Ikan Lemon : Ciri, Karakteristik, Habitat dan Jenis

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Ciri, Karakteristik, Habitat dan Jenis Ikan Lemon? Siapa yang tidak kenal dengan jenis ikan hias satu ini, pasalnya sering kita lihat pada toko-toko aquarium.

Ikan Lemon  Ciri, Karakteristik, Habitat dan Jenis
Ikan Lemon Ciri, Karakteristik, Habitat dan Jenis

Ikan lemon dengan nama latin neolamprologus leleupi adalah jenis ikan hias terkenal memiliki warna yang cantik.

Sesuai dengan namanya Ia memiliki warna kuning cerah yang mendominasi pada seluruh bagian tubuh dari ikan tersebut.

Alasan utama orang memelihara jenis ikan hias ini salah satunya karena warna yang menarik. Kuning cerah identik dengan keceriaan, sehingga membuat siapa saja melihat ikan lemon akan merasakan energi postifnya.

Dengan memelihara jenis ikan hias ini tentu akan memberikan kesenangan tersendiri melihat warna-warninya.

Tetapi sebelumnya cari tahu dulu mengenai karakteristik dan ciri-ciri, habitat serta jenis ikan lemon. Hal ini dapat membantu Anda untuk bisa memahami tempat tinggal aslinya.

Supaya ketika Anda memelihara ikan ini bisa menyesuaikan dengan habitat asalnya.

Tentu dengan tujuan agar cepat beradaptasi pada lingkungan barunya untuk itu, Anda harus paham mengenai siklus hidup dari ikan ini.

Ciri dan Karakteristik

Ikan lemon memiliki ciri khas dari warna kuning cerah pada seluruh tubuhnya seperti warna kulit lemon.

Bentuk dari lemon cichlid pipih memanjang, bagian kepala sedikit memanjang ke atas, bagian mata besar dan bulat, bentuk mulut cukup lebar.

Warna kuning cerah mendominasi, namun terdapat sedikit warna hitam pada sisi atas sirip ikan lemon.

Selain itu, bentuk sirip jenis ikan ini tergolong cukup lengkap seperti dua sirip utama berukuran sedang yang terletak pada bagian insang.

Terdapat juga dua sirip yang terletak bawah dekat ekor. Sirip yang berada di atas yang tumbuh mulai dari bagian punggung hingga mendekati ekor ikan.

Bentuk ekor lemon cichlid agak lebar namun tidak memanjang seperti kipas.

Ikan lemon tergolong dalam ikan agresif dan cenderung buas, sehingga Anda tidak boleh memasukkan semua jenis ikan dalam satu akuarium. Karena ada beberapa jenis ikan yang tidak dapat bersama ikan lemon dalam satu wadah.

Habitat Ikan Lemon

Lemon cichlid merupakan ikan endemik yang berasal dari perairan Afrika tepatnya pada daerah selatan ialah danau Tangayika.

Habitat asalnya ikan lemon menghuni perairan yang memiliki kadar pH 7.5-8 dan suhu 24-26 derajat celcius. Jenis ikan ini mempunyai daya tahan hidup yang cukup baik sekalipun berada diluar habitatnya.

Tergolong ikan karnivora dengan memakan berupa organisme zoobenthic, copepoda dan serangga air. Ikan ini mampu bertahan hidup pada permukaan perairan ataupun perairan yang dalam.

Habitatnya sering juga menemukan ikan lemon pada tingkat kedalaman 5-40 meter sepanjang garis pantai sisi timur dan barat danau.

Jenis Ikan Lemon

Meskipun masih dalam satu spesies, ikan hias ini memiliki beragam jenis dan warna yang berbeda-beda pada setiap jenisnya. Ada beberapa jenis ikan lemon yang tidak kalah mengesankan antara lain.

1. Electric Yellow Cichlid

Ikan ini memiliki warna kuning cerah layaknya buah lemon. Bagian siripnya terdapat pola horizontal yang berwarna hitam.

Karena warna yang cantik menjadikan jenis ikan electric yellow cichlid favorit banyak orang. Namun, karakternya cukup kanibal terhadap ikan lainnya.

Pastikan untuk menempatkan ikan ini ke akuarium khusus dan menjaga kadar pH air agar tidak terlalu asam.

Selain itu, atur suhu yang hangat agar ikan tumbuh dengan baik dan sebaiknya atur juga jumlah ikan dalam akuarium.

2. Trewavas Red Finned Cichlid

Untuk jenis ini memiliki warna biru dengan corak merah pada seluruh badannya, bagian siripnya berwarna hitam.

Karena warna biru yang lebih mendominasi, ikan trewavas red finned cichlid terkenal dengan sebutan jenis ikan lemon biru. Panjang ikan ini bisa mencapai sekitar 11,7 cm.

3. Livingstoni Cichlid

Ikan ini tergolong cukup unik dan berbeda dengan jenis sebelumnya. Karena ikan livingstoni cichlid bisa berkamuflase mengubah warna kulit dan wujudnya tergantung dari lingkungan sekitar tempatnya tinggal.

Meskipun sering berkamuflase akan tetapi warna umum pada ikan ini yaitu putih dengan corak hitam.

Bagian siripnya berwarna orange, biru dengan corak putih. Kemampuan dalam hal kamuflase membuat jenis ini menjadi pilihan banyak orang sebagai ikan hias dalam akuariumnya.

4. Malawi Eyebiter

Jenis ikan lemon ini memiliki panjang tubuh mencapai 20-25 cm, tentu paling besar daripada sebelumnya.

Ikan malawi eyebiter tergolong dalam ikan predator. Panjang rahang pada ikan ini cukup besar hingga dapat mencapai sepertiga dari tubuhnya.

Ikan malawi eyebiter memiliki nama latin dimidiochromis compressiceps. Habitatnya pada danau Malawi. Ciri khas jenis ikan ini yaitu warna puih perak dan terdapat garis horizontal lurus berwarna coklat pada seluruh bagian tubuhnya.  

Garis coklat pada ikan malawi mulai dari ujung mulut hingga ekor. Karena tergolong ikan predator, jika Anda memelihara ikan ini sebaiknya tempatkan secara khusus dan pastikan terpisah dengan jenis ikan lainnya.

5. Venustus

Sebenarnya ikan venustus hampir sama dengan ikan malawi eyebiter. Keduanya itu termasuk jenis predator yang sering memakan ikan kecil lainnya.

Nama latin ikan venustus yaitu nimbochhromis venustus. Panjangnya bisa mencapai sekitar 20-30 cm sama besarnya dengan ikan malawi eyebiter.

Ciri khas ikan venustus berwarna kuning kehijauan dengan corak coklat pada bagian tubuhnya. Pada ikan pejantan terdapat corak biru bagian kepalanya.

Hal ini sangat mudah untuk membedakan antara ikan betina dan ikan pejantan hanya melihat dari warnanya saja.

6. Red Empress

Ikan red empress memiliki nama latin protomelas taeniolatus. Jenis ikan lemon ini sangat terkenal dan biasanya terdapat di toko ikan hias.

Ikan red empress memiliki warna yang sangat cantik, selain itu juga populer dengan sebutan nama lain adalah Spindle Hap.

Jenis ini memiliki warna seperti pelangi, sehingga banyak orang yang menyebut ikan sebagai ikan rainbow.

Cara memelihara ikan red empress hampir sama dengan jenis ikan lainnya. Tentunya Anda harus menyediakan akuarium yang besarnya sesuai ukuran dari ikan hias tersebut.

Pastikan juga memberikan pakan yang berkualitas berupa udang air asin dan cacing sutera, kutu air pelet. Untuk pertumbuhan lebih baik gunakan pakan pelet khusus.

Selain itu, memperhatikan kebersihan akuarium dan kadar pH air hingga suhu yang tepat agar ikan dapat tumbuh dengan baik.

7. Blue Moorii

Jenis ini berikutnya adalah blue moorii. Sesuai dengan namanya ikan ini memiliki warna biru pucat. Keunikan dari blue moorii terdapat pada bagian kepalanya yang menonjol seperti ikan louhan.

Bentuk kepala dari blue moorii memang sedikit berbeda dengan jenis ikan lemon pada umumnya. Pertumbuhan ikan ini dapat mencapai panjang 20 cm.

Suhu optimal untuk memelihara ikan blue moorii berkisaran 75 hingga 78 F. Jangan lupa memberi pakan yang berkualitas seperti pelet khusus berupa cacing sutra, udang kecil dan lainnya.

Demikianlah penjelasan kali ini mengenai Ciri, Karakteristik, Habitat dan Jenis Ikan Lemon. Semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *