Ikan Mas : Ciri, Karakteristik, Habitat, Jenis, dan Harga

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Ciri, Karakteristik, Habitat, Jenis, dan Harga Ikan Mas? Ikan mas merupakan jenis ikan air tawar yang hidup di perairan sungai Indonesia, pembudidayaan ikan ini sejak tahun 1920-an.

"<yoastmark

Meskipun keberadaan cukup populer di Indonesia, namun ternyata ia berasal dari Cina, Taiwan, Jepang dan Eropa.

Tahukan Anda bahwa ikan mas memiliki keberagaman jenis yang berdasarkan dari morfologi atau ciri fisiknya. Hingga kini tercatat ada sepuluh jenis yang berhasil teridentifikasi melalui ciri-ciri fisiknya.

Beberapa daerah Indonesia, ikan ini memiliki sebutan yang berbeda-beda seperti ikan tombro, ikan raja tikeu, ikan kacra dan ikan rayo.

Kandungan nutrisi dan rasa pada ikan mas menjadikannya populer bahkan banyak orang yang menyukai jenis ikan ini.

Sehingga tidak heran kebanyakan orang memilih ikan ini sebagai olahan makanan yang bergizi baik untuk kesehatan tubuh.

Ikan ini termasuk dalam keluarga Cyprinidae dan mempunyai warna, variasi yang beragam seperti kuning, merah, oranye dan abu-abu kehitaman.

Meskipun bervariasi ikan mas tergolong dalam jenis ikan konsumsi yang berprotein tinggi. Adapun tentang ciri, karakteristik, jenis, habitat dan harga ikan mas berikut penjelasnya dalam artikel ini.

Baca Juga : Cara Membedakan Ikan Mas Jantan dan Betina

Ciri dan Karakteristik

Meskipun memiliki ragam jenis namun, ciri dan karakteristik secara umum pada ikan ini yaitu mata kecil, bibir tebal. Terdapat juga dua sungut pada bagian sudut mulut dan mempunyai sisik yang besar.

Sementara untuk warna ikannya sangat bervariasi antara lain perak keemasan, kuning dan hijau zaitun.

Budidaya Cryprinus carpio banyak sebagai konsumsi, tetapi tak sedikit juga orang menjadikannya sebagai ikan hias.

Panjang ikan ini dapat mencapai 120 cm dengan berat sekitar 60 kg. Berikut karakteristik dari jenis ikan tersebut antara lain sirip, bentuk tubuh, mulut hidung, gigi akan dibahas lebih detailnya berikut ini.

1. Sirip

Untuk mengenali jenis ikan tertentu salah satu dengan melihat bentuk siripnya. Ia mempunyai banyak sirip, tumbuh pada beberapa bagian tubuhnya seperti punggung.

Bentuk siripnya memanjang dan letaknya berseberangan dengan permukaan sirip bagian perut ikan. Sementara pada bagian belakang sirip ikan ini terdapat semacam tulang ataupun duri yang keras.

Selain itu, jenis ikan ini juga memiliki bentuk sirip bergerigi pada baris ketiga dan keempatnya.

Untuk bagian belakang ikan ini mempunyai bentuk sirip dengan jari-jari keras dan ujung bergerigi. Terdapat juga sirip ekor bertipe homoserkal sebab terdiri dari dua cabang yang sama panjang.

2. Bentuk Tubuh

Umumnya tubuh ikan ini berbentuk bilateral simetris yang berarti memiliki ukuran sama antara kanan dan kiri.

Terbukti ketika Anda membelah tubuh ikan mas menjadi dua bagian. Sehingga dapat terlihat sisi tubuh kanan dan kirinya simetris atau sama besar.

3. Bagian Mulut dan Hidung

Anda bisa mengenali jenis ikan ini hanya dengan melihat bentuk mulutnya berciri menonjol ke luar atau bersifat protaktil.

Hal ini juga bisa Anda lihat ketika ikan ini sedang berusaha meraih makanan yang ada pada hadapannya. Pada bagian mulut ikan ini terdapat dua pasang sungut pada bagian anterior.

Sedangkan untuk bagian bentuk hidung ikan ini cukup unik dan menjadi identitas pembeda dengan ikan sejenisnya. Letak hidung ikan mas berada tepat pada ujung kepala ikan tersebut.

4. Bentuk Gigi

Berdasarkan berbagai penelitian, jenis ikan ini memiliki bentuk gigi yang berjenis pharyngeal teeth seperti kerongkongan. Untuk komposisi gigi semacam ini meliputi gigi geraham sebanyak tiga baris.

Habitat Ikan Mas

Habitat asli ikan mas berada perairan tawar seperti sungai, kolam, danau, selain itu juga perairan yang berlumpur. Biasanya ikan ini hidup pada kubangan perairan yang dangkal terbatas misalnya waduk, sungai, danau.

Jenis ikan tersebut lebih banyak menghabiskan waktunya berenang dalam air, namun sesekali mengarah ke dataran permukaan ketika sedang mencari makan.

Tahukan Anda jenis ikan ini dapat bertahan hidup pada kedalaman 1 meter dengan aliran air cenderung tenang.

Ikan ini juga menyukai daerah perairan yang subuh, hal ini karena biasanya terdapat makanan alami sangat melimpah.

Jenis Ikan Mas

Ikan mas merupakan sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh, apabila sering mengkonsumsi.

Selain itu, cita rasa dari ikan tersebut enak apalagi dengan menambahkan rempah-rempah pada olahan makanan. Masalah harganya terbilang cukup terjangkau.

Berikut jenis ikan mas yang termasuk dalam kategori bisa konsumsi sebagai menu harian keluarga yaitu.

1. Ikan Mas Punten

Nama punten berasal dari sebuah daerah jawa timur tepatnya kota malang.

Sekitar tahun 1933, konon ada seorang petani yang membudidayakan jenis ikan tersebut untuk pertama kalinya. Dari sinilah awal mula sebutan nama punten.

Jenis ini memiliki bentuk tubuh yang cenderung pendek, punggung tinggi dan lebar. Untuk bagian matanya agak sedikit keluar atau menonjol.

Semenjak itulah jenis ikan ini menjadi populer dan banyak masyarakat lokal mulai mengkonsumsi.

Harganya punten terbilang murah, untuk mendapatkannya relatif mudah banyak di pasar.

Tahukan Anda, daging punten 10 persen lebih banyak, tebal dari pada jenis konsumsi lainnya.

Sehingga pas untuk menjadi hidangan makanan keluarga, mengolah jenis ikan ini cukup mudah dan bervariasi. Proses masaknya bisa panggang, kukus, bakar, goreng tergantung selerah Anda yang pasti sangat nikmat.

2. Ikan Mas Lokal

Meskipun memiliki sebutan ikan mas lokal, namun sebenarnya jenis ini bukan termasuk dalam ikan mas.

Tetapi karena peminatnya banyak terhadap ikan tersebut menjadi lebih populer dan mendominasi penjualan ikan.

jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara lebih dari satu jenis.

Sehingga jenis ini memiliki warna sisiknya sangat bervariasi dan paling banyak warna sisik yaitu merah dan kuning. Bahkan ada beberapa yang mempunyai variasi totol hitam pada sisiknya.

Ciri fisiknya memiliki bentuk tubuh yang cukup panjang dan kelopak mata lebar tidak terlalu menonjol.

Jenis ikan ini mempunyai cita rasa yang lezat dan tinggi kandungan nutrisinya, sangat cocok untuk asupan makanan bergizi.

Apalagi bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dengan mengkonsumsi bahan dasar ikan adalah pilihan terbaik. Namun, tetap harus pilih ikan yang masih fresh ya.

3. Ikan Mas Majalaya

Selanjutnya adalah ikan mas majalaya dan keberadaan juga tergolong populer. Biasanya masyarakat sekitar mengolah ikan ini sebagai menu makan sehari-hari, karena rasa lezat dan tinggi protein.

Pada mulanya jenis ikan ini berasal dari pembudidayaan ikan wilayah Majalaya, Jawa Barat.

Ciri khasnya memiliki bentuk tubuh ikan yang cenderung pendek, namun agak sedikit runcing pada bagian ujung punggung. Untuk mendapatkan ikan ini sangat mudah banyak terdapat pasar-pasar ikan.

Jenis majalaya selalu menghasilkan telur yang cukup banyak sekitar 84-100 ribu per ekornya. Ternyata jenis ikan ini tergolong dalam ikan yang kuat bertahan dari serangan bakteri, misalnya Aeromonas hydrophila.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan kali ini mengenai Ciri, Karakteristik, Habitat, Jenis, dan Harga Ikan Mas. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Jenis Makanan Ikan Mas Koki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *