Jenis, Habitat, Makanan dan Harga Burung Kerak Basi

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Jenis, Habitat, Makanan dan Harga Burung Kerak Basi? Burung Kerak Basi merupakan burung ocehan yang saat ini mulai marak dipelihara oleh masyarakat.

Jenis, Habitat, Makanan dan Harga Burung Kerak Basi
Jenis, Habitat, Makanan dan Harga Burung Kerak Basi

Alasan pemeliharaannya tidak lain karena burung ini memiliki kemampuan bersuara yang lantang sekaligus kicauannya sangat merdu. Nah, bagi yang berminat untuk memelihara burung Kerak Basi, maka di artikel berikut ini akan dijelaskan secara detail mengenai burung yang dimaksud.

Kelebihan tersendiri dari burung Kerak Basi adalah kemampuannya untuk menirukan suara yang cukup jitu. Makanya, hewan ini bisa meniru suara tembakan, ngerol, siulan dan selainnya dengan akurasi suara yang nyaris mendekati aslinya. Terkadang burung ini dijadikan sebagai master suara untuk burung kicau jenis yang lain.

Nah, untuk mengetahui tentang burung Kerak Basi, maka silakan dibaca ulasan di bawah ini. Penjelasan terkait dengan jenis, habitat, makanan dan harga dari burung yang dimaksud. Jadi, silakan disimak saja ini penjelasannya:

Jenis Burung Kerak Basi

Menurut riset ahli binatang, jenis burung Kerak Basi terbagi menjadi tiga yaitu burung Kerak Basi Besar, Kerak Basi Ramai dan Kerak Basi Alis Hitam. Ketiga jenis burung Kerak Basi memiliki perbedaan satu sama lain dengan jenis perbedaan yang cukup mencolok. Ini dia perbedaan ketiganya:

1. Burung Kerak Basi Besar

Burung Kerak Basi Besar adalah jenis burung Kerak Basi yang paling populer di Indonesia. Pasalnya, burung kicau ini memiliki habitat yang sangat luas seperti di Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera bahkan di Papua.

Ciri-ciri berikutnya dari burung Kerak Basi Besar adalah memiliki paruh yang lebih pendek jika dibandingkan dengan burung Kerak Basi jenis yang lain.

Walaupun demikian ukuran paruhnya lebih tebal sehingga wajah burung terlihat unik dan lucu.

2. Burung Kerak Basi Ramai

Burung Kerak Basi Ramai adalah jenis burung Kerak Basi yang memiliki ukuran lebih kecil daripada burung Kerak Basi Ramai. Bahkan ada yang hanya berukuran 18 cm saja yang menjadikan burung jenis ini dianggap sebagai burung Kerak Basi pertengahan.

Walaupun demikian, ada yang unik dari Burung Kerak Basi Ramai. Yang mana, ukuran ekornya lebih panjang jika dibandingkan dengan burung kerak basi jenis yang lain.

Warna bulu ekor pada bagian bawahnya juga berbeda, jika yang lain berwarna cokelat, ekor burung Kerak Basi Ramai justru berwarna kuning kecokelatan.

3. Burung Kerak Basi Alis Hitam

Burung Kerak Basi Alis Hitam merupakan jenis burung Kerak Basi yang ukurannya paling kecil jika dibandingkan dengan yang lain. Bahkan, ada yang berukuran 13 cm atau sedikit lebih kecil 3 cm dari burung Kerak Basi Ramai.

Jenis burung Kerak Basi Alis Hitam sangat sulit ditemukan di Indonesia. Hewan ini hanya memiliki habitat terbatas yaitu di India, Cinta dan Tiongkok bagian selatan. Maka dari itu, dari kedua jenis burung sebelumnya, jenis inilah yang harganya paling mahal.

Habitat Burung Kerak Basi

Burung Kerak Basi apapun jenisnya, hidup di habitat yang khusus. Hewan imigran ini suka menempati ruang yang basah seperti rawa, hutan bakau hingga bantaran sungai.

Bahkan di pematang sawah yang dialiri air pun kadang ditemukan burung Kerak Basi di sana.

Mungkin lokasi ini identik dengan kesukaan burung Kerak Basi pada serangga kecil yang menjadi makanannya. Sedangkan di lokasi di atas, hewan-hewan semacam ini sangat banyak sehingga burung Kerak Basi tinggal mencari dan memakannya saja.

Makanan Burung Kerak Basi

Burung Kerak Basi tidak pernah ditemukan memakan biji-bijian seperti burung kebanyakan. Hewan ini lebih suka menyantap serangga kecil seperti jangkrik, semut, dan semua binatang yang memiliki ukuran lebih kecil dari tubuhnya.

Tidak jarang hanya demi menangkap mangsa, burung Kerak Basi harus turun dari persembunyiannya di ranting pohon. Setelah puas makan, tinggal pergi ke sungai atau rawa untuk minum. Ini yang menjadi alasan mengapa burung ini suka menempati area yang basah.

Harga Burung Kerak Basi

Burung Kerak Basi terbilang burung kelas tinggi yang dijual dengan harga sangat mahal. Untuk anakkannya saja, dijual dengan harga Rp100.000 sampai Rp200.000.

Sedangkan burung yang sudah dewasa dibanderol dari Rp500.000 sampai Rp1.000.000.

Harga di atas hanya untuk burung Kerak Basi yang biasa atau burung yang masih belum terlatih. Tetapi harga burung yang sudah gacor apalagi sudah menjuarai kontes, maka harga termurahnya dari Rp2.000.000 sampai Rp3.000.000.

Jadi, jika ingin memelihara burung Kerak Basi segala jenis, persiapkan terlebih dahulu bujetnya. Namun, alangkah baiknya, pembudidaya membeli yang anakannya saja.

Setelah itu rawat dengan baik dan jika sudah dewasa burung bisa dijual kembali kepada para penggemar.

Itulah ulasan singkat tentang burung Kerak Basi yang saat ini mulai populer di Indonesia. Bahkan ada beberapa jenis yang dijadikan sebagai master suara untuk burung kicau seperti love bird dan cucak ijo. Alhasil, burung ini semakin santer dicari oleh kicau mania.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.