Ikan Oscar : Ciri, Jenis, Sifat dan Keunikan

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Ciri, Jenis, Sifat dan Keunikan Ikan Oscar? Mengenal ragam ikan hias selalu berhasil membuat kita takjub akan pesona warna, bentuk, keunikan dari setiap masing-masing ikan.

Ikan Oscar : Ciri, Jenis, Sifat dan Keunikan
Ikan Oscar : Ciri, Jenis, Sifat dan Keunikan

Seperti halnya ikan oscar terkenal dengan corak pada tubuhnya, sifat cenderung galak/predator yang cedas. Meskipun begitu ikan ini justru tidak sepih peminatnya, bahkan semakin banyak orang yang ingin memeliharanya.

Bagi Anda yang berminat untuk memelihara jenis ikan ini, tentu harus mengetahui lebih dalam mengenai ciri-ciri, jenis, sifat dan keunikan pada ikan oscar. Nah, Jika Anda penasaran yuk langsung simak ulasannya berikut.

Ciri-Ciri Ikan Oscar

Ikan oscar memiliki nama latin Astronotus Ocellatus merupakan spesies dari keluarga cichlid yang berasal dari Amerika Selatan.

Bentuknya termasuk cukup besar dan berwarna gelap dengan corak bintik kuning cincin pada batang ekor dan sirip punggung. Ikan ini bisa tumbuh mencapai panjang sekitar 45 cm (18 inci), berat 1,6 kilogram (3,5 lb).

Rata-rata ukuran spesies ikan ini maksimal 30 cm apabila dalam lingkungan barunya atau dalam penangkaran. Morfologi ikan oscar tubuh lonjong dan besar, bibir tebal, bagian gigi ikan ini terletak di belakang mulut.

Tergolong ikan yang kuat dalam hal menggigit mangsa atau musuhnya ketika merasa terancam, mereka akan menggigit dengan penuh semangat.

Jenis ini memiliki gigi faring terdapat pada tenggorokan dan gigi rahang sangat kecil. Berfungsi untuk mencengkeram, sedangkan gigi tenggorokan memproses dan memanipulasi mangsanya.

Ketika spesies ikan ini tumbuh remaja akan menunjukkan pita atau garis bergelombang warna putih dan orange serta bintik-bintik pada bagian kepala ikan tersebut.

Tahukah Anda bahwa ikan oscar yang dalam penangkaran atupun pada habitat alam memiliki kemampuan mengubah warna mereka secara cepat.

Hal ini ketika mereka menjadi teritorial, agresif atau kondisi ikan sangat stres. Dari semua itu, jenis ikan ini termasuk mudah untuk dipelihara, karena dapat bertahan hidup dalam segala kondisi air.

Namun, untuk pertumbuhannya lebih baik pastikan kondisi suhu antara 26-30 derajat celcius.

Spesies ikan ini hidup bergerombol pada air yang tenang dan bersih, sebaiknya apabila Anda memelihara dalam jumlah banyak. Pastikan bahwa ukuran akuarium telah sesuai dengan jumlah ikannya, agar bisa tumbuh dengan baik.

Selain itu, Ia tergolong hewan karnivora dan memakan beberapa jenis ikan kecil pada habitat aslinya. Ikan ini juga terkenal dengan sebutan ikan predator sebab sering memakan ikan kecil lainnya.

Jika Anda memelihara ikan ini berikan makanan yang cocok untuknya seperti jentik nyamuk, ikan kecil.

Agar menghasilkan dengan kualitas warna yang baik dalam pemeliharaan tempat akuarium. Pastikan makanan untuk ikan ini yang mengandung zat chitine, biasanya terdapat pada hewan-hewan yang memiliki cangkang. Misalnya udang kali, kutu air dan rayap.

Ikan hias ini bisa menjadi hewan peliharan ataupun sebuah peluang usaha yang baik memiliki nilai ekonomis. Selain bentuk dan warnanya yang sangat indah, jenis ikan oscar merupakan salah satu jenis ikan langka. Oleh karena itu, memeliharanya akan memiliki keuntungan ekonomi.

Hal terpenting untuk membudidayakan ikan hias oscar yaitu mengetahui bagaimana tekniknya.

Teknik yang Anda kembangkan sangat penting untuk menentukan hasil atau tidak sebuah budidaya ikan oscar tersebut.

Untuk itu, pastikan Anda memahami benar tentang habitat asalnya, tingkah laku dari jenis ikan tersebut.

Jenis-Jenis Ikan Oscar

Ikan oscar terkenal sebagai hewan peliharaan akuarium yang memiliki kecerdasan lumayan.

Bukan hanya itu faktanya ikan ini juga mempunyai berbagai macam jenis dengan keindahan warna dan bentuk.

Pada awalnya hanya terdiri dari 3 jenis yang asli dan selebihnya merupakan hasil persilangan dengan ikan lain.

Ataupun dari perkawinan ketiga jenis tadi. Berikut beberapa jenis-jenis ikan oscar yang paling banyak dipelihara oleh pencinta ikan hias, antara lain.

1. Oscar Tiger

Jenis yang pertama yang paling banyak peminatnya adalah oscar tiger untuk membedakannya dengan melihat warna pola bagian kulit ikan.

Oscar tiger ini memiliki warna yang terkesan garang seperti menyerupai harimau, karena warnanya hitam dengan pola kemerahan atau orange terang.

Oscar jenis tiger ini bisa memiliki panjang tubuh mencapai hingga sekitar 30-40 cm dan termasuk dalam kelompok oscar murni.

Artinya bukan dari hasil persilangan ikan satu dengan ikan lainnya. Oscar tiger merupakan jenis ikan yang memiliki sifat yang agresif dan lebih sering menyendiri.

2. Oscar Red

Oscar jenis red ini memiliki keunikan tersendiri pada bagian warna siripnya. Pasalnya warna sirip pada oscar red dapat berubah menjadi hitam seiring bertambahnya usia dari ikan tersebut.

Pertumbuhan panjang ikan ini dapat mencapai sekitar 30-40 cm namun, seiring waktu bisa berkembang hingga sepanjang 50 cm dalam 10 tahun.

Tentu dengan mendapatkan perawatan yang baik mulai dari pakan, suhu, kondisi air yang mendukung pertumbuhan oscar red.

Jenis ikan ini termasuk cukup populer di Indonesia. Sehingga untuk mendapatkannya cukup mudah karena banyak terdapat pada toko-toko ikan hias.

3. Oscar Albino

Selanjutnya jenis ikan oscar yang tidak melalui persilangan atau jenis asli yaitu oscar albino. Persis dengan namanya albino, maka seluruh tubuhnya berwarna putih dan terdapat pola warna orange atau merah.

Hal yang menarik dari oscar albino adalah polanya, karena berbeda dengan jenis ikan pada umumnya.

Sehingga membuatnya lebih unik dan sangat terkenal daripada yang lain. Hal inilah yang membuat jenis oscar ini tergolong paling mahal. Bukan hanya dari warna tubuh oscar albino menarik saja.

Namun juga dari cara budidaya ikan oscar yang satu ini termasuk cukup sulit, menjadikan populasinya sedikit bahkan cenderung langkah.

4. Oscar Batik

Kebanyakan orang mengira oscar batik memiliki kemiripan dengan oscar tiger, tetapi pada dasarnya kedua jenis tersebut sangat berbeda.

Oscar batik memiliki warna dengan corak yang hampir sama dengan tiger. Namun, dari segi ukuran cukup jauh berbeda sehingga tidak heran banyak yang mengatakan kedua jenis ini berasal dari kawin silang yang sama.

Tetapi, warna corak batik lebih dominan ke arah warna hitam tentu dengan pola bintik-bintik orange.

Mungkin karena inilah sehingga banyak dari orang menganggap mirip seperti oscar tiger yang memiliki pola warna orange. Jika melihat lebih dekat pasti akan terlihat perbedaannya.

Sifat dan Keunikan

Mungkin penjelasan di atas sedikit menggambarkan ikan oscar secara umum. Oscar termasuk dalam ikan cerdas dan memiliki kepribadian yang cukup unik.

Dalam masa perkembangan juga terbilang cepat hingga ukuran maksimum 30 cm pada habitat barunya (penangkaran).

Jenis ikan ini tergolong predator yang bisa memakan ikan lainnya berukuran lebih kecil darinya. Apabila Anda ingin memeliharanya pastikan tidak ada jenis ikan lain dalam satu akuarium.

Kemungkinan akan berkelahi dan menjadi santapan, jika Anda mencampurkan ikan oscar dengan jenis ikan kecil atau predator lainnya.

Habitat asalnya pada sungai yang memiliki dasar berpasir batu dan terdapat akar-akar poho sekelilingnya.

Jadi pastikan Anda bida menyesuaikan kondisi lingkungan alaminya pada akuarium dengan memilih aksesoris akuarium yang sesuai. Makanan bagi jenis ikan ini harus yang masih hidup seperti udang kecil ataupun ikan kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *