10 Jenis Makanan Yang Baik dan Tidak Baik Untuk Kelinci

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Jenis Makanan Yang Baik dan Tidak Baik Untuk Kelinci? Kelinci bisa dibilang adalah salah satu hewan yang paling banyak di Pelihara.

10 Jenis Makanan Yang Baik dan Tidak Baik Untuk Kelinci
10 Jenis Makanan Yang Baik dan Tidak Baik Untuk Kelinci

Selain karena menggemaskan, Kelinci juga merupakan hewan yang relatif mudah untuk dipelihara. Disamping itu hewan ini juga aman sehingga bisa berinteraksi dengan anak-anak.

Hewan mamalia yang masuk dalam keluarga Leporidae ini tak hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan saja, melainkan biasa juga untuk dikonsumsi.

Di beberapa daerah di Indonesia banyak sekali warung-warung yang menyediakan menu daging kelinci. Penggeramnya pun juga sangat banyak, karena daging kelinci memiliki rasa yang lezat.

Karena hal inilah akhirnya sudah banyak berkembang budidaya kelinci, entah itu untuk diperjualbelikan sebagai hewan peliharaan ataupun hewan pedaging.

Dalam memelihara atau beternak kelinci salah satu faktor yang paling penting tentu saja adalah pemberian makan. Kelinci merupakan hewan berjenis Herbivora yang menyukai sayuran dan buah-buahan.

Meski pemberian pakan bagi hewan peliharaan adalah hal yang relatif simpel, namun diperlukan juga pengetahuan tentang makanan-makanan yang cocok dan tidak cocok. Termasuk juga kelinci, hewan ini punya kriteria tertentu dalam pakannya.

Pemberian pakan yang tepat akan dapat membuat kelinci tumbuh sehat, namun sebaliknya jika salah dalam memberi pakan itu akan memberikan dampak yang tidak baik bagi kelinci.

Berikut ini akan diberikan informasi seputar makanan yang baik dan juga tidak baik untuk kelinci.

Jenis Makanan Yang Baik Untuk Kelinci

Ada banyak sekali jenis makanan yang baik bagi kelinci. Makanan-makanan ini sangat dianjurkan untuk diberikan kepada kelinci untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya. Adapun makanan yang baik bagi kelinci antara lain adalah:

1. Wortel

Sepertinya sudah banyak yang tahu bahwa Jenis tanaman sayur berwarna oranye ini adalah favorit bagi kelinci.

Wortel dan kelinci seperti dua hal yang tidak bisa dipisahkan jika kita melihat di tayangan-tayangan animasi ataupun tentang hewan di televise.

Selain sangat disukai kelinci, wortel juga sangat baik bagi kelinci. Kandungan vitamin A dalam wortel sangat baik bagi kesehatan kelinci. Selain itu wortel juga sangat baik untuk membuat nafsu makan kelinci menjadi meningkat.

2. Selada

Sayuran yang biasa menjadi pelengkap dalam makanan ini juga sangat disukai oleh kelinci. Selada merupakan makanan yang baik bagi kelinci karena kaya akan kandungan mineral dan vitamin.

Selain selada, pada umunya hampir semua jenis sayuran hijau sangat baik menjadi pakan untuk kelinci seperti kangkung, bayam, brokoli hingga daun pepaya.

3. Tomat

Jenis tamanam selanjutnya yang juga sangat dianjurkan untuk kelinci adalah tomat. Tomat memiliki kandungan antioksidan yang banyak yang berguna bagi pertumbuhan dan daya tahan kelinci. Disamping itu tomat juga sangat efektif dalam mengatasi sembelit pada kelinci.

4. Pelet

Pelet merupakan makanan tambahan bagi kelinci. Kandungan kalsium dan vitamin di dalamnya juga amat penting dalam menunjang kesehatan bagi kelinci.

Tapi penting untuk diketahui jangan terlau sering untuk memberikan pelet ini. Alasannya adalah karena pelet mengandung bahan kimia yang akan berbahaya bagi kelinci jika dikonsumsi secara berlebihan

5. Buah-Buahan

Buah-buahan juga baik untuk kelinci, walau begitu porsi untuk pemberian buah-buahan ini disarankan adalah 10& dari total kebutuhan hariannya.

Ketika memberikan buah-buahan bagi kelinci, disarankan untuk mengupas kulit dan membuang bijinya terlebih dahulu. Ini karena pencernaan kelinci yang sulit mencerna makanan dengan tekstur keras.

Adapun jenis buah-buahan yang baik untuk kelinci antara lain adalah apel, pir, kiwi, papaya, manga, nanas, pisang.

6. Air Bersih

Selain makan, kelinci juga butuh minum. Walaupun makanan-makanan kelinci kebanyakan sudah mengandung air, tapi tetap sediakan air bersih bagi kelinci untuk tambahan minumnya.

Berikan air minum bersih yang diletakkan pada wadah mangkuk atau semacamnya. Selalu rutin bersihkan wadah tersebut agar tidak tumbuh lumut.

Baca Juga : Tipe Kandang Kelinci

Jenis Makanan Yang Tidak Baik Untuk Kelinci

Selain makanan yang baik, penting juga untuk mengetahui makanan yang tidak baik untuk kelinci dan sebaiknya dihindari. Berikut inii beberapa jenis makanan yang tidak baik bagi kelinci:

1. Alpukat

Sebelumya dijelaskan bahwa buah-buahan sangat baik bagi kelinci karena mampu memberikan kebutuhan nutrisinya. Namun ternyata tidak semua jenis buah-buahan baik bagi kelinci, salah satunya adalah alpukat.

Ini dikarenakan alpukat punya kandungan persin di dalamnya. Persin bisa menyebabkan berbagai masalah bagi kelinci mulai dari masalah pernapasan, gagal jantung dan yang paling fatal adalah kematian.

2. Biji Buah-Buahan

Sangat disarankan untuk membuang biji pada buah yang akan diberikan kepada kelinci. Selain susah dicerna oleh kelinci, biji pada buah juga mengandung senyawa Amygdalin yang tidak baik bagi kelinci.

Senyawa amydalin dapat menjadi hydrogen sianida pada pencernaan kelinci. Ini tentu saja akan menjadi racun yang berbahaya bagi kelinci.

3. Coklat

Jangan pernah sekalipun memberikan coklat kepada kelinci. Kandungan teobromin dan kafein pada coklat dapat menimbukan reaksi gemetar, gelisah, hingga diare bagi kelinci.

Kandungan glukosa yang tinggi juga sangat berbahaya bagi kesehatan kelinci.

4. Makanan Anjing dan Kucing

Kelinci sangat tidak cocok dengan makanan anjing atau kucing. Ini dikarenakan kadar protein dalam makanan tersebut yang terlalu tinggi bagi kelinci.

Asupan protein yang berlebihan akan mengakibatkan penyakit ginjal hingga infeksi saluran kemih pada kelinci.

Baca Juga : Cara Menjinakkan Kelinci yang Galak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *