Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Dolar

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Dolar? Mungkin tidak semua orang mengetahui tanaman dolar.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Dolar
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Dolar

Apa itu tanaman dolar?

Tanaman dolar atau nama latinnya adalah Zamioculcas Zamifolia merupakan tanaman yang berasal dari benua Afrika tepatnya dari negara Kenya, Zanzibar dan Tanzania.

Tanaman dolar ini cukup unik karena tidak membutuhkan banyak air untuk dapat tetap hidup.

Habitat aslinya yaitu Zamioculcas, hidup di daerah padang rumput yang kering dengan tanah berbatu.

Tanaman ini kurang lebih mirip seperti kaktus dalam hal perawatannya karena tidak terlalu merepotkan.

Tanaman dolar banyak dimanfaatkan orang yang ingin mempercantik rumahnya.

Nah, Tanaman dolar ini hidup dengan cara merambat oleh karena itu sering dimanfaatkan orang pecinta tumbuhan untuk mempercantik dinding halaman rumah sehingga terlihat enak dipandang.

Harga tanaman dolar ini cukup bervariasi tergantung pada ukurannya yaitu mulai dari Rp. 40.000.

Klasifikasi Tanaman Dollar

Tanaman dolar merupakan tanaman import yang mulai dikenal masyarakat Indonesia sekitar tahun 1996.

Sebenarnya di Indonesia sudah ada jenis tanaman dolar versi lokalnya yakni Zamia Zamiifolia namun bedanya adalah pertumbuhannya jauh lebih cepat dan biasanya ditanam di taman karena tanaman dolar lokal lebih bersahabat dengan sinar matahari dibandingkan dengan tanaman dolar import.

Berikut ini adalah klasifikasi tanaman dolar secara lengkap:

  • Tanaman dolar berasal dari kingdom plantae atau tumbuhan
  • Sub kingdom tanaman dolar adalah tracheobionta atau tumbuhan berpembuluh
  • Super divisi dari tanaman dolar adalah spermatophyta atau menghasilkan biji sedangkan divisi tanaman dolar adalah magnoliophyta atau tumbuhan berbunga
  • Tanaman dolar berasal dari kelas magnoliopsida atau berkeping dua dan sub kelasnya adalah dilleniidae
  • Ordo dari tanaman dolar adalah urticales
  • Tanaman dolar berasal dari famili moraceae atau nangka-nangkaan
  • Tanaman dolar berasal dari genus ficus dan spesiesnya adalah ficus pumila L.

Morfologi Tanaman Dollar

Ada beberapa ciri-ciri dan morfologi tanaman dolar yang terbagi atas beberapa kategori yaitu morfologi akar, morfologi batang, morfologi daun, morfologi bunga dan morfologi buah.

1. Morfologi Akar Tanaman Dolar

Sistem perakaran tanaman dolar adalah serabut yang tersebar pada batang tanaman dolar dan akarnya tersebut berwarna cokelat.

2. Morfologi Batang Tanaman Dolar

Batang tanaman dolar berwarna cokelat dengan bentuk bulat serta bercabang banyak. Batang tanaman dolar adalah merayap atau memanjat.

3. Morfologi Daun Tanaman Dolar

Daun dari tanaman dolar adalah tunggal yang letak daunnya tersebut berselang seling.

Daun tanaman dolar berbentuk lonjong, pada bagian tepi daunnya merata, runcing pada bagian ujungnya dan bagian pangkal daunnya.

Bagian daundapat memanjang sekitar 5 cm hingga 15 cm serta lebarnya adalah 2 hingga 7 cm.

Bentuk tulang daun tanaman dolar adalah menyirip dengan bagian permukaan daunnya kasar. Bentuk duan tanaman dolar seperti tebal karena mengandung air.

4. Morfologi Bunga Tanaman Dolar

Bunga tanaman dolar adalah tunggal yang berumah satu. Letak bunga betina tanaman dolar adalah di bawah. Letak bunga jantan tanaman dolar adalah pada bagian atas dan berwarna putih.

5. Morfologi Buah Tanaman Dolar

Bentuk buah dari tanaman dolar menyerupai bentuk gasing yang memiliki diameter 2,5 cm hingga 6 cm. Warna buah tanaman dolar adalah hijau dan bijinya berbentuk bulat serta berukuran kecil berwarna cokelat.

Manfaat Tanaman Dolar

Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias untuk mempercantik taman di rumah, ada beberapa manfaat tanaman dolar yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Mencegah Kanker

Kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan kematian dimana hingga saat ini obatnya belum ditemukan.

Namun, untuk mencegah kanker dapat mengkonsumsi beberapa obat herbal atau obat tradisional salah satunya adalah mengonsumsi daun tanaman dolar.

Tanaman dolar diklaim dapat mencegah kanker karena mengandung antioksidan sehingga dapat mencegah hidupnya sel-sel kanker pada tubuh manusia.

2. Sebagai Anti Bakteri

Tanaman dolar merupakan tanaman yang memiliki senyawa yang bisa menangkal bakteri jahat yang ada di tubuh. Oleh karena itu memanfaatkan tanaman dolar untuk dikonsumsi dipercaya dapat membunuh bakteri jahat pada tubuh manusia.

3. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satu dampak dari radikal bebas terhadap tubuh adalah penuaan dini.

Perlu diketahui bahwa tanaman dolar mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Mengonsumsi tanaman dolar dipercaya dapat menjaga tubuh dari paparan radikal bebas.

4. Memperlancar Pencernaan

Mengonsumsi tanaman dolar dipercaya dapat memperlancar pencernaan bahkan bisa menyembuhkan atau meredakan penyakit diare.

Tanaman dolar aman untuk yang sedang mengalami diare karena tanaman dolar merupakan obat alami yang tidak akan menimbulkan efek apapun bagi tubuh.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di saat pandemi Covid-19 ini, menjaga daya tahan tubuh adalah sebuah keharusan agar tubuh tidak gampang sakit terutama terkena virus Covid-19.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu pola hidup sehat dengan makan yang teratur dan bergizi serta olahrga yang teratur.

Tidak hanya itu, anda juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang dapat menangkal virus-virus salah satunya adalah dengan mengonsumsi tanaman dolar.

Sebagai mana telah disebutkan sebelumnya, tanaman dolar mengandung antioksidan yang bagus untuk daya tahan tubuh.

Demikianlah pembahasan kita dalam kesempatan kali ini tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Dolar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *