Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Lumpuh Pada Bebek  

Diposting pada

Bebek adalah salah satu jenis unggas yang jarang sekali terserang penyakit karena daya tahan tubuhnya yang baik.

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Lumpuh Pada Bebek  
Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Lumpuh Pada Bebek

Namun, pada umumnya penyakit yang menyerang bebek adalah penyakit lumpuh disebabkan oleh berbagai faktor.

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Lumpuh Pada Bebek

Berikut ini akan sedikit di bahas Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Lumpuh Pada Bebek, silahkan disimak :

1. Mekanisme

Bebek bisa saja lumpuh karena sebab mekanisme, misal mengalami benturan, terjepit, tertindih sehingga mengalami terkilir dan tidak bisa berjalan.

Biasanya kondisi ini memiliki gejala lain seperti memar pada kaki ataupun pada badan.

Untuk mengatasi kondisi ini maka lakukan pengolesan pada kaki bebek dengan minyak tawon atau sereh.

Namun jika terdapat luka maka anda harus mengeringkan luka terlebih dahulu dengan obat antibiotik dan plester kaki bebek jika kondisinya patah dengan begitu tulang tidak akan bergerak, sebaiknya berilah tambahan asupan fosfor dan kalsium seperti telur dan susu.

2. Kekurangan mineral

Ketika bebek kekurangan mineral maka mereka akan mengalami lumpuh yang ditandai dengan sebelah kaki bebek akan menjulur ke belakang karena pertumbuhan tulang yang abnormal.

Jika bebek kekurangan  mineral terutama Mangan (Mn) dan Kalsium (Ca) maka perlu di beri obat yang mengandung mineral atau suplemen jika kondisi si bebek belum parah.

3. Kekurangan vitamin

Vitamin sangat diperlukan bebek untuk tumbuh kembang, jika mereka kekurangan vitamin terutama vitamin A,D,E,k dan B kompleks maka kelumpuhan akan terjadi.

Selain itu, mereka juga akan mengalami penurunan nafsu makan, sehingga berat badan menurun dan bulu mereka akan ada yang berdiri. Cara mengatasinya dengan memberinya suplemen komplit.

4. Keracunan

Bebek bisa saja keracunan jika mereka memakan bangkai atau pakan yang membusuk yang ditandai dengan gejala pupil membesar dan leher seperti tidak memiliki tulang.

Karena adanya kejadian tersebut bakteri C. Botulinun masuk ke dalam pencernaan bebek sehingga mereka memproduksi racun.

Racun di sebarkan ke dalam tubuh bebek dengan menggunakan pembuluh darah yang nantinya akan melalui beberapa proses sehingga bebek menjadi lumpuh.

Cara untuk mengatasinya dengan memberikan minyak goreng atau air kelapa yang di campur dengan es batu guna mencegah racun menyebar ke seluruh tubuh.

Pemberian minyak kelapa ini menjadikan bebek merasa haus sehingga akan meminum banyak air dan menurunkan kadar air, selain itu air kelapa juga mengandung tanin yang memiliki sifat anti bakteri untuk mengencerkan racun.

5. Tetelo / ND

Bebek juga akan mengalami kelumpuhan jika terserang penyakit tetelo ini yang di tandai dengan leher terpeluntir dan feses memiliki warna hijau campur putih dan cenderung encer.

Guna mengatasinya lakukan vaksinasi ND dan untuk proses penyembuhan lakukan dengan memberikan jamu herbal yang memiliki sifat membunuh virus misal bawang putih dan kunyit.

6. Berak darah atau kokdiosis

Ketika anda menemui bebek dengan kondisi lumpuh atau malas bergerak yang bulunya kusam, kotor dan berdiri sedangkan kotorannya memiliki warna merah darah maka bisa jadi bebek anda sedang terserang penyakit kokdiosis.

Guna mencegah terjadinya penyakit ini maka perlu diadakan sanitasi pada kandang bebek anda karena ketika kondisinya kotor dan lembab maka para bakteri akan betah untuk tinggal. Cara mencegahnya dengan memberinya antibiotik.

7. Berak hijau atau fowl cholera

Jika anda menemui bebek yang memiliki feses berwarna hijau dan bengkak pada sambungan lutut kaki, leleran hidung berarti bebek anda sedang terserang penyakit cholera dan untuk mengatasinya di beri antibiotik koleridin atau neomeditril.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Lumpuh Pada Bebek. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *