Ciri, Habitat, Makanan dan Harga Burung Wambi

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Ciri, Habitat, Makanan dan Harga Burung Wambi? Burung Wambi adalah burung kicau yang sejatinya juga menarik untuk dipelihara.

Ciri, Habitat, Makanan dan Harga Burung Wambi
Ciri, Habitat, Makanan dan Harga Burung Wambi

Sebab, selain memiliki ciri-ciri bentuk tubuh yang khas, burung ini juga memiliki suara yang lantang dan tekstur kicau yang unik bervariasi.

Maka dari itu, tidak sedikit orang yang memelihara burung yang kadang juga disebut burung hwamei ini.

Nah, sebelum Anda memelihara burung wambi tidak ada salahnya untuk mempelajari beberapa hal tentangnya terlebih dahulu.

Seperti belajar tentang ciri dan habitatnya, termasuk mengetahui apa makanan beserta berapa harga burung ini di pasaran. Nah, pengetahuan inilah yang mungkin akan mempermudah masyarakat yang ingin merawatnya.

Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai, ciri, habitat, makanan dan harga burung wambi.

Semoga apa yang akan dijelaskan ini bisa menjadi penambah semangat anda untuk memeliharanya dan ini ulasan selengkapnya:

Ciri Burung Wambi

Burung wambi memiliki ciri-ciri pada suara yang khas. Selain bisa bersuara keras dan lantang bahkan terdengar berisik, burung ini juga bisa melantunkan kicau yang berirama.

Istilahnya burung wambi memiliki kemampuan untuk mengkristalkan suaranya terutama ketika ingin menjerat burung yang betina.

Ciri-ciri burung wambi yang berikutnya ialah memiliki kecenderungan bersuara sambil bergerak aktif.

Semakin lantang kicau yang dilantunkan, pergerakan burung juga semakin terlihat bahkan ada kesan melakukan gerakan yang binal alias birahi. Ini juga sebentuk keperkasaan yang ingin ditunjukkan kepada betinanya.

Kalau dari segi ciri-ciri bentuk seakan tidak ada yang istimewa dari burung yang satu ini. Sebab dari segi ukuran hampir sama dengan burung lovebird dan kenari.

Mungkin perbedaan dari bulu saja yang biasanya burung wambi memiliki warna bulu dominan cokelat dengan topeng di bagian kepala melingkari mata.

Habitat Burung Wambi

Burung wambi bukan burung asli Indonesia melainkan burung yang ditemukan pertama kali di Cina. Habitat dari hewan ini berada di hutan terbuka serta lebih sering bersembunyi di balik semak dan belukar. Maka dari itu, sejatinya burung ini memang sulit untuk ditangkap.

Sebagian besar habitat di Indonesia lebih ke daerah yang basah seperti bantaran sungai dan rawa-rawa. Bahkan hewan ini menyukai daerah yang rindang seperti di sela pohon bambu maupun pohon besar yang tinggi menjulang.

Terkadang burung wambi terbang rendah sekadar untuk minum di sungai. Setelah itu, dia kembali ke habitatnya untuk beristirahat dan mencari makan. Masyarakat kadang hanya bisa mendengarkan suaranya saja, karena burungnya sendiri sulit untuk terlihat.

Burung wambi sendiri adalah burung yang hidup berkelompok. Namun sensitifitasnya begitu tinggi terutama ketika berjumpa dengan burung lain yang jauh lebih besar.

Makanya pembudidaya harus berhati-hati ketika di samping sangkar burung terdapat kucing bahkan ular.

Makanan Burung Wambi

Sejatinya burung wambi termasuk hewan pemakan buah seperti pepaya dan mangga. Namun, terdapat beberapa temuan kalau burung ini ternyata juga memakan hewan kecil seperti cacing, ulat, jangkrik, belalang dan hewan lain yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil darinya.

Sedangkan kalau burung ini dipelihara maka si pembudidaya bisa memberikan makanan lain bahkan multivitamin. Sebab, makanan-makanan semacam ini yang akan membuat burung wambi memiliki kicauan lebih lantang dan lebih berirama.

Tidak sedikit pembudidaya yang menjadikan burung wambi sebagai peserta lomba kontes burung kicau. Nah, sebelum dilombakan burung ini harus diberikan vitamin dulu termasuk diberikan makanan jenis kroto.

Katanya, makanan-makanan semacam ini bisa membuat si burung tidak malas untuk berkicau yang merdu.

Harga Burung Wambi

Burung wambi adalah burung kicau yang pernah populer di tahun 90an. Namun hingga saat ini, ternyata masih banyak orang yang memeliharanya karena kicaunya memang khas dan unik. Makanya, harga burung wambi masih cukup stabil dibandingkan burung kicau yang lain.

Harga burung wambi di pasaran untuk anakan berkisar di atas Rp500.000 sedangkan untuk burung wambi jantan yang dewasa ada yang dijual dengan harga 3 juta. Harga-harga semacam ini menandakan kalau burung wambi memang tergolong burung kelas tinggi.

Bagi siapapun yang ingin merawat burung wambi, tentu harus menyediakan budjet sebesar tiga jutaan. Namun, jika ingin merawat dari kecil tentu harganya jauh lebih murah. Yang terpenting si pembudidaya memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan perawatan yang baik.

Populasi Burung Wambi

Burung Wambi termasuk hewan yang dilindungi sehingga tidak boleh diburu dengan sembarangan.

Sayangnya, ternyata masih banyak perburuan liar yang membuat populasi hewan ini semakin mengecil. Jika tidak dilakukan pembudidayaan dengan cepat, tentu lama kelamaan pupulasi burung wambi akan habis alias punah.

Itulah ulasan tentang burung wambi yang perlu diketahui oleh Anda sebelum memeliharanya.

Jadi, semoga apa yang dijelaskan ini bisa menjadi faedah yang besar paling tidak Anda juga merasa berkewajiban untuk menjaga stabilitas alam dengan tetap menjaga jumlah populasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *