12 Hewan Paling Langka Di Indonesia

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Hewan Paling Langka Di Indonesia? Indonesia patut bangga dengan keaneka-ragaman satwa dan flora yang terdapat di bumi pertiwi. Pemandangan alam, panorama laut serta bermacam spesies satwa menjadi harta yang tak ternilai.

12 Hewan Paling Langka Di Indonesia
12 Hewan Paling Langka Di Indonesia

Bahkan, beberapa satwa asli Indonesia adalah satwa langka yang dilindungi oleh IUCN. IUCN ( International Union for Consevation of Nature and natural Resources) sendiri adalah sebuah badan yang didirikan oleh PBB untuk menjaga kelestarian satwa dan flora di seluruh dunia.

Jika sebuah lembaga internasional saja begitu peduli dan menyayangi satwa langka di Indonesia.

Sudah seharusnya, sebagai bangsa Indonesia, kita justru harus lebih peduli dua kali lipat mengenai keberadaan dan keberlangsungan hidup aneka satwa langka.

Total keseluruhan terdapat sekitar 73 satwa asli yang berasal dari Indonesia. Hewan-hewan tersebut tersebar di seluruh pulau-pulau besar. Seperti Papua, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan Jawa.

Penyebab populasi satwa menjadi langka dan terancam punah, ternyata justru ulah manusia sendiri.

Segelintir oknum tidak bertanggung jawab kerap memperdagangkan satwa-satwa liar yang dilindungi dan sudah terancam punah ke pasar gelap luar negeri.

Hewan Paling Langka Di Indonesia

Apa saja hewan paling langka yang ada di Indonesia dan patut kita ketahui? Berikut ulasannya…

1. Harimau Sumatera dan Bali

Hewan Harimau asli Indonesia adalah harimau Sumatera dan Bali. Harimau Sumatera dahulu sering terlihat di sekitar kawasan konservasi hutan lindung Karo dan pegunungan bukit barisan.

Begitu juga harimau Bali yang terkenal garang dan sangat menjaga pertahanan diri dari manusia. Sungguh sangat disayangkan.

Seiring dengan perkembangan pulau dewata sebagai tempat wisata Internasional, Harimau Bali tidak dapat diselamatkan.

Harimau Bali dinyatakan punah pada 1937. Sementara, harimau Sumatera masih bisa dijumpai di alam liar namun dalam angka yang kritis sekitar 500 ekor.

2. Badak

Tidak banyak negara yang memiliki hewan langka seperti badak. Terang saja, badak memang hewan asli Indonesia dan hanya bisa dijumpai di Asia dan Afrika.

Hewan badak termasuk dalam hewan langka yang dilindungi dan asli dari Indonesia. Spesiesnya badak Sumatera yang mempunyai cula 2 serta badak Jawa yang hanya memiliki cula satu.

Badak Sumatera atau badak bercula 2 tercatat tinggal 300 ekor. Sementara itu, badak jawa tercatat mulai dikembangkan di taman satwa ujung kulon dengan kisaran populasi puluhan ekor.

3. Orang Utan

Agaknya populasi orang utan beberapa dekade terakhir memang sangat memprihatinkan.

Bahkan, ada sebuah lembaga non profit dari luar negeri yang turun tangan langsung mengatasi permasalahan ini di hutan Kalimantan. Tepatnya, di Taman Nasional Tanjung Putin, Kalimantan Tengah.

Ironisnya, bukannya membantu kelestarian satwa langka orang utan, justru penduduk asli Indonesia sendiri yang membantai dan membunuh orang utan sebagai binatang buruan.

Spesies orang utan asli dari Indonesia, adalah orang utan Sumatera dan orang utan Kalimantan.

4. Singapuar

Hewan ini dijuluki sebagai hewan primata terkecil di dunia yang memiliki panjang sekitar 12 sampai 15 cm dengan bobot tubuh 80 hingga 140 gram.

Singapuar memiliki sepasang mata yang cukup besar dimana ukurannya tersebut melebihi volume otak. Mata tersebut hanya bisa digunakan pada malam hari.

Hewan ini hampir sama dengan burung hantu. Habitat aslinya diketahui berasal dari kepulauan Kalimantan, Sumatera Selatan dan terdapat juga di kepulauan Riau.

4. Monyet Hitam Sulawesi

Tidak banyak orang yang kini bisa menyaksikan secara langsung dengan mata kepala sendiri, monyet hitam asal Sulawesi.

Monyet hitam Sulawesi lebih dikenal dengan sebutan yaki. Berbeda dengan spesies monyet lain, yaki memiliki rambut jambul serta pantat berwarna merah muda yang berbentuk waru atau hati.

Bentuk badannya besar dengan bulu berwarna hitam legam serta berbulu halus mengkilap. Bulu-bulu ini menutupi seluruh tubuh kecuali pada telapak tangan, pantat serta wajah.

5. Komodo

Hewan komodo bisa kita temukan di daerah paling eksotis di indonesia salah satunya berada di pulau Komodo, Flores, Rinca dan Padar.

Komodo merupakan salah satu hewan kadal yang memiliki ukuran terbesar dan tertinggi di dunia. Panjang komodo bisa mencapai 3 meter.

Beberapa peneliti mengelompokan bahwa hewan komodo merupakan salah satu kerabat dekat dinosaurus dan spesies purba tertua yang hingga saat ini masih hidup dan masih bisa ditemukan.

6. Anoa

Tidak henti-hentinya warga Indonesia patut bersyukur. Hewan langka seperti Anoa ternyata hanya bisa dijumpai di Indonesia. Aset yang tidak ternilai harganya ini menyerupai sapi tapi berbulu lebat berwarna cokelat.

Terdapat tanduk yang tajam berukuran sekitar 30 cm di atas kepala. Anoa hanya bisa dijumpai di pulau Sulawesi sebagai habitat asli.

7. Maleo

Hewan maleo adalah salah satu jenis hewan endemik megapode besar yang bisa kita jumpai di Pulau Sulawesi. Perlu diketahui adalah hewan ini ialah salah satu anggota dari genus monotip Macrocephalo.

Keberadaannya sering dijumpai di hitan dataran rendah dan juga berada di daerah bukit bukit di Sulawesi.

Namun sayang saat ini hewan ini dikabarkan hampir punah sehingga ini adalah salah satu hewan yang sangat dilindungi di Indonesia untuk mencegah kepunahannya.

8. Kura-kura Leher Ular Rote

Hewan yang satu ini terbilang sangat unik dan langka, dimana ia memiliki leher yang sangat panjang layaknya ular.

Walaupun memiliki leher yang panjang namun sulit untuk bisa ditarik keluar dari tempurungnya. Kura kura ini banyak ditemukan didaerah kepulauan Rote.

Diketahui keberadaannya terancam punah karena banyak yang memburunya sehingga banyak pihak yang menetapkan hewan ini dilindungi dan hampir punah salah satunya datang dari International Union for Conservation of Nature (IUCN).

9. Burung Elang Jawa

Ketahuilah bahwa jenis burung yang satu ini memiliki bentuk tubuh yang perkasa dan gagah. Namun diketahui populasinya hingga saat ini hanya mencapai 250 ekor saja.

Ia bisa ditemulan merata di daerah hutam Pulau Jawa, Seperti : Gunung Salak, Gunung Anjasmoro, Gunung Slamet, Gunung Kawi, Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Alas Purwo, dan Taman Nasional Gunung Halimun.

10. Cendrawasi

Burung cendrawasi termasuk kedalam keluarga Paradisaeidae yang merupakan jenis hewan yang endemik. Burung ini pertama kali ditemukan dipapua yang dikenal dengan burung agung dan penuh warna.

Ketahuilah untuk burung jantan memiliki bulu yang sangat indah dan berornamen serta bila disentuh sangat lembut dengan memiliki warnah yang sangat mencolok.

Beberapa kombinasi cantik dari bulu burung ini adalah kuning, orange, coklat, ungi dan warna biru. Namun sayang saat ini populasinya sangat sedikit dan terus berkurang setiap tahunnya karena banyak pihak yang melakukan pemburuan terhadap hewan ini.

11. Musang Congok

Jenis hewan musang congok adalah salah satu hewan yang langka keberadaannya, dimana ia memiliki bobot hingga 5 kg dan panjang sekitar 71 cm.

Hewan ini sangat gesit bila memanjat pohon. Musang congok ditemukan pada daerah pengunungan di Aceh dan Sumatera Barat. Makanan kesukaannya hewan ini adalah sejenis serangga.

12. Merak

Hewan merak adalah jenis burung dari keluarga Phasianidae. Burung ini bisa kita temukan di daerah Pulau Sumatera dan Pulau Jawa.

Dinegara lain kita juga bisa menemukan burung merak seperti di negara India dan Malaysia, namun memiliki keunikan yang berbeda.

Meski tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Namun, hewan paling langka di Indonesia masih bisa ditemui di kebun binatang atau taman nasional di kota Anda sebagai sarana wisata dan edukasi keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *