Cara Menjinakkan Kelinci yang Galak

Diposting pada

Tahukah Anda Bagaimana Cara Menjinakkan Kelinci yang Galak? Di masa pandemi covid-19 seperti sekarang, mengharuskan orang-orang untuk lebih banyak berada di rumah.

Cara Menjinakkan Kelinci yang Galak
Cara Menjinakkan Kelinci yang Galak

Bagi yang terbiasa beraktivitas di luar rumah dengan segala lika likunya, tentu menjadi tantangan tersendiri untuk menghabiskan waktu di rumah saja.

Namun seiring berjalannya waktu, orang-orang mulai bisa beradaptasi untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saat pandemi. Salah satu hal yang menjadi aktivitas baru di rumah adalah merawat hewan peliharaan.

Ada banyak hewan peliharaan yang bisa dirawat di rumah, mulai dari kucing, kelinci, hamster, burung, hingga ayam. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas kelinci sebagai hewan peliharaan di rumah.

Kelinci banyak dipilih sebagai binatang peliharaan di rumah karena lucu, lembut dan menggemaskan. Selain itu orang-orang juga suka dengan karakter kelinci yang pendamai, tak suka menggigit pemiliknya seperti ular, anjing dan musang.

Memang dari dulu kelinci dikenal sebagai hewan yang jinak. Namun ternyata ada juga loh kelinci yang galak alias tak jinak.

Biasanya hanya kelinci jenis tertentu saja yang galak, salah satunya adalah anggora dan kelinci liar. Tapi tak menutup kemungkinan jenis kelinci lainnya juga bisa galak, seperti rek, fuzzy lop dan lainnya.

Agar tetap menjadi hewan peliharaan favorit, ada beberapa tips yang bisa dijalankan untuk menjinakkan kelinci yang galak.

Ada serangkaian latihan khusus yang harus dijalani oleh kelinci galak agar menjadi jinak. Artikel ini tak sekedar tutorial saja, sebab latihan khusus ini sudah dibuktikan para penggemar kelinci yang dulunya mempunyai kelinci galak.

Tanpa banyak berbasa-basi lagi, mari kita simak cara menjinakkan kelinci galak agar menjadi penurut.

Baca Juga : Tipe Kandang Kelinci

Cara Menjinakkan Kelinci yang Galak

Banyak yang mengira bahwa kelinci tidaklah hewan pintar layaknya anjing dan kucing.

Sebagaimana kita ketahui, anjing dan kucing termasuk hewan pintar yang mudah dijinakkan. Ternyata kelinci juga memiliki naluri seperti itu. Jadi jangan putus asa untuk selalu melatih dan menjinakkan kelinci.

Kelinci sebenarnya memiliki alasan tersendiri kenapa menjadi galak, suka menggigit dan mencakar ketika akan dipegang. Salah satu alasan kenapa kelinci menjadi galak karena dia sedang birahi (ingin kawin).

Alasan lain bisa karena belum kenal pemiliknya, menjadi galak ketika mau melahirkan, dan ada juga yang menjadi galak tanpa sebab yang pasti. Sejatinya kelinci tak mempunyai sifat galak sedari lahir.

Jika kelinci galak ketika waktu-waktu tertentu, misal ketika mau melahirkan, maka anda tak perlu khawatir. Sebab nanti kelinci akan kembali jinak lagi seperti sedia kala.

Namun jika kelinci bersikap galak karena baru kenal, bawaan lahir atau galak tanpa sebab yang jelas, maka anda harus menjinakkannya dengan teknik-teknik berikut ini :

1. Sering pegang kelinci

Kelinci menjadi galak karena kurang dekatnya kelinci dengan sang pemilik. Karenanya, peganglah kelinci secara rutin.

Hal ini harus menjadi kebiasaan anda. Semakin sering kelinci dipegang, maka kelinci akan semakin kenal dengan bau tangan si pemegang, yaitu anda.

Jika anda takut digigit, silakan pakai sarung tangan terlebih dulu. Nanti ketika sudah mulai jinak, sarung tangan tersebut bisa mulai dilepas.

2. Sering melakukan belaian

Selain sering memegang kelinci, anda juga harus sering membelai kelinci. Fungsi membelai kelinci ini tak jauh beda dengan fungsi memegang kelinci pada poin pertama, yaitu agar lebih kenal atau akrab.

Meski begitu, dengan melakukan belaian kepada kelinci, anda akan lebih menjiwai dalam proses keakraban ini. Belailah bulunya dari ujung kepala sampai ekor.

Belaian ini akan membuat kelinci mengerti dan paham akan besarnya perhatian dan kasing sayang anda pada hewan peliharaan anda tersebut.

3. Cara memberi makan

Untuk memberi makan kelinci yang galak, sebaiknya menggunakan tangan langsung. Hal ini sering disebut juga sebagai handfeed.

Cara ketiga ini sebenarnya sudah lumrah dilakukan para pecinta hewan peliharaan, baik di Indonesia maupun luar negeri.

Sebab cara seperti ini juga sering dipakai dalam menjinakkan sugar glider, musang dan berbagai hewan lainnya. Cara memberi makan dengan tangan langsung ini terbukti ampuh menjinakkan hewan peliharaan termasuk kelinci.

Karena dengan memberinya makan secara langsung, maka kelinci akan mengerti bahwa selama ini anda lah yang sudah memberinya makan dan merawatnya.

4. Memberi kebebasan untuk beberapa waktu

Hal ini berarti anda tidak boleh menaruh kelinci hanya dalam kandangnya saja. Sesekali lepaslah kelinci di luar kandang secara bebas. Bisa saja kelinci menjadi galak karena stres terlalu lama berada di dalam kandang.

Namun yang perlu diingat, ketika melepas kelinci di luar kandang, harus dilakukan pengawasan ekstra. Sebab jika lalai sedikit saja, malah justru bisa membahayakan kelinci.

5. Merawat kelinci dengan penuh kasih sayang

Langkah ini merupakan cara terakhir yang bisa anda terapkan dalam menjinakkan kelinci yang galak. Rawatlah kelinci secara totalitas, tidak setengah-setengah.

Dengan kata lain, anda harus konsisten merawat kelinci, meski sedang banyak kesibukan yang mendera.

Sebab kebanyakan orang hanya senang merawat kelinci diawal saja. Kemudian kebanyakan abai dengan kelincinya, terlebih ketika kesibukan kerjaan datang.

Baca Juga : Jenis Makanan Yang Baik dan Tidak Baik Untuk Kelinci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *