Cara Membuat Pakan Lele dari Kotoran Kambing

Diposting pada

Bagaimana cara membuat pakan lele dari kotoran kambing? Pakan merupakan faktor yang sangat penting di dalam membudidayakan ikan. Jika kamu ingin bisnis ikanmu meningkat, maka kamu harus memberikan pakan yang berkualitas.

Cara Membuat Pakan Lele dari Kotoran Kambing
Cara Membuat Pakan Lele dari Kotoran Kambing

Saat ini, jenis budidaya yang populer adalah budi daya ikan lele. Salah satu alasan membudidayakan ikan lele karena ikan ini cepat tumbuh serta penjualannya yang cenderung stabil.

Berkaitan dengan pakannya, kamu bisa membeli pakan ikan lele yang tersedia di  pasaran. Namun tidak ada salahnya jika kamu membuat pakan ikan lele sendiri.

Selain kamu bisa mengetahui bahan-bahan yang kamu gunakan, membuat pakan ikan lele secara mandiri juga mampu meningkatkan kemampuanmu dalam budi daya ikan.

Ada beberapa bahan yang bisa kamu  gunakan. Salah satunya adalah kotoran kambing. Untuk membuat pakan lele dengan memanfaatkan kotoran kambing juga mudah.

Selain itu, cara ini juga menguntungkan karena tidak memerlukan biaya yang mahal. Dengan kata lain, membuat pakan ikan dengan menggunakan kotoran kambing akan lebih hemat dari sisi ekonomi.

Kotoran kambing juga termasuk bahan yang mudah didapatkan. Bahan alami yang satu ini mampu meningkatkan mikro plankton dengan cepat.

Cara Membuat Pakan Lele dari Kotoran Kambing

Jika kamu tertarik untuk membuat pakan lele dari kotoran kambing, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan kami berikan di bawah ini.

Bahan yang Dibutuhkan

Kotoran kambing yang merupakan bahan utama pakan lele tidak langsung kamu berikan ke lel. Hal ini karena di dalam kotoran tersebut masih terkandung bakteri berbahaya serta tidak bisa memicu pertumbuhan dari mikroorganisme bak di kolam lele. Adapun bahan-bahan yang kamu siapkan untuk membuat pakan lele antara lain:

  • Kotoran kambing yang sebelumnya sudah dikeringkan kurang lebih satu Minggu
  • Karung atau paranet
  • Tabung atau jerigen
  • Bekatul
  • Limbah sayur atau dedaunan
  • 1 liter EM-4
  • 2 liter tetes tebu, gula pasir, atau gula merah (kamu bisa memilih salah satunya)
  • 10 sampai dengan 20 liter air

Langkah Pembuatan

Setelah menyiapkan seluruh bahan-bahannya, maka sekarang adalah proses pembuatan pakan lele dari kotoran kambing. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Menyiapkan Wadah

Wadah di sini nantinya kamu gunakan sebagai tempat kotoran kambing selama proses pembuatan menjadi pakan ikan lele.

Usahakan ukuran wadah yang kamu siapkan tersebut sesuai dengan berapa banyak kotoran kambing yang kamu gunakan.

Kamu  bisa menggunakan wadah seperti jerigen, tabung, maupun wadah lainnya.

2. Campurkan dengan Gula Merah, Air, dan EM-4

Setelah menyiapkan wadah, langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah membuat senyawa baru dari beberapa bahan seperti gula merah yang kamu campurkan dengan EM-4.

Kedua bahan tersebut juga harus dilarutkan dengan air secukupnya. Ingat bahwa takaran kedua larutan tersebut tidak boleh sembarangan.

Kamu harus menambahkan EM-4 sebanyak 20 ml pada setiap 1 liter. Kemudian kamu perlu mendiamkan kurang lebih 120 menit dengan pemasangan aerator.

Sekadar informasi bahwa EM-4 adalah probiotik yang sangat bermanfaat di dalam proses fermentasi. EM-4 berperan untuk menambah kandungan gizi, terutama protein pada pakan ikan lele.

Semenara itu, gula merah digunakan untuk memperbaiki kualitas habitat lele karena mampu menghambat bakteri patogen.

Dengan begitu, lele tidak akan mudah terserang penyakit serta terhindar dari stres.

3. Campurkan Semua Bahan

Cara ketiga adalah kamu harus mencampurkan semu bahan. Campurkan bahan-bahan seperti kotoran kambing, dedaunan, serta bekatul dalam satu wadah.

Pastikan bahwa kotoran kambing sudah dalam kondisi tidak berbau serta memadat. Kamu juga harus menambahkan larutan yang sebelumnya sudah kamu buat pada langkah sebelumnya.

Aduk semua bahan tersebut sampai merata. Cukup aduk secara perlahan. Proses pengadukan ini akan menghasilkan plankton yang nantinya akan mudah dicerna oleh lele.

4. Menutup serta Menyimpan Wadah

Setelah proses pencampuran seluruh bahan selesai, maka sekarang kamu harus menutup wadah tersebut. pastikan menutupnya secara rapat.

Kamu bisa menggunakan plastik untuk membuat ruangan yang ada di dalamnya kedap udara. Kemudian wadah tersebut harus kamu simpan di tempat teduh dan jangan sampai terkena sinar matahari.

Tunggu selama kurang lebih seminggu sebelum nanti kamu mengaduknya kembali. Jangan lupa menutup wadahnya kembali menggunakan plastik.

5. Pemberian Pakan

Setelah menyelesaikan proses fermentasi kurang lebih 14 hari, bakteri yang terdapat di dalam kotoran kambing sudah tidak berbahaya lagi. Kamu sekarang bisa memberi pakan lele dengan pakan dari kotoran kambing tersebut

. Lele yang ukurannya sekitar empat sampai 6 sentimeter bisa kamu beri pakan dengan beberapa cara:

  • Letakkan pakan di paranet maupun wadah yang kamu kaitkan dengan tali
  • Kamu juga bisa menempatkan pakan pada karung dan kamu masukkan langsung ke kolam ikan lele

Kamu bisa memilih salah satu dari kedua cara di atas. Kamu bisa memanen ikan lele setelah kamu beri pakan kurang lebih 2 bulan.

Baca Juga : Cara Memilih Induk Ikan Lele Yang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.