Apa Itu Cetakan DNA?

Diposting pada

DNA yang berada di dalam nukleus ialah sebagai molekul serta untai ganda. Banyak daerah dari DNA ini yang memiliki kandungan gen yang sementara dan yang lain mengontrol ekspresi dari gen.

Apa Itu Cetakan DNA
Apa Itu Cetakan DNA

Di daerah yang memiliki informasi genetik atau gen, sebuah untaian ialah untaian koding dan yang lainnya ialah non koding.

Pengkodean untai yang berasal dari untai non cetakan, tidak akan di salin.

Untai non koding ini sebenarnya ialah cetakan, ini merupakan banyaknya informasi yang digunakan untuk diambil.

Cetakan DNA dan Transkripsi

DNA yang Anda miliki sekarang ini sebenarnya berasal dari infomasi genetik.

Informasi ini akan mengkode instruksi untuk segala fungsi selular. Agar sel yang Anda miliki mempunyai fungsi yang baik, informasi ini haruslah di pindah dari rumah DNA ke sitoplasma.

Dikarenakan DNA tidak mampu meninggalkan inti, terlebih dahulu Anda di haruskan untuk membuat salinan. Hal ini disebut pula sebagai ekspresi gen.

Langkah yang pertama dalam ekspresi gen ialah transkripsi. (Baca juga : Pengertian Transkripsi DNA)

Di dalam proses dari DNA, akan di salin di RNA oleh enzim polimerase dari RNA.

RNA yang di hasilkan ini bisa di simpan, dan digunakan sebagai produk dari gen RNA contohnya RNA ribosom. Hal ini dapat menjadi cetakan sebagai produksi protein yang sering pula disebut sebagai RNA.

Diatas ialah gambaran yang secara menyeluruh dari adanya transkripsi. Sekarang ini coba lihat lebih dalam.

Saat urutan DNA terbaca RNA polimerase, RNA yang untai komplementer serta antiparalel diproduksi. Apa yang di maksud dengan komplementer serta antiparalel?

Urutan nukleotida di dalam untai cetakan yang melengkapi ke untai cetakan. Akan tetapi mereka berjalan justru di arah yang sangat berlawanan seperti antiparalel.

Salinan untai yang cetakannya terbaca oleh ribosom kemudian akan menghasilkan protein di translasi. Mengapa harus menggunakan untai non koding sebagai cetakan?

Saat Anda sebut untai koding jika kita saja tidak mempergunakannya sebagai kode demi produk gen?

Sebenarnya yang kita inginkan ialah protein menjadi salinan pelengkap DNA paralel dengan gen yang kita miliki, dengan demikian salinan cetakan DNA dikarenakan ialah versi yang akan melengkapi namun antiparalel dari koding gen itu sendiri.

Hal ini akan menghasilkan RNA yang di lengkapi dengan DNA dan sejajar dengan adanya gen.

Cetakan DNA Serta PCR

Tahukah Anda apa itu PCR? PCR ini sebenarnya ialah reaksi berantai dari polimerase.

PCR ini ialah teknik yang berada di dalam biologi molekuler. Hal ini sering digunakan untuk memperkuat urutan dari DNA.

Hal ini ialah alat yang begi8u ampuh serta bisa mengambil berbagai salinan gen serta menghasilkan ribuan hingga jutaan salinan. Teknik ini terkenal bahkan selama uji coba OJ Simpson.

Hal ini pula lah di pergunakan oleh para ilmuan forensik demi memperkuat DNA yang berada di dalam sampel darah yang diketemukan di TKP.

Metode ini sangat bergantung dari siklus pemanasan serta pendinginan yang berulang serta campuran bahan-bahan kimia.

Campuran yang berasal dari DNA, nukleotida, enzim, serta primer dan merupakan volume yang jauh lebih kecil. Starter DNA serta semua DNA yang di hasilkan di dalam proses PCR dan digunakan untuk cetakan DNA.

Alasan yang mendukung untuk thermocycling ialah proses yang berada di PRC, ialah proses yang berbeda maka ia akan membutuhkan suhu yang jauh berbeda pula mulai dari memisahkan DNA yang beruntaian ganda hingga menaikkan dan menurunkan suhu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *