Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Anting Anting

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Anting Anting – Tanaman anting anting merupakan salah satu jenis tanaman yang berbentuk tanaman liar.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Anting Anting
Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Anting Anting

Namun, tanaman anting anting ini dapat dijuluki sebagai tanaman herbal, karena memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, dan ini juga memiliki rasa yang agak pahit.

Jadi, jika anda yang tidak biasa makan-makanan yang pahit rasanya, maka anda jangan mencoba untuk mencicipi tanaman ini.

Banyak orang yang belum mengetahui tentang apa itu tanaman anting anting. Jika anda ingin mengenalnya lebih dalam lagi, maka anda harus dan wajib untuk mencari tahu keberadaan dari ciri-ciri khas yang dimiliki oleh tanama anting anting ini.

Jika anda ingin mendapatkan penjelasannya lebih jelas, maka anda dapat melihat serta menyimak pada pembahasan yang ada dibawah ini.

Klasifikasi Tanaman Anting Anting

Sebelum anda mengetahui tentang ciri-ciri dari tanaman anting anting ini, maka alangkah baiknya anda mencari tahu dengan klasifikasi yang dimiliki olehnya.

Dibawah ini sudah tersedia klasifikasi tanaman anting anting yang diambil dari berbagai sumber yang ada. Mari kita simak pembahasan yang mengenai klasifikasinya seperti berikut ini.

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Trachebionta
  • Divisi – Magnoliophyta
  • Super Divisi – Spermatophyta
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Sub Kelas – Rosidae
  • Ordo – Euphorbiales
  • Famili – Euphorbiaceae
  • Genus – Acalypha
  • Spesies – Acalypha Australis

Morfologi Tanaman Anting Anting

Pada umumnya morfologi yang dimiliki oleh tanaman anting anting ini berupa morfologi yang sangat unik.

Dan, mungkin tanaman yang satu ini akan menampilkan morfologi yang sangat berbeda dengan beberapa morfologi yang dimiliki oleh tanaman jenis lainnya.

Emangnya seberapa unik morfologi atau ciri-ciri dari tanaman anting anting ini? Jika anda ingin mendapatkan informasi yang lebih jelas dari keunikan ciri-cirinya, maka anda dapat menyimak pada ulasan berikut ini.

1. Akar

Nah, untuk ciri-ciri yang pertama agar anda bisa melihat perbedaannya dengan beberapa jenis tamanan lainnya, anda dapat mengetahui tentang akar yang dimiliki oleh tanaman anting anting ini.

Menurut informasi yang ditemukan, akar tanaman anting anting ini termasuk pada akar yang berjenis tunggang. Akar inilah yang akan menyerap zat makanan dan mineral yang ada didalam tanah sehingga proses pertumbuhannya dapat berjalan dengan baik.

2. Batang

Selanjutnya anda juga bisa lihat dari batang yang dimilkinya sehingga anda bisa mengetahui kalau tanaman ini tidak sama dengan beberapa jenis tanaman lainnya.

Secara umum, tanaman anting anting ini dapat bertumbuh hingga ketinggian yang mencapai 1,5 meter. Sedangkan batang tanaman ini akan bertumbuh dengan ketinggian mencapai 30 sampai 60 cm.

Batang yang dimilikinya berbentuk bulat serta berbatang yang kuat dan kokoh, asalkan mendapatkan proses pertumbuhan yang baik.

Pada batangnya terdapat garis yang terlihat memanjang kasar.  Selain itu, batang tanaman anting anting ini memiliki warna yang hijau dan memiliki bulu-bulu yang halus di sepanjang batang yang dimilikinya. Inilah yang membuat batangnya sedikit berbeda dengan batang pada tanaman lainnya.

3. Daun

Daun yang dimiliki oleh tanaman anting anting ini memiliki ciri-ciri yang khas, dimana mereka memiliki bentuk daun yang bulat dan agak sedikit lonjong.

Jika anda mengetahui bentuk dari belah ketupat, mirip seperti itulah bentuk dari daun yang dimiliki oleh tanaman anting anting. Perlu diketahui kalau daun dari tanaman anting anting ini termasuk pada daun yang berjenis daun tunggal.

Daun tanaman anting anting ini berwarna hijau dengan diameter yang panjang mencapai 3 hingga sampai dengan 4 cm dan lebar yang berkisaran 2 hingga 3 cm.

Letak daunnya berselang-seling yang disertai dengan ujung pangkal yang berbentuk lancip. Dibagian tepi daun tanaman anting anting akan terlihat seperti begrgerigi.

4. Bunga

Untuk morfologi yang berikutnya anda bisa lihat dari sisi bunganya. Dimana pada tanaman anting anting terdapat bunga majemuk yang berbentuk bulir, dan diletakkan pada ketiak daun serta ujung cabang yang dimiliki oleh tanaman anting anting.  Bunga tanaman anting anting ini sangat berbeda dengan tanaman-tanaman yang lainnya.

Bunga yang berasal dari tanaman anting anting ini berjenis kelamin tunggal dan berumah satu. Ukuran bunga yang dimilikinya terlihat agak kecil dan berkumpul di suatu rangkaian.

Tentu saja ini menjadi sebuah bunga yang dapat memperlihatkan tanaman anting anting yang memiliki perbedaan dari beberapa tanaman lainnya.

5. Buah dan Biji

Untuk morfologi yang terakhir agar anda bisa mengetahui perbedaan tanaman ini dengan tanaman jenis lainnya, maka anda bisa mengetahuinya dengan melihat ciri-ciri yang dimiliki oleh buah serta biji dari tanaman anting anting ini.

Umumnya, tanaman anting anting tersedia buah dan biji yang cukup unik jika dibandingkan dengan tanaman lainnya.

Mungkin buahnya terlihat sama jika dilihat dari bentuknya, karena buahnya berbentuk bulat seperti tanaman pada umumnya.

Namun, untuk warna buahnya memiliki warna yang hitam dan disertai dengan biji yang berbentuk bulat memanjang serta berwarna coklat.

Nah, inilah yang membuat tanaman anting anting ini sedikit berbeda dengan beberapa tanaman yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *