Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Cempaka

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Cempaka – Biasanya tanaman cempaka ini tersebar di daerah yang subtropis dan juga tropis. Dinegara kita tanaman cempaka biasanya dimanfaatkan oleh warga masyarakat sebagai bahan dari bangunan yang berasal dari kayu tanaman cempaka.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Cempaka
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Cempaka

Mungkin anda bisa mendapatkan penjelasan yang lebih baik apabila anda membaca tentang klasifikasi dan morfologi yang dimilikinya. Simak pembahasan berikut ini yang telah menjadi pembahasan mengenai klasifikasi beserta dengan morfologinya.

Klasifikasi Tanaman Cempaka

Tanaman cempaka ini biasanya dikenal sebagai Magnolia, namun dalam bahasa aslinya adalah Michelia. Tanaman yang satu terdiri dari beberapa klasifikasi yang unik, anda bisa melihat pada pembahasan yang ada dibawah ini untuk penjelasan yang lebih lengkap mengenai klasifikasi tanaman cempaka.

  • Kingdom – Plantae
  • Divisi – Angiospermae
  • Sub Divisi – Magnoliosida
  • Ordo – Magnoliales
  • Famili – Magnoliaceae
  • Genus – Magnolia
  • Spesies – Magnolia Champaca L.

Morfologi Tanaman Cempaka

Bagaimana dengan klasifikasinya? Menarik bukan? Nah setelah anda mengetahui dengan klasifikasi yang dimiliki oleh tanaman cempaka ini, maka anda juga akan mengetahui tentang morfologi dari tanaman cempaka. Nah berikut dibawah ini yang menjadi morfologi dari tanaman cempaka.

1. Akar

Tahukah anda kalau akar dari tanaman cempaka ini menjadi salah satu akar tunggang yang memiliki warna coklat. Bahkan ukuran dari akar tanaman cempaka ini biasanya bisa mencapai 30 hingga 50 cm.

Anda harus tahu kalau akar yang dimiliki oleh tanaman cempaka ini menjadi salah satu akar yang bisa dijadikan sebagai penyerapan unsur hara, bahkan beberapa zat makanan yang ada di dalam tanah.

Selain itu kulit akar yang berasal dari tanaman cempaka ini memiliki warna yang cukup menarik. Hal ini dikarenakan kulit akar dari tanaman cempaka ini berwarna merah.

Meskipun warna dari kulit akar tanaman cempaka cukup menarik, namun kulit akarnya memiliki rasa yang cukup pahit. Akan tetapi kulit akarnya sangat bermanfaat bagi para kaum wanita, terutama yang sering mengalami menstruasi.

2. Bunga

Pada umumnya bunga dari tanaman cempaka ini memiliki warna yang bervariasi, seperti cempaka dengan warna bunga yang putih, kuning, merah dan juga ungu.

Bunga tanaman cempaka termasuk ke dalam kategori bunga yang tunggal dan disertai dengan bentuk yang seperti bung tulip. Putik terpisah dari internodium yang cukup panjang atau seperti benjolan yang memisahkan.

Daun tenda memiliki jumlah yang bisa mencapai 6 bahkan bisa lebih dari itu. Benang sari dari tanaman cempaka ini memiliki jumlah yang cukup banyak dan disertai dengan ketebalan tangkai sari serta pendek dan serbuk sari yang monosulkat.

Pada umumnya bunga dari tanaman cempaka sangat wangi, bahkan tak heran jika para perusahaan shampoo atau pewangi memanfaatkan tanaman cempaka ini.

3. Daun

Daun dari tanaman cempaka ini merupakan salah satu daun yang tunggal dengan bentuk yang seperti telur taji. Pangkal daun cempaka ini cukup meruncing dan disertai dengan panjang yang berkisar 2,5 sampai 11 cm.

Dibagian tepi daun cempaka ini cukup merata serta daun penumpu juga menyelubungi kuncup dari daun cempaka. Daun cempaka ini memiliki warna yang hijau mudah sampai hijau tua.

Daun tanaman cempaka ini diletakkan dengan cara yang spiral atau berselang-seling, namun seringkali bercuping. Meskipun daun dari tanaman cempaka ini kelihatannya cukup unik, namun daun cempaka memiliki manfaat.

Apabila daunnya direbus bersama madu, maka anda bisa memanfaatkan untuk tenggorokan dan juga bisa dijadikan sebagai obat kumur serta nafas yang bau.

4. Batang

Batang yang dimiliki oleh tanaman cempaka ini biasanya memiliki bentuk yang bulat dengan warna kulit kayu yang coklat agak keabu-abuan.

Pada umumnya tanaman cempaka ini bisa mencapai ketinggian 25 cm serta diameter dari batang cempaka bisa mencapai sekitar 50 cm.

Umumnya batang yang dimiliki oleh tanaman cempaka ini memiliki warna kulit yang kuning mudah dan cukup mudah untuk dibelah.

Karena akar dari tanaman cempaka ini bekerja dengan baik, maka batang yang akan dihasilkan oleh tanaman cempaka ini cukup bagus.

Bahkan tak salah kalau batang yang dimiliki oleh tanaman cempaka ini biasanya dijadikan sebagai alat rumah tangga. Salah satu alat rumah tangga yaitu meja. Tak hanya itu saja kayunya juga bisa dijadikan sebagai obat kuat, tonikum dan juga febrifugum.

5. Buah dan Biji

Buah dari tanaman cempaka ini memiliki warna yang bervariasi, apabila buahnya masih muda maka warnanya adalah merah muda.

Nah sementara buah yang sudah matang atau sudah tua biasanya menampilkan warna yang berupa cream. Buah dari tanaman cempaka ini terdiri dari buah yang kecil-kecil dengan bentuk yang berupa jantung serta terlihat pecah di bagian belakang.

Biji yang dimiliki oleh cempaka ini menampilkan warna yang coklat jika masih segar dan berwarna merah tua apabila biji tanaman cempaka sudah tua.

Akan tetapi biasanya biji dari tanaman cempaka memiliki warna yang hijau kelabu, hal ini dikarenakan pertumbuhan lumut dibagian luar. Namun jika dibelah, maka akan terlihat kuning muda, meskipun begitu rasa dari bijinya cukup pahit.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Cempaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *