Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kemangi

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kemangi – Siapa yang sering mendengar nama tanaman ini? Ya, tanaman satu ini merupakan tanaman yang sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kemangi
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kemangi

Bahkan saking tidak asingnya, tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai obat herbal jika terkena flu, batuk, dan sebagainya. Apalagi jika bukan tanaman Kemangi. Tanaman yang merupakan asli dari Aceh, yang sudah melegenda sejak lama.

KLASIFIKASI TANAMAN KEMANGI

Seperti tanaman yang lainnya, tanaman ini juga memiliki klasifikasinya sebagai salah satu tumbuhan yang kaya akan manfaat. Nama latin untuk tanaman Kemangi adalah Ocimum sanctum. Maka klasifikasinya adalah:

  • Kingdom: untuk kingdom sendiri tanaman ini ikut dalam kingdom Plantae
  • Subkingdom: Untuk subkingdom, tanaman kemangi termasuk dalam kategori Tracheobionta
  • Super Divisi: Super divisi tanaman kemangi ini ialah Spermatophyta, sedangkan
  • Divisi: untuk divisi tanaman kemangi ialah Magnoliophyta
  • Kelas: kelas dari tanaman kemangi ialah kategori Magnoliopsida
  • Sub kelas: Sub kelas untuk tanaman kemangi ialah Asteridae
  • Ordo: Ordo dari tanaman kemangi sendiri adalah Lamiales
  • Famili: sedangkan untuk familinya sendiri, tanaman kemangi termasuk dalam kategori Lamiaceae
  • Genus: Genus dari tanaman kemangi ialah Ocimum
  • Spesies: maka tanaman kemangi ini termasuk dalam spesies Ocimum sanctum.

MORFOGI TANAMAN KEMANGI

Tidak bisa dipungkiri bahwasannya tanaman kemangi merupakan tanaman yang ada dan pertama kali muncul di India.

Seiring berjalannya waktu, tanaman ini mulai merambah ke berbagai wilayah di belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Tanaman ini mulai subur dan tumbuh dengan baik di Indonesia, mengingat iklim yang ada sangat membantu tanaman kemangi untuk tumbuh dengan baik.

Karena tanaman ini merupakan tanaman yang terbanyak sebarannya di dunia, maka tidak heran ada begitu banyak peneliti yang membahas mengenai morfologi dari tanaman kemangi. Jadi, morfologinya adalah:

1. Morfologi Batang kemangi

Untuk batangnya sendiri, tanaman kemangi memiliki ciri khasnya. Ialah batang yang memiliki bermacam bentuk, memiliki bulu, serta mempunyai warna yang bervariasi. Kadang bisa hijau, namun ada juga yang berwarna agak keunguan.

Meski begitu, batang dari tanaman ini ialah berjenis dikotil. Seperti yang sudah disinggung bahwasannya tanaman ini memiliki banyak jenis bentuknya.

Ada yang segi empat, bulat, beralur, ada juga yang bercabang, dan sebagainya. Hal ini dilihat dari batang tanaman yang berkayu.

2. Morfologi Bunga tanaman Kemangi

Selain itu, tanaman ini juga memiliki ciri khas unik pada bunganya. Untuk bunganya sendiri, tanaman ini cenderung memiliki bunga yang bergerombol, serta mempunyai mahkota bunga yang berwarna keunguan.

Dan karena bergerombol, biasanya bunga yang demikian tidak berada di satu tempat saja. Bunga dari tanaman kemangi ini ada juga yang berada di batang tanaman tersebut, dan lagi, bergerombol.

Panjang dari bunga tanaman kemangi sendiri sekitar 5 s/d 7 mm, serta mereka memberikan aroma yang sangat khas. Dan karena bergerombol biasanya terdapat berbagai warna yang membuat mereka tampak cantik.

3. Morfologi Daun tanaman Kemangi

Daun dari tanaman kemangi atau nama latinnya adalah Ocimum sanctum ini, memiliki dua jenis warna. Ada yang hijau sampai dengan berwarna kecoklatan.

Daun dari tanaman ini juga memiliki bau yang sangat khas, namun jika digunakan sebagai bahan masakan biasanya akan mengeluarkan rasa yang agak pedas.

Untuk bentuk dari daun kemangi ada beberapa jenis bentuk. Mulai dari lonjong memanjang, atau seperti bundarnya telur namun agak memanjang.

Untuk permukaan dari daun kemangi ialah memiliki rambut yang tipis dan halus. Serta untuk panjang dari daun kemangi sendiri sekitar 2 s/d 7,5 cm.

4. Morfologi Biji tanaman Kemangi

Bentuk biji dari tanaman ini rata-rata berbentu bulat. Sedangkan untuk warnanya sendiri juga rata-rata adalah cokelat. Berat dari biji tanaman kemangi ini sekitar 0,026 gram untuk 100 butirnya.

Makanya tidak heran jika saat panen datang, biasanya para pembudidaya akan mendapatkan setidaknya ada 50 tanaman kemangi yang mulai panen dan siap untuk dimanfaatkan. Ukuran dari biji tanaman kemangi, sekitar 0,1 mm perbutir. Untuk akarnya sendiri, tanaman ini berjenis tunggang.

Lain-lain

Tanaman kemangi di percaya memiliki beberapa kandungan kimia yang baik untuk manusia. Serta bisa menjadi khasiat yang sangat pas dalam menyembuhkan beberapa penyakit seperti flu, batuk, dan sebagainya.

Beberapa bagian tanaman kemangi yang mempunyai kandungan kimia, ialah batang, daun, serta bunga. Untuk kandungan kimia yang paling banyak di tanaman kemangi ini, rata-rata ada pada daun dari tanaman tersebut.

Tanaman ini tidak hanya menyembuhkan beberapa penyakit tersebut, namun tanaman kemangi juga dapat dijadikan sebagai obat herbal anti kanker.

Tanaman ini juga sering direkomendasikan sebagai tanaman yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes, baik sebagai obat, ataupun pencegahan. Sekian pembahasan kali ini.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Kemangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *