Jenis dan Jadwal Vaksinasi Ayam Broiler

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Jenis dan Jadwal Vaksinasi Ayam Broiler? Ayam broiler merupakan salah satu jenis unggas yang paling banyak diternakkan di dunia.

Jenis dan Jadwal Vaksinasi Ayam Broiler
Jenis dan Jadwal Vaksinasi Ayam Broiler

Mereka dipelihara secara khusus untuk diambil dagingnya. Umumnya, jenis-jenis ayam broiler sudah tersebar di seluruh dunia.

Jenis-jenis Ayam Broiler

Terdapat beragam jenis ayam broiler yang diternakkan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Cornish Cross

Ini merupakan jenis ayam broiler yang paling terkenal. Mereka tumbuh dengan sangat cepat dan dapat dipanen antara umur delapan hingga sepuluh minggu.

Ayam pedaging ini adalah pilihan yang baik untuk tujuan mencari keuntungan dan sering dijumpai di Indonesia.

Namun, beberapa hal harus diperhatikan ketika memutuskan untuk beternak ayam broiler jenis ini. Cornish cross sering mengalami masalah kesehatan seperti jantung dan kaki.

Mereka tidak disarankan untuk bereproduksi karena cenderung menghasilkan telur yang tidak sehat. Selain itu, mereka juga membutuhkan makan yang banyak untuk bertahan hidup.

2. Ayam Broiler Merah Besar

McMurray Hatchery’s Big Red Broilers atau ayam broiler besar merah merupakan jenis ayam daging hibrida versi terbaru dari Red Rangers. Mereka adalah alternatif yang baik setelah ayam broiler Cornish Cross.

Ayam pedaging merah memiliki telur berwarna cokelat. Sayangnya, mereka disarankan untuk tidak bereproduksi karena menghasilkan telur yang tidak sehat. Mereka dapat dipanen ketika berusia dua belas minggu.

3. Turken

Ini merupakan jenis ayam broiler yang tidak memiliki bulu di leher. Namun, ini bukanlah ayam broiler hasil persilangan dengan ayam kalkun. Ayam pedaging ini tumbuh dengan baik di iklim dingin meskipun tidak memiliki bulu.

Turken adalah jenis ayam broiler yang senang berburu. Mereka juga sangat mudah dijinakkan.

Turken dapat dipanen ketika berumur dua puluh minggu. Mereka memiliki sedikit bulu yang memudahkan Anda dalam proses pencabutan.

4. Murray’s Ginger Broiler

Ini merupakan pilihan ayam broiler terbaik selain Cornish Cross. Murray’s Ginger Broiler tidak memiliki banyak masalah kesehatan dan dapat dipanen ketika berumur delapan minggu.

Mereka memiliki pertumbuhan yang cepat dengan siklus hidup yang cukup lama.

5. Giant Jersey

Ini merupakan jenis ayam broiler bertubuh besar. Umumnya, mereka memiliki bulu berwarna putih, hitam, dan biru.

Giant Jersey dapat dipanen ketika berumur dua puluh minggu. Mereka memiliki telur yang cantik dan membesarkan anaknya sendiri.

Sayangnya, pertumbuhan Giant Jersey terbilang agak sedikit lambat dibandingkan dengan ayam broiler lainnya.

6. Orpington

Orpington merupakan jenis ayam broiler yang terkenal karena warnanya yang bervariasi.

Mereka dapat dipanen ketika berumur dua puluh hingga dua puluh dua minggu.

Orpington memiliki disposisi yang bagus, meskipun laju pertumbuhan mereka lebih lambat.

7. Delaware

Ini merupakan jenis ayam broiler yang dapat tumbuh lebih baik di alam bebas. Mereka juga dapat bertelur dengan jumlah yang begitu banyak.

Delaware dapat dipanen ketika berumur enam belas hingga dua puluh minggu. Jika Anda menginginkan pemanenan yang cukup cepat, Anda disarankan untuk memelihara jenis McMurray’s Delaware Enhanced Broiler.

8. Buckeye

Ini merupakan jenis ayam broiler yang dapat diternakkan secara berkelanjutan. Mereka mudah beradaptasi dengan iklim yang berbeda. Bahkan mereka sengaja dikembangbiakkan untuk kondisi yang sulit.

Buckeye adalah pemburu yang hebat. Mereka senang hidup dalam kawanan dan berkeliaran di alam bebas.

Mereka mencapai usia dewasa pada hitungan enam belas hingga dua puluh satu minggu. Sayangnya, buckeye membutuhkan waktu yang lama untuk bertelur.

9. New Hampshire Red

New Hampshire Red adalah adalah jenis ayam broiler yang menghasilkan lebih banyak daging, namun bertelur dalam jumlah yang sedikit.

New Hampshire Red berkembang biak dengan baik di mana saja seperti di kandang, padang rumput, dan alam bebas. Mereka mencapai usia dewasa dalam hitungan dua puluh minggu.

10. White Rock

White Rock merupakan pemburu yang hebat. Namun, mereka begitu mudah dikenali oleh pemangsa karena warnanya yang unik. Mereka dapat dipanen ketika memasuki usia dua puluh minggu.

Jadwal Vaksinasi Ayam Broiler

Vaksinasi adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk peternakan ayam broiler. Sebagai peternak, Anda harus memberikan vaksinasi sebagai perlindungan terhadap penyakit. Ini juga bertujuan untuk menghindari kematian dini dan mencegah kerugian finansial yang tinggi.

Vaksinasi juga merupakan praktik kebersihan dan sanitasi peternakan yang tepat. Ini adalah upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit dan cara menghasilkan daging yang aman atau sehat untuk dikonsumsi.

Agar vaksinasi memberikan efek yang baik terhadap ayam broiler, Anda mesti memperhatikan jenis vaksin dan waktu yang telah ditentukan.

  • Hari Pertama : Pemberian vaksin MDV subkutan dan semprotan IB.
  • Hari ke-5 hingga ke-7 : Pemberian vaksin NDV lasota pertama secara oral.
  • Hari ke-14 hingga ke-16 : Pemberian vaksin IBDV pertama secara oral.
  • Hari ke-21 hingga ke-25 : Pemberian vaksin IBDV kedua secara oral.
  • Hari ke-28 hingga ke-30 : Pemberian vaksin NDV lasota kedua secara oral.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *