Cara Bakteri Membelah Diri

Diposting pada

Tahukah Anda bagaimana Cara Bakteri Membelah Diri? Sel bakteri merupakan klon dari sel induk bakteri tersebut. Waktu yang dibutuhkan untuk generasi di mulai dari saat pembentukan sel bakteri hingga terjadi pembelahan sel memiliki rentang waktu diantara pembentukan sel hingga pembelahan sel, yang dimana rentang waktu tersebut dibutuhkan bagi sel bakteri untuk menggandakan jumlahnya.

Cara Bakteri Membelah Diri
Cara Bakteri Membelah Diri

Berikut merupakan fase-fase dari pertumbuhan bakteri yang mengalami 4 fase, diantaranya : fase lag, fase log, fase diam dan fase kematian.

Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu dimulai dari suplai oksigen, air, ketersediaan nutrisi, keasaman menengah dan suhu.

Suhu maksimal agar dapat terjadinya pembelahan diri pada bakteri yaitu suhu diantara protoplasma menggumpal dan titik beku air.

Selain hal tersebut didalam proses untuk bertumbuh kembangnya, biasanya bakteri membutuhkan beberapa nutrisi untuk tumbuh, dan bakteri biasanya juga membutuhkan bahan organik untuk mereka dapat berkembang biak dan membelah diri.

Bakteri tidak dapat bereproduksi jika tidak adanya ketersediaan air akan tetapi ada juga banyak jenis bakteri yang tidak mampu bertahan di dalam kondisi kering akan tetapi ada juga jenis bakteri yang dapat berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun bertahan tanpa adanya ketersediaan air.

Ketahuilah bahwa Bakteri memiliki dua jenis, yaitu bakteri anaerob dan bakteri aerob. Bakteri aerob ini didalam perkembangannya sangat membutuhkan suplai daripada oksigen sedangkan bakteri anaerob tidak membutuhkan suplai oksigen (bahkan oksigen bagi bakteri anaerob hampir sama dengan racun).

Sebagian besar dari bakteri hidup dan berkembang biak di sebuah lingkungan yang memiliki pH netral atau 7.

Beberapa jenis bakteri seperti Escherichia coli dapat membelah diri disetiap 20 menit jika mereka berada di dalam kondisi yang baik, dan jika suhu di lingkungan mereka ideal disertai dengan tersedia banyak nutrisi maka satu bakteri dapat berkembang biak atau membelah diri menjadi kurang lebih 2 juta bakteri (lebih tepatnya berjumlah 2,097,152) hanya dalam waktu kurang lebih 7 jam lalu satu jam berikutnya, jumlah bakteri tersebut akan meningkat pesat berkali-kali lipat jumlahnya menjadi kurang lebih 16 jutaan bakteri (lebih tepatnya 16,777,216).

Hal tersebut yang menjadi salah satu alasan mengapa disaat manusia cepat terserang penyakit, maka saat itulah mikroba patogen menyerang tubuh.

Bakteri Eschericia coli merupakan bakteri umum yang biasa digunakan sebagai model untuk mempelajari cara bakteri membelah diri.

Baca Juga : Peranan Bakteri

Cara Bakteri Membelah Diri

Pada sebagian kasus, proses membelah diri terjadi pada saat organisme berada di dalam kondisi lingkungan yang menguntungkan bagi si bakteri. Berikut merupakan Cara Bakteri Membelah Diri :

Tahap 1 : Replikasi DNA

Replikasi asam deoksiribonukleat (DNA) ditandai dengan dimulainya proses pembelahan diri. Tahapan ini diikuti dengan pembentukan replikasi gelembung yang memisahkan untaian pada rantai DNA.

Secara umum semua rantai DNA memiliki tugas sebagai tempat untuk sintesis yang berasal dari untaian pelengkap. Setelah itu, materi genetik DNA kemudian diduplikasi.

Tahap 2 : Pembesaran Sel Induk

Pada tahapan kedua ini proses pembelahan bakteri adalah pembesaran sel induk dan pertumbuhan. Setelah terjadinya duplikasi DNA, sel induk daripada bakteri siap untuk bereproduksi melalui proses pembelahan diri.

Dalam proses persiapan , sel induk yang terdapat pada bakteri mengalami perkembangan menjadi besar.

Pada saat itu jugalah dua rantai DNA akan berpindah kemudian masing-masing dari untaian rantai DNA  tersebut akan melekatkan diri kepada kedua ujung membran plasma yang berbeda.

Tahap 3 : Pemisahan DNA

Setelah tahap ketiga, sel tersebut kemudian akan memanjang dan saling terpisah pada dua kutub yang berlawanan. Lalu, sebuah selaput batas terbentuk melintang dalam sel.

Membran sel yang meluas lalu terbagi menjadi dua. Pemisahan dua kromosom tersebut yang terjadi pada tahap ini. Tahap ini juga dikendalikan oleh kelompok protein yang terbentuk di dekat tempat terjadinya pembelahan.

Tahap 4 : Memisahkan Diri

Seiring terjadinya pertumbuhan membran sel, akan terbentuk pula dinding sel yang baru.

Tahap akhir daripada proses membelah diri ini yaitu pemisahan sel induk menjadi dua sel anak yang identik yang dimana masing-masing memiliki kromosom yang sama.

Baca Juga : Pengertian Organ Reproduksi Ternak Jantan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *