Ciri, Makanan, Habitat dan Fakta Anjing Kintamani

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Ciri, Makanan, Habitat dan Fakta Anjing Kintamani? Bagi anda pecinta hewan khususnya anjing, pasti sudah tidak asing lagi dengan anjing kintamani.

Ciri, Makanan, Habitat dan Fakta Anjing Kintamani
Ciri, Makanan, Habitat dan Fakta Anjing Kintamani

Anjing kintamani ini setara dengan anjing chow chow asal China. Sesuai dengan namanya, anjing kintamani berasal dari kawasan Kintamani tepatnya di desa Sukawana, Bali.

Anjing kintamani sangat menggemaskan, tak heran jika anjing kintamani menjadi primadona bagi para pecinta anjing.

Ciri Anjing Kintamani

  • Ukuran tinggi anjing kintamani jantan berkisar antara 45 cm hingga 55 cm sedangkan anjing kintamani betina berkisar 40 cm hingga 45 cm.
  • Anjing kintamani memiliki dahi dan wajah yang cukup lebar, lehernya sangat kuat serta berotot. Ukuran moncong anjing kintamani cukup proporsional dengan ukuran kepalanya.
  • Mata anjing kintamani kira-kira bentuknya mirip kacang kenari berukuran sedang dan kornea matanya berwarna cokelat, namun ada juga yang berwarna hitam.
  • Kebanyakan anjing kintamani berwarna putih namun ada beberapa anjing kintamani yang memiliki bulu berwarna hitam dan cokelat.
  • Warna ujung hidung anjing kintamani berbeda-beda tergantung warna bulunya, misalnya pada anjing kintamani berwarna putih, maka hidungnya berwarna cokelat atau hitam, apabila anjing kintamani berwarna hitam atau cokelat maka hidungnya berwarna hitam, cokelat atau abu-abu.
  • Warna bulu hidung anjing kintamani dapat memudar seiring dengan bertambahnya usia anjing kintamani tersebut.
  • Bentuk telinga anjing kintamani segitiga runcing. Anjing kintamani yang berwarna putih, pada bagian pinggir telinganya berwarna cokelat muda. Telinga anjing kintamani tebal, kuat, tegak serta menghadap ke depan.
  • Bagian punggung anjing kintamani datar dan tubuhnya padat. Ciri khas anjing kintamani adalah rambut krah yang berada di titik tertinggi dari punggung, rambut tersebut oleh warga Bali disebut badong.
  • Kaki anjing kintamani cukup panjang, lurus dan kuat. Bentuk ekor anjing kintamani umumnya melengkung ke arah atas atau disebut dengan full curled. Semakin panjang bulu ekor anjing kintamani maka semakin baik.

Makanan Anjing Kintamani

Memelihara anjing kintamani tidaklah sulit karena tidak perlu diberikanan makanan khusus seperti anjing ras lainnya.

Anjing kintamani dapat diberikan dry food khusus anjing, ketela bahkan nasi. Namun, agar bulu anjing kintamani tidak rontok, hindari pemberian pakan berupa ikan laut.

Terlalu sering memberikan pakan berupa ikan laut dapat menyebabkan kerontokan yang parah pada bulu anjing kintamani.

Habitat Anjing Kintamani

Habitat asli anjing kintamani adalah desa Sukawana, Bangli yang berada di kawasan Gunung Batur.

Di tempat ini anjing kintamani berkembangbiak dan kemudian tersebar di seluruh daerah di Bali.

Desa Sukawana terletak 70 kilometer dari Denpasar. Warga sekitar desa Sukawana menyebut anjing kintamani dengan anjing gombrong karena bulunya yang lebat.

Fakta Anjing Kintamani

Setelah mengetahui informasi mengenai ciri-ciri, makanan dan habitat anjing kintamani maka tidak ada salahnya untuk mengetahui fakta-fakta seputar anjing kintamani. Apa sajakah itu?

1. Anjing kintamani telah diakui oleh dunia

Organisasi internasional untuk perlindungan dan pengembangan semua trah dan galur murni anjing di dunia atau disebut dengan FEDERATION Cynologique Internationale (FCI) mengakui anjing kintamani di bali merupakan satu trah tersendiri anjing asli Indonesia.

Anjing kintamani merupakan anjing trah asli Indonesia yang pertama kali diakui oleh dunia.

Dengan adanya pengakuan ini menunjukkan bahwa Bali memiliki anjing trah asli dengan kualitas tinggi sehingga layak untuk mengikuti kejuaraan-kejuaraan bergengsi baik di bidang nasional maupun Internasional.

2. Anjing kintamani sangat agresif

Anjing kintamani sangat agresif dibandingkan dengan anjing lainnya namun anjing kintamani sangat bersahabat dengan manusia. Jenis Anjing ini agresif kepada anjing lainnya.

Anjing kintamani memiliki sifat teritorial sehingga sangat cocok untuk menjaga rumah. Anjing kintamani juga sangat cerdas dan mudah untuk dilatih.

Tak heran jika anjing ini sangat senang jika diajak bermain oleh manusia. Di habitat aslinya yaitu desa Sukawana, warga yang berprofesi sebagai petani biasanya memanfaatkan anjing kintamani saat beraktifitas di ladang.

3. Bulu Tidak Mudah Rontok

Berbeda dengan anjing pada umumnya, dimana bulunya sangat mudah rontok apalagi jika diberikan pakan yang kandungannya tidak bagus untuk anjing, bulu anjing kintamani tidak mudah rontok.

Oleh sebab itu perawatan bulu untuk anjing kintamani dapat dikatakan mudah, karena anda hanya perlu menyisir bulunya rutin agar rapi.

4. Leluhur Anjing

Fakta selanjutnya adalah leluhur anjing kintamani diperkirakan tiba di Bali sekitar 3000 tahun silam. Berdasarkan hasil penelitian, anjing kintamani memiliki DNA yang sangat mirip dengan DNA anjing dingo Australia.

Anjing dingo Australia merupakan ras anjing yang berasal dari Asia dan diakui oleh AKC. Anjing kintamani itu sendiri dalam pengelompokan sistem FCI termasuk ke dalam grup V karena ciri-cirinya seperti anjing spitz dan tipe primitif seperti anjing chow chow asal China dan anjing basenji asal Afrika Tengah.

Itulah informasi seputar anjing kintamani, apakah anda tertarik untuk memeliharanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *