Cara Membuat Burung Sikatan Kipas (Kapas) Gacor

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Membuat Burung Sikatan Kapas Gacor? Burung Sikatan kapas atau Sikatan Jawa merupakan burung yang berasal dari pulau Jawa.

Cara Membuat Burung Sikatan Kipas (Kapas) Gacor
Cara Membuat Burung Sikatan Kipas (Kapas) Gacor

Burung ini memiliki ekor yang berbentuk kipas apabila mereka mengembangkannya. Jenis Burung sikatan kapas memiliki tubuh yang mungil.

Jika dilihat sekilas, burung sikatan kapas berukuran sama seperti burung kutilang. Hanya saja, burung sikatan kapas memiliki warna yang lebih menarik dan suara yang unik.

Karena keunikannya, burung sikatan kapas sering dijadikan pilihan untuk dipelihara. Akan tetapi, burung ini membutuhkan perawatan yang khusus dan benar-benar diperhatikan secara berkala.

Lebih lagi jika Anda menginginkan burung sikatan kapas sering berkicau dan stabil.

Cara Membuat Burung Sikatan Kapas Gacor

Lalu, apakah yang dapat dilakukan untuk membuat burung sikatan kapas gacor atau sering bunyi? Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

1. Sediakan Kandang yang Nyaman

Ini adalah hal pertama yang dilakukan untuk membuat burung sikatan kapas gacor. Alasannya adalah burung sikatan kapas pasti membutuhkan waktu untuk beradaptasi dari habitat sebelumnya.

Lebih lagi, burung sikatan kapas adalah tipe burung kicau yang mudah stress. Mereka akan membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi.

Untuk itu, buatlah kandang yang luas atau menyerupai habitat asli mereka. Ini akan memudahkan mereka beradaptasi dan bergerak secara bebas. Jika diperlukan, Anda dapat mengecek keadaan mereka selama berada di kandang.

2. Rutin Menjaga Kebersihan Mereka

Menjaga kebersihan burung sikatan kapas adalah cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk membuat mereka gacor. Ini termasuk menjaga kebersihan kandang, kotoran, dan lainnya.

Pastikan Anda rajin membersihkan kandang. Anda juga mesti membersihkan tempat makan dan minum mereka agar tidak terkontaminasi dengan hal-hal lain.

Jika diperlukan, Anda bisa menyemprot kandang mereka dengan desinfektan agar terbebas dari virus dan bakteri.

3. Mandi dan Penjemuran Secara Teratur

Cara membuat burung sikatan kapas gacor berikutnya adalah dengan rutin memandikan dan menjemur burung sikatan kapas.

Kenapa mereka harus dimandikan dan dijemur?

Selain bertujuan untuk menjaga kebersihan dan membiasakan mereka berkicau, mandi dan penjemuran dilakukan untuk membangun hubungan Anda dengan burung sikatan kapas tersebut.

Burung sikatan kapas dapat dimandikan setiap hari. Mandikan mereka sebanyak dua kali sehari. Lakukan di waktu pagi dan sore hari.

Anda tidak perlu mengguyur mereka dengan air. Mereka cukup dimandikan dengan cara menyemprotkan air ke tubuh mereka. Anda juga bisa memanfaatkan botol spray untuk memudahkan Anda.

Jika mereka sudah terbiasa, Anda bisa membiarkan mereka mandi sendiri. Cukup sediakan air dalam wadah yang besar. Nantinya, mereka akan mandi dengan sendirinya.

Kebiasaan tersebut sudah mereka lakukan sejak tinggal di alam bebas. Ini karena burung sikatan kapas senang menempati tempat yang lembab.

Untuk penjemuran, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Perlu diingat bahwa burung sikatan kapas tidak bisa dijemur dalam waktu yang begitu lama.

Lakukan penjemuran sebanyak sekali dalam dua hari. Perhatikan juga waktu penjemuran yang tepat. Burung sikatan kapas disarankan dijemur pada jam 6 hingga 7 pagi.

Agar burung sikatan kapas terbiasa dengan kehadiran manusia, lakukan penjemuran di tempat yang ramai.

4. Makan yang Terjaga

Pemberian makanan yang tepat dan terjaga juga mempengaruhi kicauan mereka. Perhatikan jenis makanan apa dan bagaimana cara memberikannya.

Dalam pemberian makan, disarankan agar Anda memberikannya secara langsung menggunakan tangan. Ini bertujuan untuk membangun ‘ikatan’ dengan pemiliknya.

Burung sikatan kapas memakan jenis serangga kecil, jangkrik, kroto atau ulat hongkong, dan juga makanan tambahan (extra food). Namun, mereka butuh beradaptasi agar mau memakan makanan tambahan seperti voer.

Cara yang harus dilakukan adalah dengan mencampurkan voer bersama ulat hongkong yang sudah dipotong-potong terlebih dahulu. Berikan voer sebanyak 60% dan ulat hongkong sebanyak 40%.

Burung sikatan kapas akan dapat memakan voer seutuhnya setelah satu bulan. Namun, kurangi komposisi voer sebanyak 10% setiap minggunya.

Atau Anda bisa melihat kesiapan mereka untuk memakan voer seutuhnya ketika feses mereka bertekstur padat dan memiliki warna yang terlihat seperti voer.

Selain pemberian makanan utama dan tambahan, burung sikatan kapas juga perlu diberikan vitamin agar kesehatannya terjaga. Vitamin dapat diberikan seminggu sekali dengan mencampurkannya ke dalam air minum.

Dalam hal ini, burung sikatan kapas sebaiknya diberikan minum dengan air mineral atau air yang sudah dimasak.

5. Latihan

Agar burung sikatan kapas gacor, perlu dilakukannya latihan secara terus menerus. Anda bisa melatih burung sikatan kapas menggunakan mp3 atau melatihnya secara langsung.

Lakukan pemasteran di tempat yang jauh dari keramaian agar memudahkan burung untuk meniru suara yang didengarnya.

Nah, itulah lima cara yang dapat dilakukan untuk membuat burung sikatan kapas gacor.

Lakukan secara rutin dan perhatikan perkembangannya secara berkelanjutan. Pastikan juga mereka mendapatkan perawatan yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *