Sarana dan Prasarana Adalah : Pengertian Perbedaan, Fungsi dan Contoh

Dewasa ini, mungkin kamu sering mendengar kata sarana dan prasarana. Entah itu di sosial media, di televisi atau di kampus. Tapi mungkin kamu belum mengetahui dengan pasti apa itu sarana dan apa itu prasarana.

Pengertian Sarana dan Prasarana Perbedaan, Fungsi dan Contohnya
Pengertian Sarana dan Prasarana Perbedaan, Fungsi dan Contohnya

Pengertian Sarana Dan Prasarana

Apa itu sarana dan prasarana? Pengertian sarana dan prasarana adalah dua kata yang memiliki arti hampir sama, namun pada kenyataannya kedua hal tersebut berbeda.

Namun, keduanya memiliki hubungan yang penting sebagai penunjang keberhasilan.

1. Pengertian Sarana

Pengertian Sarana adalah segala sesuatu yang bisa digunakan sebagai media untuk mencapai tujuan.

Jadi lebih mengarah kepada alat atau benda yang digunakan untuk mencapai tujuan.

Misalnya sarana dalam sebuah kantor adalah meja, kursi, komputer dan lain sebagainya.

2. Pengertian Prasarana

Sedangkan prasarana adalah segala hal yang menjadi penunjang dalam perjalanan menuju tujuan tersebut atau sebuah proses. Intinya adalah, prasarana lebih mengarah kepada benda atau alat yang tidak bisa bergerak.

Misalnya adalah dalam sebuah kantor, prasarana dalam kantor tersebut adalah gedung itu sendiri, gudang, laboratorium, toilet, lahan parkir dan lain sebagainya. Itulah sedikit penjelasan tentang sarana dan prasarana.

Pada intinya, sarana adalah hal yang kamu gunakan langsung. Sedangkan prasarana adalah sebagai pendukung dalam sebuah aktivitas atau kegiatan.

Jadi keduanya harus berkaitan dan beriringan agar setiap aktivitas bisa berjalan lancar.

Pengertian Sarana dan Prasarana Menurut Para Ahli

Para ahli, memiliki pandangan tersendiri terkait sarana dan prasarana. Berikut pandangan para ahli terkait sarana dan prasarana:

1. Hamalik

Menurut Hamalik. Sarana dan prasarana merupakan semua bentuk perantara, alat atau media yang digunakan untuk membagikan sesuatu atau ide, agar sampai kepada penerima.

2. Moenir

Menurut Moenir. Sarana dan prasarana adalah segala jenis perlengkapan, peralatan kerja juga fasilitas yang memiliki fungsi sebagai pembantu atau alat utama untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Juga menyelesaikan kepentingan yang berhubungan dengan kerja.

Perbedaan Sarana Dan Prasarana

Setelah memahami pengertian sarana dan prasarana di atas, berikut contoh perbedaan dari sarana dan prasarana dari berbagai segi:

1. Berdasarkan Bentuk

Berdasarkan dari segi bentuk, sarana relatif lebih kecil jika dibanding dengan prasarana.

Mengingat bahwa sarana umumnya bisa digerakkan atau dipindahkan sedangkan prasarana tidak.

2. Berdasarkan Kepemilikan

Berdasarkan kepemilikan, segala alat atau benda yang dimiliki individu, dapat dikatakan sebagai sarana.

Individu dalam hal ini berarti banyak, bisa swasta, perorangan atau pemerintah. Sarana bisa dan bebas digunakan untuk menjalankan aktivitas semestinya.

Namun jika prasarana, sudah pasti dimiliki pemerintah. Prasarana sendiri bisa diartikan faktor penunjang atau alat yang berfungsi mendukung atau sebagai pendukung untuk segala kegiatan yang saling berhubungan.

3. Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsi, sarana berperan sebagai bagian utama atau pemeran utama dalam sebuah proses.

Karena pemeran utama, maka keberadaannya sangat diperlukan untuk mendukung sebuah proses tersebut.

Sedangkan prasarana berfungsi sebagai alat yang mendukung proses tersebut. Agar semuanya berjalan lancar sesuai yang diharapkan, maka sarana dan prasarana harus saling beriringan.

4. Berdasarkan Pengadaan

Berdasarkan pengadaannya, sarana dibiayai penuh dari pihak yang mengadakan aktivitas atau kegiatan.

Namun bisa juga biaya tersebut didapat dari peserta yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Sedangkan prasarana. Dalam pengadaannya, pembiayaan bersumber dari pemerintah sepenuhnya. Biaya tersebut diambil dari APBN, juga pajak yang didapat pemerintah dari wajib pajak.

Yang termasuk ke dalam wajib pajak adalah semua pihak yang mengadakan aktivitas atau kegiatan tersebut.

Yang menggunakan prasarana sebagai alat pendukung sarana aktivitasnya, sehingga bisa berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan.

Fungsi Sarana Dan Prasarana

Sarana memiliki fungsi sebagai bagian utama dalam sebuah kegiatan. Sebagai bagian utama, tentu keberadaan alat tersebut sangat dibutuhkan.

Dalam kegiatan produksi, mesin adalah sarana karena mesin berfungsi menjalankan kegiatan produksi.

Sedangkan prasarana, adalah pendukung utama kegiatan atau aktivitas tersebut, seperti air, listrik, jalan, dan lain sebagainya.

Misalnya dalam sebuah produksi, jalan merupakan pendukung utama dalam distribusi dan listrik sebagai energi produksi.

Sarana tidak harus berupa benda mati. Sumber daya manusia yang terlibat juga merupakan sarana. Karena tanpa manusia yang menjalankannya, aktivitas atau kegiatan tersebut tidak akan berjalan.

Namun untuk prasarana, pasti benda mati. Meskipun ada manusia yang menjalankan atau terlibat dalam mengoperasikan atau menjalankan prasarana tersebut.

Manusia tersebut tetaplah sebagai sarana, sarana dalam kegiatan melaksanakan fungsi prasarana.

Ruang Lingkup Sarana dan Prasarana

1. Mesin Kantor

Ruang lingkup sarana dan prasarana yang pertama adalah mesin kantor. Mesin kantor merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pengolahan, pencatatan, serta penghimpunan bahan maupun pekerjaan kantor baik itu secara mekanik, elektrik, maupun secara magnetik.

Beberapa benda yang bisa dikategorikan sebagai mesin kantor misalnya mesin tik, LCD, laptop, computer, dll.

2. Perabot kantor

Selain mesin kantor, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh kantor juga meliputi perabot yang ada di dalam suatu kantor.

Perabot kantor merupakan benda yang dibuat untuk menunjang pelaksaan kinerja pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan kantor.

Beberapa benda yang bisa disebut sebagai perabot kantor adalah lemari, kursi, meja, rak, serta papan tulis, serta perabot lain yang sekiranya diperlukan.

3. Perlengkapan kantor

Perlengkapan kantor merupakan alat maupun bahan yang diperlukan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor.

Peralatan maupun perlengkapan kantor dibagi menjadi dua yaitu perlengkapan yang dilihat dari bentuknya serta perlengkapan yang dilihat dari penggunaannya.

Perlengkapan kantor dilihat dari bentuknya bisa dibagi lagi ke dalam :

  • Perlengkapan berbentuk buku seperti buku catatan, yaitu buku yang digunakan untuk merekam pekerjaan yang dilakukan oleh pekerjanya. Kemudian ada pula buku agenda surat yang memuat catatan keluar masuknya surat dari perusahaan maupun kantor tersebut. Selanjutnya ada pula buku pedoman organisasi yang memuat panduan yang berkaitan dengan organisasi seperti prosedur pekerjaan, sejarah, struktur, hingga produk ataupun jasa yang diperjual belikan. Tak lupa pula dengan buku tamu yang biasa digunakan untuk mencatat tamu yang datang ke kantor maupun perusahaan.
  • Perlengkapan kantor berbentuk lembaran seperti kertas HVS, kertas karbon, kertas stensil, maupun beragam jenis kertas lain yang sekiranya diperlukan dalam proses penyelesaian pekerjaan dan juga termasuk map, amplop, maupun plastik transparan.
  • Perlengkapan kantor lain yang biasa digunakan yaitu perlengkapan yang bukan lembaran seperti bolpoin, penggaris, penghapus, gunting, pemotong kertas, pelubang kertas dan perlengkapan lain berupa benda bukan kertas yang digunakan untuk menunjang pekerjaan.

Selain dilihat dari bentuknya, perlengkapan kantor juga bisa dilihat dari penggunaannya. Berdasarkan penggunaannya, perlengkapan kantor bisa dibagi ke dalam

  • Perlengkapan habis pakai yang berupa benda yang penggunaannya tidak bertahan lama dan hanya beberapa kali pakai. Benda yang dapat dikategorikan sebagai perlengkapan kantor habis pakai misalnya adalah tinta print, kertas, bolpoin, ataupun pensil.
  • Selanjutnya, kategori perlengkapan yang dilihat dari penggunaannya adalah barang tidak habis pakai yang bisa digunakan dalam waktu yang lama. Beberapa barang yang bisa dikategorikan barang tidak habis pakai yaitu seperti cutter, gunting, stapler, dan benda lain yang bisa digunakan dalam waktu lama.

4. Mesin komunikasi

Sarana dan prasana lain yang dibutuhkan dalam menunjang pekerjaan adalah mesin komunikasi.

Mesin komunikasi termasuk sarana kantor yang digunakan untuk berkomunikasi dalam keperluannya dengan pekerjaan.

Mesin komunikasi tak terbatas dengan telepon baik itu telepon kantor maupun telepon genggam tetapi bisa juga interkom bila memang dibutuhkan atau bila masih menggunakan faksimile maka juga bisa dikategorikan sebagai mesin komunikasi.

5. Interior kantor

Tak hanya berupa benda yang menunjang pekerjaan, tetapi benda yang menjadi interior dan dibutuhkan untuk memberikan kenyamanan suasana dalam kantor seperti interior kantor juga bisa dikategorikan sebagai perlengkapan kantor.

Benda yang dapat dikategorikan sebagai interior kantor dan yang bisa membantu kenyamanan bekerja  misalnya foto presiden dan wakil presiden, bendera merah putih, gambar lambang Negara, lukisan, tanaman hidup maupun tanaman hias untuk memperindah ruangan, ataupun vas bunga.

Selain interior kantor, yang bisa membantu kenyamanan dalam bekerja adalah tata ruang kantor serta penyusunan alat dan perabot yang ada dalam kantor.

Tata ruang dalam kantor juga termasuk dalam sarana maupun prasarana kantor yang perlu dirawat agar tetap memberikan kenyamanan kepada pekerja sehingga pekerja bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Upaya Penyimpanan dan Pemeliharaan

Dengan banyaknya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh perusahaan, tentu yang perlu dilakukan adalah melakukan pemeliharaan  serta penyimpanan sarana dan prasanana dengan tepat.

1. Proses Penyimpanan

Tentunya penyimpanan sarana dan prasarana dilakukan dengan beberapa tujuan yaitu untuk menjaga agar sarana dan prasarana ditempatkan di tempat yang mudah dicari dan tak mudah hilang, kemudian juga untuk menjaga agar sarana dan prasarana tak mudah rusak.

Proses penyimpanan sarana dan prasarana dapat dilakukan dengan cara seperti menyimpan barang berdasarkan jenisnya.

Bila barang tersebut kerap digunakan, sebaiknya menyimpan barang di tempat yang mudah diambil. Kemudian simpan barang di tempat dengan ruangan yang memadai dengan udara yang cukup dan menyimpan dalam dalam keaadaan bersih.

Untuk barang yang dikategorikan sebagai barang berharga, dapat disimpan dalam tempat terkunci dan dipastikan keamanannya.

2. Proses Pemeliharaan

Selain menyimpan sarana dan prasarana secara tepat, perlu juga dilakukan pemeliharaan sarana dan prasarana. Pemeliharaan sarana dan prasana dilakukan berdasarkan beberapa manfaat seperti sarana dan prasarana awet dan tak mudah mengalami kerusakan.

Pemeliharaan sarana dan prasarana dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti melakukan pemeliharaan dengan didasarkan pada jangka waktu tertentu dan melakukan pengecekan secara berkala.

Sarana dan prasarana seperti meja, atau interior perlu pula dibersihkan secara rutin agar tetap terjaga kebersihannya dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Pemeliharaan sarana dan prasarana juga bisa dilakukan berdasarkan jenis barang dan cara pemeliharaan. Tentunya pemeliharaan barang bergerak dan tidak bergerak tentu memiliki cara yang berbeda karena perlu juga diperhatikan peraturan pemeliharaan dari barang tersebut.

Contoh Sarana Dan Prasarana

Untuk lebih memantapkan pemahaman terkait perbedaan sarana dengan prasarana dalam konteks yang lebih luas lagi. Berikut contoh sarana dan prasarana:

  • Contoh Sarana: Rakit, Kapal, Tongkang, Perahu dayung, Helikopter, Pesawat, Kereta api, Becak, Ojek, Bus.
  • Contoh Prasarana: Sungai, Dermaga, Helipad, Bandara, Stasiun, Pangkalan, terminal.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan. Sarana bisa disebut sebagai sesuatu yang digunakan secara langsung dalam suatu aktivitas. Sedangkan prasarana adalah pendukung atas sesuatu yang digunakan secara langsung tersebut.

Tanpa prasarana, aktivitas akan tetap berjalan, namun tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Tanpa prasarana juga, tingkat kesuksesan kegiatan terbilang kecil. Jadi, sarana dan prasarana adalah kesatuan yang harus berdampingan dan tidak bisa dipisah-pisahkan.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Sarana dan Prasarana : Perbedaan, Fungsi dan Contohnya. Semoga bermanfaat.

2 pemikiran pada “Sarana dan Prasarana Adalah : Pengertian Perbedaan, Fungsi dan Contoh”

Tinggalkan komentar