7 Faktor dan Penyebab Penyebaran Flora dan Fauna di Bumi

Diposting pada

Tahukah Anda Faktor dan Penyebab Penyebaran Flora dan Fauna di Bumi? Di seluruh permukaan bumi ini terdapat kehidupan flora dan fauna.

Penyebab Penyebaran Flora dan Fauna di Bumi
Penyebab Penyebaran Flora dan Fauna di Bumi

Meskipun antara wilayah satu dengan yang lainnya tidak bisa hidup di wilayah yang sama. Pasalnya, semua jenis flora dan fauna ini mempunyai karakter atau ciri khusus.

Sehingga mereka mempunyai kemampuan masing-masing untuk melakukan adaptasi dengan lingkungannya.

Faktor dan Penyebab Penyebaran Flora dan Fauna di Bumi

Adapun beberapa faktor yang memengaruhi terjadinya penyebaran flora dan fauna di muka bumi ini sebagai berikut.

1. Kondisi Iklim

Mungkin banyak orang yang tidak tahu apabila pertumbuhan flora ataupun fauna ini sangat bergantung pada kondisi iklim suatu wilayahnya.

Seperti misalnya flora atau tanaman wortel, apel, kol, dapat tumbuh di sebuah wilayah dataran tinggi dengan keadaan iklim yang sejuk.

Hal ini pun berlaku dengan fauna atau hewan sejenis beruang kutub yang membutuhkan wilayah seperti Kutub Utara untuk tempat tinggalnya.

Pasalnya daerah Kutub Utara adalah wilayah dengan salju dan makanan yang tersedia untuk tempat yang dingin.

Sedangkan flora atau tanaman kaktus dan juga pohon kurma ini dapat tumbuh di daerah dengan iklim yang panas.

Apabila mereka tumbuh di cuaca yang dingin pasti tidak dapat hidup alias mati. Begitu pula dengan hewan unta yang dapat bertahan hidup di cuaca yang panas.

2. Adaptasi

Faktor kedua yang memengaruhi penyebaran flora dan fauna yaitu adaptasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap flora dan fauna harus beradaptasi lebih dahulu dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Agar bisa bertahan hidup semua makhluk hidup harus mampu beradaptasi dengan lingkungannya.

3. Kondisi Fisik Muka Bumi

Adanya pegunungan tinggi menjulang, gurun yang luas dan lautan yang dalam adalah contoh dari kondisi fisik bumi yang mana ini menjadi rintangan berat bagi sejenis makhluk hidup untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Maka tak heran apabila seekor panda yang ada di Tiongkok akan mengalami kesulitan untuk pindah ke Indonesia.

Selain itu, di Indonesia sendiri ada 3 jenis fauna yaitu tipe Asia, tipe Australia dan tipe peralihan.

Ini terjadi akibat terpisahkan oleh lautan, meskipun tidak selamanya lautan menjadi halangan bagi pindahnya flora dan fauna.

Sebagai contoh pohon kelapa yang dihanyutkan ke tempat yang sangat jauh melalui lautan atau sama halnya dengan ikan dan binatang laut yang dapat bermigrasi dari ke wilayah lautan lainnya.

4. Makanan

Makanan juga menjadi faktor penyebaran flora dan fauna di muka bumi. Sebagai contoh hewan koala hanya ada di Australia sebab jenis makanannya adalah daun ekaliptus.

Dimana jenis tumbuhan ini hanya dapat tumbuh dengan baik di benua Australia. Begitu juga dengan hewan panda yang dapat hidup pada wilayah yang sejuk dan di sekitarnya dikelilingi oleh tanaman bambu sebagai makanannya.

Oleh karena itu makanan adalah faktor yang memengaruhi penyebaran hewan-hewan tertentu, sehingga koala dan panda tidak mungkin dapat hidup di daerah lain.

5. Seleksi Alam

Terjadinya proses seleksi alam ini merupakan hal yang lumrah pada rantai makanan, dimana akan terjadi perputaran dari hewan besar yang memangsa hewan yang lebih kecil ukurannya.

Sebagai contoh hewan capung jarang kita lihat mungkin telah mengalami seleksi alam karena dimakan oleh predatornya yaitu burung-burung sawah.

Namun ini akan berbeda lagi apabila kita mengunjungi wilayah hutan tertentu mungkin saja kita masih bisa menemui hewan capung dengan warna yang cerah dan indah.

6. Manusia

Terjadinya penyebaran flora dan fauna juga dapat disebabkan oleh faktor manusia. Namun ini belum terlalu lama terjadi, atau terjadi setelah adanya kemajuan teknologi dan infrastruktur.

Manusia dengan kemampuannya dapat membudidayakan dan mengembangbiakkan bermacam-macam flora dan fauna.

Sehingga penyebarannya dapat menempuh jarak yang sangat jauh sekalipun. Untuk contohnya yaitu tanaman teh yang ada di Jawa sebagian besar asalnya dari Cina, Assam, India yang dulunya dibawa oleh kolonial Belanda pada masa penjajahan.

Hal ini terjadi akibat kondisi iklim di Jawa hampir sama dengan daerah asal muasal tanaman tehnya. Sehingga tanaman teh tersebut dapat tumbuh subur di Jawa.

7. Kelompok Hidup

Faktor penyebaran flora dan fauna di bumi yang terakhir adalah kelompok hidup. Di sana ada beberapa flora dan fauna yang biasanya membentuk sebuah kelompok atau tidak dapat hidup sendiri, sehingga mereka tidak dapat dipisahkan.

Sebagai contoh semua jenis pohon di hutan sudah membentuk perpasangan dengan cendawan pada tanah tertentu.

Pasalnya, cendawan yang telah tumbuh di dalam maupun di luar akar pohon akan membantu dalam proses penyerapan unsur hara oleh tanaman.

Jadi, apabila tanaman dipindahkan ke wilayah lain yang tidak terdapat cendawan yang sama, maka pohon tersebut tidak mampu tumbuh dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *