Jenis Makanan Tokek dan Cara Memberikannya

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Jenis Makanan Tokek dan Cara Memberikannya? Tokek tentu menjadi salah satu hewan yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesian.

Jenis Makanan Tokek dan Cara Memberikannya

Tokek sendiri masih satu keluarga dengan cicak hanya saja memiliki ukuran yang lebih besar, banyak tokek di Indonesia yang seringkali diburu dan dicari karena dipercaya memiliki harga yang cukup tinggi karena berkhasiat menyembuhkan penyakit tertentu.

Tidak heran bila tokek sangat banyak di indonesia itu karena memang persebaran dari tokek didominasi oleh kawasan Asia Selatan dan tenggara.

Di Indonesia tokek banyak sekali dikembang biakan karena saatbsudsh mencapai ukuran yang besar tokek ini bisa memiliki harga jual yang tinggi, selain itu cara merawatnya pun terbilang mudah, tidak heran bila banyak orang yang merawat tokek ini.

Terkadang tokek selain di hutan juga terdapat dirumah kita, namun seringkali tokek yang berada dirumah dikaitkan dengan hal mistis, hal tersebut yang terkadang membuat pemilik rumah enggan menangkapnya.

Lalu makanan apa saja yang biasa diberikan pada tokek ini? Agar tidak penasaran mari simak penjelasan dibawah ini!

Jenis Makanan Tokek

Untuk tumbuh baik tokek membutuhkan makanan yang bergizi, berikut adalah beberapa Jenis Makanan Tokek yang bisa diberikan :

1. Kodok

Pilihan pertama untuk makanan tokek adalah kodok jenis lembu. Kodok yang satu ini sangat bagus bila dijadikan makanan tokek karena mengandung protein dan air yang sangat baik bagi pertumbuhan tokek.

Tidak heran bila banyak peternak tokek yang seringkali mencari kodok lembu untuk dijadikan makanan bagi tokek.

2. Laron

Selain kodok, laron juga bisa dijadikan sebagai alternatif jenis makanan lainnya bagi tokek yang sedang anda pelihara.

Laron sendiri memiliki kandungan protein, lemak dan zat organik, pemberian laron bagi tokek akan sangat bagus karena dapat membantu pertumbuhan dari tokek dengan baik dan maksimal.

3. Jangkrik

Jangkrik telah dikenal luas oleh banyak peternak, jenis makanan yang satu ini memang ampuh bila dijadikan makanan bagi hewan yang sedang kita ternak, tidak terkecuali tokek.

Sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan oleh fakultas peternakan universitas jendral Soedirman Purwokerto, menunjukan bahwa pada jangkrik terdapat berbagai macam kandungan seperti proteim, omega 3, 6,9 selain itu kandungan protein pada jangkrik juga terbilang tinggi, sehingga sangat bagus bagi perkembangan dan pertumbuhan tokek.

4. Kadal

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa kadal juga bids digunakan sebagai salah satu konsumsi makanan bagi tokek, perlu diketahui bahwa pada kadal terkandung mineral, kalsium, lemak dan protein sehingga akan sangat berguna bagi pertumbuhan tokek.

Hormon testosteron yang juga terdapat pada kadal juga dikenal ampuh sebagai pereda otot paru paru akibat dari kurangnya oksigen.

Oleh karena itu kamu juga bisa menggunakan alternatif ini bagi makanan tokek yang sedang anda pelihara.

5. Belalang

Telah banyak diketahui oleh para peternak bila jenis makanan yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi hewan ternak dan salah satunya adalah tokek.

Kandungan kalsium dan protein yang sangat tinggi akan sangat berguna bagi pertumbuhan tokek, selain itu jenis makanan satu ini lebih mudah untuk dicari.

6. Nyamuk

Perlu diketahui bahwa nyamuk sendiri adalah makanan alami dari cicak, maka tidak heran bila tokek juga melakukan hal yang sama, biasanya mereka akan menjulurkan lidah mereka dengan cepat untuk menangkap nyamuk.

Jenis makanan ini juga bisa anda coba untuk makanan tokek yang sedang anda pelihara.

7. Bayi Tikus

Bila anda berbicara dengan peternak tokek, biasanya mereka akan menyarankan anda untuk memberi bayi Tikus pada tokek anda, mereka percaya bahwa bayi Tikus ini mampu membuat tokek tumbuh dengan cepat.

Cara Memberikan Makanan Pada Tokek

Biasanya tokek akan lebih aktif pada malam hari, maka tidak heran bila waktu yang bagus untuk memberi makan tokek adalah pada malam hari, kamu bisa mulai memberi makan tokek setelah magrib sebanyak 3 kali setiap malamnya.

Untuk porsi makan juga cukup anda berikan 3 jangkrik setiap sekali makan, dan siapkan air putih ketika beres memberikan makanan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai terlambat dalam memberikan makan bagi tokek, pada saat pemberian makan anda cukup meletakan makanan pada wadah saja, hindari pemberian makanan secara langsung oleh tangan agar terhindar dari gigitan tokek.

Anda dapat memberikan makanan sesuai dengan jenis makanan yang tekah disebutkan diatas, hindari jenis makanan yang memiliki harga mahal dan enak, karena itu bisa membuat tokek memiliki perilaku manja dan pilih-pilih, rekomendasi makanan yang telah disebutkan diatas cukup baik untuk pertumbuhan tokek anda.

Itulah beberapa jenis makanan tokek dan cara memberikannya, sekarang ini tekah banyak budidaya dari tokek, selain memiliki harga yang mahal proses perawatannya yang mudah menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang mau merawat jenis hewan yang satu ini.

Baca Juga : Cara Menangkap Tokek di Alam Liar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *