak karena kicauan tersebut digunakan untuk menaikkan birahi burung pelatuk yang betina. Maka wajar, kalau burung pelatuk jantan variasi kicaunya lebih detail dan indah. Bahkan saking indahnya, para kicau mania menjadikan variasi kicau burung pelatuk jantan sebagai master untuk burung kicau yang lain.

Nah, jika Anda ingin memelihara burung pelatuk demi tujuan untuk mengambil suaranya, maka silakan pelihara burung pelatuk jantan yang memiliki suara kicau indah.

Namun, jika ingin memelihara burung pelatuk untuk diambil anakannya, silakan pelihara keduanya yaitu burung pelatuk jantan sekaligus yang betina.

4. Lihat Ukuran Tubuh Burung

Kalau ingin melihat perbedaan antara burung pelatuk jantan dengan yang betina, silakan lihat ukuran tubuh keduanya.

Biasanya, burung pelatuk yang jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar dan lebih kokoh serta kuat. Sedangkan ukuran tubuh burung pelatuk yang betina lebih kecil, tambun dan lembut.

Untuk mengetahui perbedaan ukuran tubuh burung pelatuk jantan dengan yang betina, Anda tidak perlu memisahkan antara keduanya atau meletakkan kedua burung di dua sangkar yang berbeda. Sebab, perbedaan ini cukup mencolok asalkan Anda melihatnya dengan detail saja.

Anda juga bisa melihat perbedaan ukuran tubuh kedua burung ini ketika sedang mengepakkan sayapnya. Nanti akan terlihat kekuatan otot burung pelatuk jantan yang sangat kokoh sedangkan burung pelatuk yang betina otot-ototnya lebih lembut dan lemah.

Itulah beberapa cara membedakan burung pelatuk jantan dengan yang betina. Silakan jadikan cara-cara di atas sebagai panduan jika Anda ingin memelihara kedua burung kicau yang sangat khas ini. Jika pun agak kesulitan untuk membedakan, utamanya bagi pemula, maka silakan bertanya langsung kepada penjual atau orang yang lebih berpengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *