Jenis Makanan Kucing Siam Terbaik Untuk Pertumbuhan

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Jenis Makanan Kucing Siam Terbaik Untuk Pertumbuhan? Kucing siam merupakan salah satu jenis kucing yang berasal dari Thailand dan merupakan ras kucing pertama yang diakui sebagai kucing berjenis oriental.

Jenis Makanan Kucing Siam Terbaik Untuk Pertumbuhan
Jenis Makanan Kucing Siam Terbaik Untuk Pertumbuhan

Kucing ini sangat mudah di temukan di alam liar di Thailand. Pertama kalinya kucing siam muncul di Eropa yaitu pada saat kucing ini dijadikan hadiah untuk duta besar Britania Raya di Thailand dan kucing siam kian populer hingga ke Eropa pada sekitar abad ke 18.

Bahkan, istri presiden Amerika Serikat, Rutherford Hayes yang menjabat tabun 1877 hingga 1881, memiliki kucing siam.

Ciri Kucing Siam

Tubuh kucing siam ramping, kaki serta ekornya panjang dan warna mata kucing siam adalah biru.

Kucing siam tidak memiliki bulu yang panjang dan ciri yang paling terlihat adalah warna bulu pada bagian kaki, ekor dan wajahnya berwarna gelap yaitu ada yang berwarna cokelat, biru dan lain sebagainya sedangkan bulu pada bagian badannya berwarna terang yaitu putih atau krem dan lain sebagainya.

Bobot kucing siam betina sekitar 5 kg sedangkan bobot kucing siam jantan 4 hingga 7 kg.

Kucing siam jantan dapat bertumbuh hingga 60 cm sedangkan kucing siam betina dapat bertumbuh hingga 53 cm. Seiring dengan pertambahan usia kucing siam, warnanya semakin gelap.

Karakteristik Kucing Siam

Kucing siam merupakan ras kucing yang ramah dan memiliki suara yang bervariasi, ada yang bersuara sangat lembut dan keras.

Jenis Kucing ini memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, sangat lincah serta memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi. Kucing siam juga gampang akrab dengan kucing atau hewan lainnya misalnya anjing.

Jadi apabila anda memelihara kucing siam dan ras kucing lainnya serta anjing di dalam satu rumah maka kucing siam tidak akan stres atau bertengkar.

Berdasarkan hasil penelitian, kucing siam dapat bertahan hidup hingta 13 tahun. Kucing siam dapat memiliki hidup yang panjang bahkan hingga 20 tahun apabila diberikan nutrisi yang cukup dan perawatan yang maksimal.

Jenis Makanan Kucing Siam Untuk Pertumbuhan

Ada beberapa masalah kesehatan yang dapat dialami oleh kucing siam yaitu ginjal, jantung, hernia, kinked tail atau ekor tertekuk dan mata juling.

Namun tidak perlu khawatir karena penyakit-penyakit ini dapat dicegah atau diobati dengan pemberian pakan yang tepat dan perawatan yang tepat.

Makanan kucing pada umumnya terdiri dari 3 jenis yaitu makanan kering, makanan basah dan makanan segar.

Ketiga jenis makanan ini harus diberikan secara seimbang kepada kucing siam agar stamina dan kesehatan kucing siam tetap terjaga.

1. Makanan Kering untuk Kucing Siam

Makanan kering untuk kucing sangat mudah didapatkan di petshop. Namun, jangan memberikan makanan kering dengan harga yang sangat murah karena kandungan nutrisinya biasanya tidak terlalu banyak malah ada beberapa merek makanan kering yang berbahaya untuk kucing karena dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Pilihlah makanan kucing yang mengandung nutrisi yang tinggi dan sesuaikan dengan usia kucing siam anda.

Kucing yang berusia di bawah 1 tahun sebaiknya diberikan makanan kering yang mengandung lemak dan protein tinggi serta kalsium dan vitamin sedangkan untuk kucing dewasa sebaiknya berikan makanan kering yang mengandung 25% protein, 40% lemak dan beberapa % serat, vitamin serta omega 3 dan 6.

Apabila kucing siam berusia di bawah satu tahun maka berikanlah makanan kering yang khusus untuk kitten lalu apabila kucing siam berusia di atas 1 tahun maka berikanlah makanan kering untuk adult.

Sesuaikan juga takaran makanan kering tersebut yang biasanya ada panduannya dalam kemasan.

2. Makanan Basah untuk Kucing Siam

Makanan basah untuk kucing dapat ditemukan dengan mudah di petshop, biasanya dalam kemasan kaleng, ada juga dalam kemasan pouch atau kemasan karton.

Jenis Makanan basah khusus kucing beraneka ragam pilihan rasa yaitu tuna, chicken, meat dan lain sebagainya, ada yang khusus kitten dan ada yang khusus adult.

Sebaiknya, apabila kemasan makanan basah sudah dibuka, segera simpan di lemari pendingin agar kualitasnya tetap terjaga.

Jangan berikan makanan basah yang masih dingin (baru keluar dari lemari pendingin) karena akan mengganggu kesehatan kucing siam anda.

Sebaiknya, pilih makanan basah untuk diberikan kepada kucing siam anda yang mengandung protein minimal 35%, lemak sekitar 15% hingga 25%, kandungan karbohidratnya tidak lebih dari 5%, memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 serta mengandung sedikit taurine (jangan berlebihan).

Zat penting lainnya yang harus ada dalam makanan basah kucing adalah zinc, magnesium, kalsium, fosfor dan kalsium.

Sebaiknya, jangan memberikan makanan basah kepada kucing siam terlalu sering karena akan menyebabkan karies, bau mulut dan menimbulkan bau pada kucing siam anda.

Anda bisa mencampurkan makanan basah dengan makanan kering sesuai takaran saat diberikan kepada kucing siam.

3. Makanan Segar untuk Kucing Siam

Selain memberikan pakan kering dan basah kepada kucing siam, sesekali anda juga dapat memberikan makanan segar kepada kucing siam anda.

Makanan segar yang direkomendasikan untuk kucing siam adalah ayam, salmon, ikan cod, hake dan kalkun.

Sebaiknya jangan diberikan mentah karena khawatir terdapat bakteri yang tidak baik dalam makanan segar tersebut. Rebus makanan segar tersebut atau bisa juga dipanggang terlebih dahulu tanpa diberikan bumbu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *