Perbedaan Ikan Tongkol, Tuna Dan Cakalang

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Perbedaan Ikan Tongkol, Tuna Dan Cakalang? Pengetahuan masyarakat tentang perbedaan beberapa mahluk hidup yang secara kasat mata sama padahal nyatanya berbeda masih sangat kurang.

Perbedaan Ikan Tongkol, Tuna Dan Cakalang
Perbedaan Ikan Tongkol, Tuna Dan Cakalang

Termasuk untuk menilai apakah ikan tongkol adalah ikan yang sama dengan tuna dan cakalang atau ketiganya justru ikan yang berbeda.

Nah, agar kesalahpahaman ini tidak terus berlanjut, maka pada artikel berikut ini akan dijabarkan tentang perbedaan ikan tongkol, ikan tuna dan ikan cakalang.

Semoga apa yang akan dibahas ini bisa menjadi alat untuk membuka cakrawala berpikir supaya lebih luas. Ini perbedaan-perbedaan yang dimaksud:

Perbedaan Ikan Tongkol, Tuna dan Cakalang

Sekilas antara ikan tongkol, ikan tuna dan ikan cakalang adalah satu ikan yang sama. Padahal dari segi morfologi atau ciri-ciri ikan, ketiganya adalah hewan air yang berbeda.

Untuk itu, analisa perbedaan antara ikan tongkol, ikan tuna dengan ikan cakalang lebih banyak diulas dari segi ciri-ciri fisiknya.

Jadi, silakan disimak ini perbedaan-perbedaan morfologi ketiga ikan yang memiliki gizi tinggi ini:

Ciri-Ciri Ikan Tongkol

Untuk mengetahui ciri-ciri ikan tongkol, bisa dilihat dari berbagai perspektif tubuh, baik ciri-ciri tubuh, berat, warna dan selainnya.

Nah, supaya segera mendapatkan pengetahuan yang benar, silakan baca saja list berikut:

1. Tubuh Ikan Tongkol

Ikan tongkol memiliki bentuk tubuh tirus dan sedikit pipih. Sedangkan dari kepala sampai ekor tidak memiliki pengecilan bentuk tubuh yang ekstrem.

Artinya, ikan tongkol masih terlihat ideal untuk kategori ikan yang memiliki ukuran tubuh sedang.

2. Berat Ikan Tongkol

Karena tergolong ikan yang berperawakan sedang, maka bobot ikan ini tidak terlalu berat.

Panjangnya juga ideal yaitu hanya berukuran panjang 60 cm saja. Ini sudah termasuk ukuran yang paling besar untuk ikan jenis ini.

3. Warna Ikan Tongkol

Warna ikan tongkol yang unik terletak di bagian punggung. Yang mana, warna pada bagian ini adalah biru gelap dipadu dengan warna italik. Kalau dilihat secara detil, terlihat ada garis miring tipis yang membelah punggung.

Ciri-Ciri Ikan Tuna

Setelah mengetahui ciri dari ikan tongkol, maka berikut ini akan dijelaskan tentang ciri dari ikan berikutnya yaitu ciri-ciri ikan tuna. Untuk itu, silakan disimak ini ciri-ciri yang dimaksud:

1. Tubuh Ikan Tuna

Ciri ikan tuna yang pertama ialah memiliki tubuh yang cukup besar. Bentuknya sedikit cembung sehingga ikan terlihat unik.

Ikan yang masih bayi memiliki tubuh bongsor dengan capaian bobot mencapai 5 kg. Itu menandakan kalau ikan tuna merupakan ikan terbesar dibandingkan tongkol dan cakalang.

2. Berat Ikan Tuna

Sudah dijelaskan di depan kalau ikan tuna merupakan ikan terbesar di spesies ini. Untuk ikan dewasa beratnya bisa mencapai 35 kg.

Bahkan ada ikan tuna yang beratnya mencapai 350 kg. Bisa dibayangkan betapa beratnya bobot dari ikan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi ini.

3. Warna Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki warna abu-abu pucat dengan warna punggungnya berwarna sedikit gelap. Sisik yang berada di atas punggung ikan berwarna hitam pekat dengan tekstur jarang-jarang.

Ciri-Ciri Ikan Cakalang

Setelah mengetahui perbedaan antara ikan tongkol dengan ikan tuna, berikut akan dijelaskan tentang ciri-ciri ikan cakalang.

Dari analisis formologi inilah nanti bisa disimpulkan perbedaan dari ketiga-tiganya. Ini ciri-ciri yang dimaksud:

1. Tubuh Ikan Cakalang

Ikan cakalang adalah ikan yang memiliki tubuh tidak bersisik. Uniknya, ikan ini memiliki dua sirip terpisah yang mana satu sirip lebih tajam dibandingkan sirip yang lain.

Sedangkan bentuknya sedikit lebih besar dari ikan tongkol tetapi tidak sebesar ikan tuna.

2. Berat Ikan Cakalang

Ikan cakalang tidak termasuk ikan yang super berat. Ukuran terbesar yang pernah ditemukan adalah 18 kg saja yang termasuk bobot ikan perairan median yang ideal.

Sebab ukuran inilah yang menjadikan ikan cakalang sebagai ikan terkecil dari spesies ini.

3. Warna Ikan Cakalang

Warna kulit ikan cakalang lebih terang daripada warna kulit dari ikan tongkol dan ikan tuna. Sedangkan untuk bagian punggungnya memiliki warna biru baja dan sedikit berwarna ungu.

Kalau dilihat sekilas, di bagian punggung ikan terdapat garis memanjang lurus tetapi tidak membelah tubuh.

Perbedaan Habitat Ikan Tuna, Tongkol dan Ikan Cakalang

Sejatinya tidak ada perbedaan yang berarti tentang habitat ikan tuna, tongkol dan cakalang. Ketiga ikan ini berasal dari laut median yang terkadang muncul ke permukaan. Selain itu, ikan-ikan ini menyukai aliran air yang deras dan berarus.

Itulah ulasan singkat tentang perbedaan ikan tuna, ikan tongkol dan ikan cakalang. Semoga apa yang telah dijelaskan ini bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk masyarakat. Terutama yang ingin mengetahui nama-nama biota laut termasuk ikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *