10 Jenis dan Cara Mengatasi Penyakit Ikan Louhan

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Jenis dan Cara Mengatasi Penyakit Ikan Louhan? Ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan hias yang terbilang cukup populer di Indonesia.

10 Jenis dan Cara Mengatasi Penyakit Ikan Louhan
10 Jenis dan Cara Mengatasi Penyakit Ikan Louhan

Ikan ini memiliki penampilan yang sangat menawan sehingga banyak diincar oleh para pecinta ikan hias. Namun nilai keindahan ikan louhan akan berkurang jika ikan tersebut terserang penyakit.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memelihara ikan hias yang satu ini, ada baiknya mengetahui penyakit apa saja yang biasa menyerang ikan louhan dan cara pencegahan serta pengobatan penyakit tersebut.

Jenis dan Cara Mengatasi Penyakit Ikan Louhan

Berikut ini berbagai jenis dan cara mengatasi penyakit yang sering menyerang ikan louhan.

1. Jamur

Penyakit yang biasa menyerang ikan louhan salah satunya adalah jamur. Jamur ini dapat menyerang ikan louhan akibat akuarium tempat ikan louhan tersebut tidak terjaga kebersihannya.

Oleh karena itu, sebagai pemiliki ikan hias tersebut, Anda harus rajin memperhatikan kebersihan akuarium dengan cara menguras akuarium tersebut secara teratur atau setidaknya seminggu sekali.

Selain itu, pemberian garam pada ikan juga perlu dilakukan agar ikan louhan tidak mudah terserang jamur.

Hal ini disebabkan karena garam bersifat panas terhadap bakteri maupun jamur, sehingga perkembangan jamur dapat dicegah.

2. Cacat atau Luka

Umumnya, penyakit ini muncul akibat perkelahian karena stress akibat air yang kotor sehingga menyebabkan ikan luka atau bahkan mengalami kecacatan.

Penyakit ini dapat diatasi dengan mengisolasi ikan louhan dalam akuarium khusus dan menggunakan antibiotik untuk mengobati luka pada ikan.

Selain itu, ikan louhan yang mengalami penyakit ini juga harus diberi pakan yang bergizi untuk mempercepat proses penyembuhan.

3. White Spot

Sesuai dengan namanya, penyakit ini ditandai dengan adanya bintik putih pada sisik ikan louhan. Penyakit white spot ini disebabkan akibat jamur yang berlebihan dan merupakan salah satu penyakit yang sulit disembuhkan.

Oleh karena itu, untuk mencegah ikan louhan terserang penyakit ini, ada baiknya untuk menjaga kualitas air yang digunakan di dalam akuarium.

Selain itu, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pemberian garam ikan ke dalam akuarium juga dapat mencegah berkembangnya jamur sehingga ikan louhan juga dapat terhindar dari penyakit white spot ini.

4. Stres

Penyakit stres yang menyerang ikan louhan biasanya ditandai dengan warna tubuh ikan louhan yang memudar secara tiba-tiba, muncul belang hitam dan jenong kempes.

Selain itu, stres juga membuat tingkah laku ikan louhan menjadi pasif. Penyebab ikan louhan mengalami stres beraneka ragam, di antaranya penempatan akuarium yang salah, sorot lampu, pakan yang buruk, takut terhadap musuh hingga warna baju.

Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan memberikan pakan yang sesuai, meletakkan akuarium 80 cm di atas lantai, memisahkan ikau louhan dari ikan lain dan ikan louhan harus dibiasakan menghadapi berbagai macam keadaan agar tidak mudah kaget.

5. Busuk Mulut dan Kembung

Perut membengkak dan berwarna merah merupakan gejala yang terjadi saat ikan terserang penyakit ini. Penyakit ini muncul akibat pakan yang tidak higienis.

Selain itu, pakan yang tidak higienis juga dapat menyebabkan ikan louhan mengalami busuk mulut.

Penyakit busuk mulut dan kembung yang dialami oleh ikan louhan ini dapat diatasi dengan pemberian obat antibiotik, antijamur dan antiparasit.

Penyembuhan ikan louhan dari penyakit busuk mulut dan perut kembung dilakukan dengan cara melakukan terapi pada ikan selama 7 hari di dalam air larutan obat antibiotik.

Selain itu, ikan louhan juga dapat diterapi dengan air hangat dan garam ikan selama 3 hari.

Cara Pencegahan Penyakit Ikan Louhan

Bila ingin peliharaan iklan louhan Anda tidak terserang penyakit hal pertama yang harus dilakukan adalah pencegahan penyakit datang dan menyerang louhan. Berikut adalah beberapa instruksi yang harus dilakukan agar ikan tetap sehat:

1. Perhatikan suhu yang dibutuhkan

Secara umum ikan louhan akan tumbuh dan berkembang baik pada suhu kisaran 23 – 27 derajat celcius. Namun kami menyarankan untuk selalu menjaga suhu dikisaran 26 – 29 derajat celcius.

Pada 26 – 29 derajat celcius merupakan suhu terbaik agar ikan louhan dapat tumbuh dan berkembang secara optimum.

Untuk mengetahui suhu pastikan di kolam atau aquarium dipasang heater dan termometer agar Anda bisa memantau suhu kapans saja.

2. Kondisi Air

Air yang memiliki kualitas yang tidak baik akan banyak menimbulkan masalah kesehatan bagi ikan. Jadi, pastikan air yang digunakan memiliki kualitas yang baik.

pH yang dibutuhkan yakni 6.0 hingga 7,6. Pastikan Anda selalu menguji pH air secara berkala dengan menggunakan pH digital atau sejenisnya.

Perubahan pH secara dratis akan menyebabkan louhan mengalami kondisi yang tidak stabil. Selain pH yang harus diperhatikan adalah tingkat amoniak dimana diharuskan pada angka 0 dan nitrat juga harus 0.

Anda bisa menggunakan alat tester amoniak, tester nitrat dan tester nitrit. Untuk memudahkan dalam melakukan tes alangkah baiknya membeli test kit dimana didalamnya terdapat beberapa jenis test yang dibutuhkan,

3. Filtrasi

Ikan louhan tidak seperti ikan pada umumnya dimana jenis ikan ini sangat membutuhkan asupan oksigen yang cukup untuk bertahan hidup.

Untuk memenuhi hal tersebut tentunya membutuhkan proses filtrasi yang tepat untuk mengalirkan air.

Pastikan aquarium memiliki gelembung yang cukup. Ketahuilah bahwa sistem filtrasi dapat membantumenyaring polutas seperti nitrat dan amoniak yang berada di aquarium.

Saat ini terdapat banyak metode yang bisa digunakan dalam filtrasi. Namun apabila aquarium yang Anda gunakan besar pastikan memakai filtrasi sump filter yang mampu menampung berbagai jenis media filtrasi didalamnya.

Apabila tidak memiliki ruang yang cukup (aquarium kecil) cukup menggunakan filter canister eksternal.

4. Pergantian Air

Hal terpenting lainnya yang harus menjadi perhatian dalam merawat louhan dari serangan penyakit adalah rutinlah melakukan pergantian air.

Jenis ikan ini sangat tidak suka hidup dilingkungan yang kotor. Setiap minggu Anda diharuskan setidaknya mengganti sekitar 30% air aquarium.

5. Makanan

Hal terakhir adalah makanan. Pilihkah makanan yang sehat agar bisa memabntu perkembangan louhan menjadi sehat pula.

Anda harus memberikan makanan dengan jumlah sebanyak yang bisa ikan louhan habiskan dalam beberapa menit dan jangan memberi makanan secara berlebihan sehingga nantinya bisa mengendap di dasar aquarium.

Berilan makan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Apabila terdapat sisa makanan setelah 5 menit diberikan pakan pastikan Anda mengambilnya agar tidak menjadi penyakit.

Demikianlah ulasans ederhana ini mengenai Jenis dan Cara Mengatasi Penyakit Ikan Louhan. Semoga memberikan wawasan untuk kita semuanya.

Baca Juga : Jenis Antibiotik untuk Ikan Louhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *