7 Cara Pembenihan Ikan Kerapu Terbukti Berhasil

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Cara Pembenihan Ikan Kerapu? Ikan adalah salah satu jenis hewan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita.

7 Cara Pembenihan Ikan Kerapu Terbukti Berhasil
7 Cara Pembenihan Ikan Kerapu Terbukti Berhasil

Adapun alasan yang membuat orang itu memutuskan untuk mengonsumsi ikan adalah di mana ikan itu kaya akan nutrisi  dan harganya yang jauh lebih terjangkau bila dibanding dengan lauk hawani lain.

Dan tentu saja kita tahu bahwa ikan itu mempunyai banyak jenis. Ada ikan yang bisa dikonsumsi dan ada pula ikan yang tidak bisa dikonsumsi.

Adapun salah satu jenis ikan yang bisa dikonsumsi adalah ikan kerapu. Tentu saja di sini sudah banyak orang yang tahu apa itu ikan kerapu. Namun rupanya masih banyak orang yang belum tahu apa itu ikan kerapu.

Nah bagi orang yang belum tahu tentu akan merasa penasaran dan ingin tahu apa sih yang dimaksud dengan ikan kerapu itu.

Penasaran kan? Maka dari itu yuk kita baca bersama penjelasan yang akan kami jelaskan seperti yang ada di bawah ini.

Baca Juga : Jenis Penyakit Ikan Kerapu

Apa sih ikan kerapu itu?

Ikan kerapu adalah jenis ikan yang banyak hidup di bebatuan atau karang yang ada di laut. Adapun di sini ikan kerapu ini rupanya mempunyai keunikan bila dibandingkan dengan ikan yang lain.

Adapun keunikan yang dimiliki ikan kerapu adalah ikan ini bisa diolah sebagai masakan yang lezat dan ikan kerapu ini juga mempunyai nilai jual yang tinggi.

Ikan kerapu yang kaya akan gizi

Di mana  sudah dijelaskan di atas bahwa ikan kerapu ini adalah jenis ikan yang banyak di konsumsi oleh masyarakat kita.

Dan tentu saja ada alasan yang membuat ikan kerapu ini banyak di konsumsi adalah karena ikan kerapu ini kaya akan kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh.

Lalu pertanyaan apa saja sih kandungan gizi pada ikan kerapu ini?

Adapun di dalam ikan kerapu ini mengandung lemak, sodium, kolestrol, vitamin A, vitamin B6, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi kandungan gizi yang lain yang ada di dalam ikan kerapu.

Cara pembenihan ikan kerapu

Ikan kerapu ini adalah jenis ikan yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Maka tentu saja banyak orang itu merasa tertarik untuk mengembangbiakan ikan kerapu ini.

Sehingga tentu banyak orang yang merasa tertarik untuk mengembangkan ikan kerapu ini. Namun sayangnya di sini tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara pembenihan ikan kerapu.

Anda penasaran kan? Maka dari itu yuk kita baca bersama penjelasan yang akan kami uraikan seperti yang ada di bawah ini.

1. Pemilihan lokasi pemeliharaan ikan

Langkah pertama yang harus dilakukan kita perlu untuk memilih lokasi pemeliharaan ikan kerapu.

Hal itu diperlukan agar nantinya ikan itu bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Dan rupanya di sini tak hanya perlu memperhatikan lokasi pemiliharaan saja.

Namun ada hal lain yang juga perlu diperhatikan. Adapun itu adalah:

  • Air laut itu harus bersih dan tidak tercemar dengan salinitas 28 – 35 ppt
  • Sumber air laut ini bisa di pompa minimal 20 jam per harinya.
  • Memerlukan sumber air tawar minimal 5 ppt.

2. Pemilihan indukan

Sama halnya ketika kita akan melakukan pengembangbiakan hewan lain pada umumnya yang tentu akan ada seleksi indukan.

Demikian juga di sini dengan ikan kerapu juga perlu adanya pemilihan indukan. Adapun pemilihan indukan itu diperlukan dengan tujuan agar bisa mendapatkan hasil yang baik.

Dan yang masuk dalam indukan yang baik adalah  memiliki bentuk tubuh yang normal, seluruh anggota tubuhnya lengkap, dan bebas dari gangguan penyakit.

3. Pemijahan

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah tahap pemijahan. Di mana ikan kerapu ini mengalama perubahan kelamin dari jantan ke betina. Maka dari itu perlu ada pemijahan dengan perbandingan 1:1 dan 2:1.

4. Penangan telur

Selanjutnya untuk langkah  berikutnya adalah penanganan telur.  Di mana pada telur yang bagus dan sempurna itu aka mengapung.

Namun pada telur yang kurang  baik biasanya akan tenggelam. Setelah telur itu dipilih kemudian dimasukan pada kolam dengan suhu normal 29 c. Biasanya telur ini akan menetas dalam waktu 19 jam.

5. Penanganan larva

Kemudian untuk langkah berikutnya  adalah penanganan larva. Di mana selama kurang lebih 2 minggu setelah menetas. Larva itu perlu diberikan makan berupa artemia dengan dosis 1 hari 1.

6. Pendederan

Setelah  itu tahap pendederan. Adapun tahap pendederan itu dimaksud agar menghindari kanibalisme yang tinggi antar ikan kerapu. Di mana semakin sama ukuran ikan kerapu maka kanibalisme itu bisa ditekan.

7. Pemanenan

Dan untuk tahap yang terakhir itu adalah tahap  pemanenan. Di mana ikan kerapu itu bisa dipanen setelah berumur lebih dari 2 bulan.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Kerapu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *