Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Uwi

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Uwi – Pernahkah Anda mendengar tanaman uwi? Mungkin, nama ini terdengar asing di telinga sebagian masyarakat kita; namun, bagaimana jika uwi diubah menjadi ubi?

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Uwi
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Uwi

Kami yakin Anda semua pasti mengetahui nama yang satu ini. Ya, ubi merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat amat umum ditanam dan dibudidayakan (khususnya di Indonesia).

Seringkali – jika Anda pergi ke pedesaan atau pasar tradisional – ubi telah menjadi suatu pemandangan yang lumrah atau umum.

Tidak hanya menjadi makanan sampingan, di berbagai daerah di Nusantara ubi menjadi salah satu makanan pokok yang tak bisa lepas dari kehidupan masyarakatnya sehari-hari.

Bahkan, beberapa orang menggunakan ubi sebagai pengganti nasi sebagai salah satu program diet. Ya, ubi memiliki banyak sekali fungsi yang membuatnya disukai oleh berbagai kalangan.

Jika kita melihat di jaman modern ini, kita akan mendapati berbagai olahan makanan yang jauh lebih modern – guna untuk memperlebar minat konsumen yang biasanya hanya terbatas pada orang dewasa dan tua.

Seperti halnya keripik, roti seperti bolu, dan lain sebagainya; dengan menjadikan ubi menjadi makanan olahan yang lebih modern, diharapkan hal ini bisa menggaet minat para anak muda untuk kembali mengapresiasi cita rasa dari ubi.

Nama Latin dari tanaman uwi adalah Dioscorea Alata, dan tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, uwi sangatlah termasyhur dengan kekayaan jenis yang cukup bervariasi. Mari kita ketahui nama-nama species uwi dengan nama Latin mereka.

Ubi-ubi ini merupakan jenis ubi yang telah dikenali sebagai uwi yang dapat dikonsumsi yang tumbuh diberbagai negara dari seluruh penjuru belahan dunia. Ya, tentu saja, ubi tidak hanya tumbuh di Indenesia saja. Mari kita simak bersama:

  • Afrika Barat: terkenal dengan pembudidayaan uwi putih Guinea dan uwi putih; nama spesies dari uwi tersebut adalah Rotundata. Berikutnya adalah uwi dua-belas bulan dan uwi kuning; nama spesies dari uwi tersebut adalah D. Cavenensis. Afrika barat juga membudidayakan uwi buah dan uwi udara; nama spesies dari uwi tersebut adalah D. Bulbifera.
  • Asia Tenggara: terkenal dengan pembudidayaan uwi (dengan berbagai jenis yang berbeda), uwi sayap, dan uwi air; nama spesies dari uwi tersebut adalah Alata. Berikutnya adalah uwi, ubi Bakai, dan sawut; nama spesies dari uwi tersebut adalah D. Pentaphyila.
  • Indo China: terkenal dengan pembudidayaan uwi Asia, gembili, dan uwi kentang; nama spesies dari uwi tersebut adalah Esculenta.
  • Asia Tropika: terkenal dengan pembudidayaan uwi buah dan uwi udara; nama spesies dari uwi tersebut adalah Bulbifera.
  • Asia Tropis: terkenal dengan pembudidayaan uwi rumpun dan uwi pahit; nama spesies dari uwi tersebut adalah Dumetorum.
  • Amerika Selatan: terkenal dengan pembudidayaan uwi India, gadung, dan Yampi; nama spesies dari uwi tersebut adalah Hispida.

Semua itu adalah jenis spesies uwi yang tersebar di seluruh dunia (terutama daerah tropis). Seperti yang kita ketahui, bahwa berbagai daerah memiliki jenis-jenis tertentu yang berbeda-beda dengan daerah lain.

Contoh nyata terdapat pada tanah Jawa; di Jawa, Anda akan mendapati berbagai jenis uwi, seperti: uwi legi, uwi sego, uwi jaran, uwi putih, uwi randu, dan sebagainya.

Klasifikasi Tanaman Uwi

Berikut ini kita akan memperlajari klasifikasi lengkap dari tanaman uwi:

  • Kingdom : Plantea
  • Sub Kingdom : Viridiplantea
  • Infra Kingdom : Striptophyta
  • Super Devisi : Embryophyta
  • Devisi : Tracheophyta
  • Sub Devisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Super Ordo : Lilianae
  • Ordo : Dioscoreales
  • Famili : Dioscoreaceae
  • Genus : Dioscorea L.
  • Species : Dioscorea Alata L.

Setelah ini, kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai morfologi dari tanaman uwi ini.

Morfologi Tanaman Uwi

1. Akar

Akar tanaman uwi tumbu dari dari pucuk umbi pada tanaman ini; akar itu akan bertumbuh panjang hingga mencapai jarak-jarak tertentu.

Setelah mencapai jarak-jarak tertentu (panjang akar), akar tersebut akan mulai tumbuh bercabang-cabang menancap ke dalam tanah.

2. Batang

Pada umumnya, batang tanaman uwi akan tumbuh tegak; tingginya dapat mencapai hingga satu meter, dan setelah mencapai satu meter batang tersebut akan mulai merambat. Batangnya berduri dan berbentuk kotak; bentuk inilah yang membantu dalam proses perambatan dan juga pemanjatan.

Setiap spesies uwi memiliki panjang salur batang yang berbeda, contohnya: pada uwi kentang dan uwi Asia, panjang dari sulur batang tidak pernah melebihi ukuran tiga meter; pada uwi putih dan uwi putih Guinea, panjang sulur batang dapat mencapai hingga kurang lebihnya sepuluh meter.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kentang

Perlu Anda ketahui, umbi pada tanaman uwi pada dasarnya merupakan batang dari tanaman itu sendiri. Pertumbuhan dari umbi-umbi tersebut sangatlah bergantung pada pembudidayaan masing-masing.

3. Daun

Tumbuhan uwi memiliki daun yang dapat dikatakan sederhana (tidak ada yang terlalu istemwa dan mencolok). Daun-daunya dihiasi dengan batang yang panjang, serta berlobi tiga (tersusun dari tiga anak daun lainnya).

4. Buah dan Biji

Buah uwi berbentuk hampir menyerupai bintang yang memiliki tiga ujung; jika buah ini kering, maka secara otomatis ia akan pecah.

Lalu, ukuran biji milik uwi bertekstur keras dan berukuran kecil. Biji-biji ini memiliki sayap yang nantinya berfungsi sebagai alat bantu penyebaran.

5. Bunga

Ukuran bunga milik uwi tergolong sangat kecil – bunga ini-pun sangat jarang muncul pada uwi atau ubi yang telah ditanam, Bunga ini akan memiliki variasi warna dari putih hingga ke cokelat, dan pada uwi, bunga bentina dan jantan ternayata hanya dapat ditemui pada tanaman yang berbeda.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Uwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *