Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Biji

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Biji – Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman buah yang satu ini, ya siapa lagi kalau bukan jambu biji. Jambu biji menjadi salah buah yang berkhasiat terutama bagi orang yang lagi demam berdarah.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Biji
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Biji

Banyak masyarakat yang ada diberbagai daerah mengatakan kalau jambu biji bisa mempercepat proses penyembuhan dari seseorang yang lagi sakit demam berdarah.

Pada umumnya tanaman buah jambu biji ini memiliki berbagai macam spesies dan sudah tersebar di berbagai daerah yang tropis. Bahkan tak salah jika buah jambu biji berada dimana-mana.

Tentu saja hal ini tidak mungkin jika anda belum pernah mendengar dengan nama buah jambu biji. Berdasarkan dari penelitian tanaman jambu biji ini memiliki klasifikasi beserta dengan morfologi yang seperti berikut ini.

Klasifikasi Tanaman Jambu

Bagaimana klasifikasi dari tanaman jambu biji ini? Klasifikasi dari tanaman cukup unik, jika ingin melihat klasifikasi yang dimiliki oleh jambu biji, maka anda dapat menyimaknya pada ulasan yang berikut ini.

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Tracheobionta
  • Divisi – Magnoliophyta
  • Sub Divisi – Spermatophyta
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Sub Kelas – Rosidae
  • Ordo – Myrtales
  • Famili – Myrtaceae
  • Genus – Psidium
  • Spesies – Psidium Guajava L.

Morfologi Tanaman Jambu Biji

Setelah anda mengetahui tentang klasifikasi yang dimiliki oleh tanaman jambu biji ini, maka selanjutnya anda akan membaca tentang morfologi dari tanaman jambu biji ini.

Morfologi dari jambu biji ini meliputi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji. Nah berikut dibawah ini merupakan penjelasan dari morfologi tanaman jambu biji.

1. Akar

Akar dari tanaman jambu biji tanaman ini bercabang dengan bentuk yang seperti meruncing panjang dan akan bertumbuh lurus hingga kedalam tanah. Pada umumnya morfologi akar dari tanaman jambu biji memiliki warna yang coklat mudah sampai tua.

Akar dari jambu biji ini memiliki manfaat yang bisa menopang tanaman sehingga bisa menjadi lebih kuat. Bahkan bisa menyerap air atau makanan yang ada di kedalaman tanah.

2. Batang

Batang dari jambu biji ini berbentuk keras dan memanjang serta memiliki permukaan yang licin dan halus. Perbatangan tanaman jambu biji berbentuk bulat yang disertai dengan diameter mencapai sekitar 10 hingga 20 cm atau lebih dari itu dan hanya tergantung dari varietas dan jenisnya.

Batang yang dimiliki oleh tanaman jambu biji mempunyai ruas yang cukup pendek dan disertai dengan perabangan yang banyak di bagian batang dari tanaman jambu biji ini.

3. Daun

Daun tunggal, letaknya berhadapan, bertangkai pendek, daun yang nampak muda dengan rambut yang halus dan dipermukaan atas daun nampak tua licin. Tanaman dari jambu biji ini menjadi salah satu tanaman yang beradaptif dan bisa bertumbuh tanpa memberikan perawatan.

Namun daun dari jambu biji ini termasuk salah satu daun yang tidak lengkap. Hal ini dikarenakan daunnya hanya memiliki petiolus (tangkai) serta lamina (helaian) yang biasanya disebut sebagai daun bertangkai.

Bagian daun jambu biji yang lebar terdapat pada tengah-tengah dan memiliki bentuk yang jorong. Daun dari tanaman jambu biji ini memiliki tulang dengan daun yang penninervis atau menyirip.

Hal ini berarti kalau daun jambu biji mempunyai tulang punggung dengan membentang pada pangkal hingga sampai di ujung daun. Hal ini merupakan terusan dari tangkai daun, nah ini akan menjadi susunan yang mirip dengan susunan dari sirip ikan.

Dibagian ujung dari daun jambu biji ini berbentuk tumpul, bahkan biasanya daun jambu biji dibagian atas akan terlihat lebih hijau daripada sisi daun yang berada dibagian bawah. Dengan tangkai yang berbentuk selindris serta tidak menebal di bagian tangkainya.

4. Bunga

Pada umumnya bunga yang dimiliki jambu biji ini mempunyai warna yang putih, kemerahan dan disertai dengan dua mahkota yang memiliki 4 sampai 5 kelopak dalam satu mahkota yang tetap sama.

Perlu diperhatikan kalau bunga dari jambu biji ini bisa berbunga hingga menjadi bakal buah apabila proses penyerbukannya hewan ataupun serangga dan angin yang ada di sekitarnya.

5. Buah dan Biji

Buah dari tanaman jambu biji ini memiliki bentuk yang bulat dengan ukuran yang hampir sama persis dengan bola tenis. Bahkan ada juga jambu biji yang memiliki buahnya seperti bulat telur dan berwarna hijau yang agak kekuningan. Buah jambu biji ini cukup tebal apabila buah sudah matang dan buahnya tentu saja memiliki warna yang merah jambu.

Sementara itu biji dari jambu biji cukup banyak dan bertaburan di tengah buah jambu biji. Biji-bijinya cukup keras dan berwarna kuning yang agak kecoklatan, tak hanya buah dari jambu biji yang memiliki banyak manfaat, akan tetapi biji-biji dari jambu biji banyak khasiatnya. Misalnya anti radang, peluruh haid, anti diare dan homeostatis atau penghenti perdarahan.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Jambu Biji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *