Cara Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina

Diposting pada

Tahukah Anda bagaimana Cara Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina? Hewan Sugar glider adalah salah satu hewan mungil yang semakin hari semakin banyak peminatnya untuk di jadikan sebagai hewan peliharaan.

Cara Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina
Cara Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina

Jadi rasanya sudah tak aneh lagi ketika anda memutuskan untuk menjadikannya hewan kesayangan.

Cara Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina

Bagi pemula yang tidak mengenal Sugar glider pasti akan kebingungan mana Sugar glider jantan dan mana yang betina.

Karena hal itu, di sini saya akan berbagi cara bagaimana membedakan si Sugar glider jantan dan betina, Berikut adalah penjelasannya :

1. Sugar glider jantan

Ketika menjelang umur 5 bulan, Sugar glider jantan akan mengalami perubahan pada fisik, seperti pada bagian kepalanya akan mengalami kebotakan di bagian tengahnya dan akan semakin jelas botak tersebut ketika mereka berumur semakin bertambah.

Kepala botak tersebut dikarenakan mulai tumbuhnya kelenjar bau pada Sugar glider jantan yang terdapat pada kepala dan leher mereka.

Kelenjar tersebut memiliki bau yang menyengat sebagai tanda teritorinya. Ketika mereka mengeluarkan urine, baunya juga sangat menyengat, hal ini untuk menandakan daerah yang dimiliki oleh Sugar gilder jantan.

Mereka juga memiliki  skrotum (ball) atau di sebut dengan dzakar yang ada di bawah perut. Si Sugar glider jantan akan galak lagi ketika mereka memasuki masa ingin kawin atau birahi, walaupun mereka sudah di jinakkan.

Namun setelah masa kawin selesai, mereka akan kembali normal seperti sebelumnya alias jinak, jadi jangan khawatir.

2. Sugar glider betina

Ciri dari Sugar glider betina adalah adanya pouch atau kantung di bagian perutnya seperti kantung yang dimiliki oleh para kanguru.

Menggunakan kantung tersebut para betina ini akan melindungi, menjaga hingga menyusui anaknya ketika anaknya masih menjadi benih hingga membentuk bab Sugar glider.

Bab Sugar glider atau biasa disebut dengan Joey tersebut akan hidup di kantung ibunya atau biasa di sebut dengan in pouch (IP) dan mereka akan hidup di luar kantung atau di sebut dengan Out of Pouch (OOP) ketika mereka mulai berumur sekitar 2 bulanan dan mulai memiliki bulu.

Pada umumnya Sugar glider ini melahirkan 2 ekor baby, namun mereka juga bisa menghasilkan hingga 3 joey. Para Sugar glider betina mereka akan mengalami perubahan karakter ketika hamil dan melahirkan anaknya.

Mereka akan bersikap lebih galak dari biasanya walaupun mereka sudah di jinakkan.

Jadi, jangan kaget ya ketika menemui para betina Sugar glider ini bersikap galak lagi ketika sedang hamil, pasti mereka akan bersikap tidak galak lagi ketika anak mereka sudah besar.

Umum Sugar Glider

Berikut ini adalah umur dari Sugar glider :

1. Sugar glinder dewasa

Sugar glinder memiliki umur sekitar 2 tahun untuk yang jantan pada umumnya sedangkan betina memiliki umur sekitar 7 – 15 bulan.

Pada umur 5 bulan terkadang agar glider jantan sudah mulai kawin yang dikarenakan mereka sudah birahi.

2. Sugar glider remaja

Mereka akan di sebut Sugar glider remaja ketika mereka memiliki umur yang menginjak 2 bulan.

Pada masa ini mereka mengalami masa tumbuh kembang sehingga membutuhkan banyak protein dan nutrisi secara apik dan cukup.

Jika anda memberikan protein dan juga nutrisinya kurang, maka siap – siaplah Sugar glider anda perkembangannya akan tidak sempurna atau berbeda dengan Sugar glider lainnya.

3. Sugar glider bayi atau Joey

Joey memiliki umur antara 0 hari hingga 1,5 bulanan yang mulai dapat di adopsi. Saat usia tersebut mereka harus mulai di pisahkan dari induknya.

Demikianlah penjelasan kali ini mengenai Cara Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina. Semoga bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *