7 Cara Menjodohkan Burung Merpati Kipas Dengan Mudah

Diposting pada

Tahukah Anda bagaimana Cara Menjodohkan Burung Merpati Kipas? Salah satu jenis burung hias yang saat ini banyak di gemari oleh masyarakat adalah Burung Merpati Kipas.  Burung ini mempunyai bulu yang sangat cantik dan bagian ekornya bisa mekar seperti kipas.

7 Cara Menjodohkan Burung Merpati Kipas Dengan Mudah
7 Cara Menjodohkan Burung Merpati Kipas Dengan Mudah

Perawatan Burung Merpati Kipas juga relatif mudah sehingga banyak yang membudidayakannya dan dijadikan hewan piaraan/ternak.

Makanan utama burung jenis ini hanya berupa biji bijian yang sangat mudah didapatkan dan tersedia melimpah di pasaran.

Permintaan pasar yang besar akan burung merpati juga menjadi keuntungan tersendiri bagi peternak burung merpati ini. Burung merpati biasanya di jadikan aneka masakan yang lezat dan gurih serta disajikan restoran kelas atas.

Supaya Burung Merpati Kipas lekas berkembang biak dan bertambah banyak, perlu dilakukan upaya-upaya tertentu supaya burung cepat bertelur.

Telurnya akan menetas dan memperbanyak jumlah burungnya. Agar bisa bertelur burung Merpati Kipas tentu harus dijodohkan terlebih dahulu.

Cara Menjodohkan Burung Merpati Kipas

Urusan jodoh-menjodohkan burung merpati kipas sebenarnya gampang-gampang susah. Namun jika telaten dan sabar tentu mudah dan terbiasa.

Berikut ini adalah Cara Menjodohkan Burung Merpati Kipas yang harus dilakukan agar mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan :

Pilih Burung Merpati Yang Tepat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memiliki burung merpati yang tepat untuk bisa dijodohkan. Burung jantan yang dipilih harus sudah dewasa. Merpati jantan yang sudah dewasa ditandai dengan sudah bekur atau sudah berancah.

Untuk merpati betina yang dipilih haruslah sudah matang atau sudah siap untuk dikawinkan. Selain itu merpati yang akan dijodohkan harus sehat dan mempunyai nafsu makan yang baik dan stabil.

Apabila burung yang dipilih kurang sehat maka akan bisa mempengaruhi nafsu atau birahinya untuk melakukan perkawinan. Kemudian kondisinya harus bugar dan bebas dari penyakit agar proses perkawinan akan berjalan lancar.

Pemilihan Jenis Kelamin Merpati

Saat berencana menjodohkan Burung, yang paling penting adalah memilih jenis kelamin burungnya. Pilihlah jenis kelamin burung yang berbeda.

Akan terasa lucu jika kita keliru menjodohkan merpati jantan dengan jantan atau betina dengan betina. Burung merpati kipas baik yang jantan maupun betina harus yang sudah dewasa bukan yang masih anakan (piyek).

Untuk lebih mensukseskan proses perjodohan, siapkan 2 jodoh sekaligus bukan hanya satu sehingga burung lebih cepat berkembang biak.

Pastikan Memiliki Warna Yang Bagus

Setelah menentuka jenis kelamin selanjutnya yang harus diperhatikan adalam masalah warna burung. Secara umum warna burung akan mempengaruhi keberhasilan dalam perjodohan ini.

Ketahuilah bahwa merpati jantan akan lebih suka merpati betina yang memiliki warna tertentu. Jadi alangkah baiknya pilihlah merpati betina yang memiliki warna yang cerah dan bagus.

Warna merpati betina yang baik dan bagus adalah yang tidak kusam. Mungkin bisa juga dicoba memiliki bmerpati betina yang mempunyai sipat yang lenjeh, tentunya hal ini akan membuat merpati jantan akan jauh lebih bergairah untuk melakukan perkawinan.

Memandikan dan Menjemur Burung Merpati

Setelah mendapatkan sepasang burung merpati untuk dijodohkan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memandikannya.

mandikan kedua burung tersebut setiap hari pada waktu pagi. Untuk cara memandikannya sendiri tidak jauh berbeda dnegan memandikan burung lainnya. Anda bisa memakai gayung ataupun semprotan untuk bisa membasahi tubuh burung.

Setelah memandikannya, selanjutnya yakni menjemurnya. Penjemuran ini dilakukan pagi hari dewan waktu kurang lebih selama 3 jam bila cuaca pada saat itu cukup panas, namun apabila cuasa kurang panas Anda bis amenambahkan waktu 1 hingga 2 jam.

Peletakan Burung Ke Sangkar

Sangkar burung merpati umumnya dibuat dari papan kayu atau kardus bekas. Sangkar tersebut diberi sedikit lubang yang bisa dibuka dan ditutup.

Selanjutnya masukkan burung merpati kedalam sangkar yang telah disiapkan tersebut. Burung Merpati betina harus dimasukkan terlebih dahulu baru kemudian memasukkan burung jantan.

Pemberian Pakan Burung

Setelah ke dua burung merpati kipas betina dan jantan masuk ke dalam sangkarsangkar proses selanjutnya adalah pemberian pakan. Berikan pakan burung yang berupa biji bijian seperti jagung, padi, kacang dan sebagainya.

Jangan lupa siapkan air juga untuk kebutuhan minum burung. Pakan dan air itu lalu dimasukkan kedalam sangkar dan pintu sangkar burung ditutup.

Perawatan Saat Proses Penjodohan

Lamanya waktu penjodohan burung merpati kipas biasanya berkisar antara 4 hari sampai dengan 1 minggu. Pada saat proses perjodohan berlangsung burung merpati tetap harus dilakukan perawatan.

Caranya adalah dengan ada di memeriksa persediaan makanan dan minuman di dalam sangkar. Pastikan pakan tidak sampai kehabisan.

Jika tinggal sedikit bisa langsung ditambahi. Setelah satu minggu berlalu, sangkar burung dapat di buka dan burung tetap dibiarkan sampai mau keluar dengan sendirinya.

Demikianlah 7 Cara Menjodohkan Burung Merpati Kipas Dengan Mudah dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Jenis Penyakit Burung Merpati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *