Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga – Mangga merupakan salah satu tanaman yang biasanya disebut sebagai mempelam atau nama ilmiahnya ialah Mangifera Indica. Nama tersebut merupakan salah satu nama yang sekaligus dengan pohonnya.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga
Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Mangga

Mangga menjadi salah satu tanaman yang bermarga Mangifera terdiri atas 35 sampai 40 anggota serta suku Anacardiaceae.

Tanaman manga ini berasal dari India dan juga Burma yang telah tersebar pada Asia Tenggara kira-kira 1500 tahun yang lalu.

Pada umumnya mangga sebagai tanaman khas tropis, bahkan tak salah kalau mangga bertumbuh subur di negara Indonesia. Tanaman mangga tersebut memiliki jenis-jenis buah yang berbeda rasanya.

Jenis-jenis buah mangga seperti, mangga gedong gincu, mangga arumanis, mangga manalagi, mangga apel, mangga alpukat, mangga golek, mangga malibu, mangga madu dan mangga nam dok mai.

Seperti apa yang sudah dijudulkan, dimana kami akan membahas mengenai klasifikasi dan morfologi dari tanaman mangga.

Tanpa basa-basi, langsung saja kita simak bersama ulasan yang sudah disusun oleh kami seperti yang ada dibawah ini.

Klasifikasi Tanaman Mangga

Klasifikasi dari tanaman mangga ini sangat unik dan menarik jika dibandingkan dengan tanaman yang lainnya. Mari kita simak ulasan yang ada dibawah ini.

  • Kingdom : Plantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Divisi : Tracheophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Sapindales
  • Super Ordo : Rosanae
  • Famili : Anacardiaceae
  • Genus : Mangifera L
  • Spesies : Mangifera Indica L

Morfologi Tanaman Mangga

Sama seperti dengan klasifikasi yang dimiliki oleh tanaman mangga, dimana tanaman mangga memiliki morfologi yang unik dan menarik.

Seperti apa morfologi dari tanaman mangga? Berikut dibawah ini merupakan morfologi yang dimiliki oleh tanaman mangga.

1. Akar Tanaman Mangga

Dalam organ akar telah memiliki morfologi yang berbeda, seperti akar cabang dan akar tunggang.  Didalam akar tunggang telah tersedia ukuran yang panjang  hingga mencapai kurang lebih 6 meter.

Nah pada pertumbuhan akar inilah yang akan membuat pencairan air di dasar permukaan tanah. Dengan begitu, hal ini akan membuat akar yang telah berada di dasar permukaan tanah akan mengalami perubahan.

Dimana akar akan berubah hingga menjadi sebuah akar cabang yang ada pada kedalaman 30 hingga 60 cm dalam permukaan tanah.

2. Batang Tanaman Mangga

Batang dari tanaman mangga memiliki bentuk kayu yang kuat, keras dan mampu bertumbuh dengan cara yang tegak keatas.

Morfologi batang dari tanaman mangga ini berbentuk bulat yang disertai dengan percabangan dan ranting yang lumayan banyak.

Pada cabang serta ranting akan menumbuhkan daun-daun yang lebat dan berbentuk kanopi, seperti oval, kubah dan memanjang.

Kulit dari batang tanaman mangga ini begitu tebal dan kasar dengan warna coklat gelap yang kehitaman atau keabu-abuan.

Perlu diketahui kalau tanaman mangga ini di perbanyakan generative (menggunakan benih) sehingga tanaman mangga ini bisa bertumbuh dengan sempurna.

Jika perbanyakan dengan cara yang vegetative, maka batang tersebut akan menjadi lebih pendek dan batang akan membentang.

3. Daun Tanaman Mangga

Daun dari tanaman mangga menjadi salah satu daun yang tungga dan tidak memiliki penumpu dan anakan.

Panjang dari daun tanaman mangga ini mencapai 8 hingga 40 cm yang disertai dengan ukuran lebar mencapai 2 hingga 12,5 cm.

Daun mangga ini terletak dimana-mana, maksudnya daun ini terletak secara berselang-seling dalam mengelilingi ranting.

Tanaman mangga merupakan tanaman yang memiliki daun tidak lengkap, hal ini karena adanya petiolus atau tangkai dan lamina atau helaian daun saja.

Bentuk dari daun mangga ini memiliki variasi, disebabkan berbentuk lonjong, mata tombak serta segi empat pada ujungnya dan agak meruncing. Bahkan ditepi bagian dari daunnya terlihat halus, akan tetapi sedikit bergelombang.

4. Bunga Tanaman Mangga

Pada umumnya bunga dari tanaman mangga ini bermajemuk yang bertumbuh dari tunas ujungnya dengan terangkai yang ada dibagian tandan dan rangkaian bunga mangga berbentuk kerucut.

Di setiap tandan bunga dari tanaman mangga ini berjumlah banyak, diperkirakan mencapai 1000 hingga 6000 kuntum dan disertai dengan ukuran yang kecil dalam diameter 6 hingga 8 mm.

Dilihat dari pengertian dari bunga jantan dimana bunga mangga berbentuk bunga banci atau hemaprodit dengan rangkaian dari bunga proporsi tanaman mangga cukup banyak.

Dalam bagian kelopak dan mahkota dari tanaman mangga telah tersedia 5 lembar. Kemudian dibagian pangkal buah tidak tersedia tangkai, namun di bagian ujung memiliki kepala putik.

5. Buah Tanaman Mangga

Tanaman mangga ini menjadi salah satu tanaman yang telah termasuk dibagian golongan buah biji dengan memiliki daging yang tebal dan memiliki ukuran panjangnya mencapai 30 cm.

Pada umumnya bentuk buah mangga ini cukup bervariasi, seperti berbentuk oval, bulat dan pipih. Seperti yang sudah diketahui kalau buah mangga ini memiliki berbagai macam jenis mangga, makanya tak salah kalau setiap jenisnya memiliki bentuk yang berbeda-beda.

Buah mangga memiliki warna yang bervariasi juga, seperti kuning kemerahan, kuning, hijau dan dikombinasikan dengan berbagai macam warna yang sudah disebutkan.

Rasa dari buah mangga ini pun berbeda, ada yang rasan asam banget da nada yang tidak asam serta ada yang rasanya manis.

Kulit dari buah mangga ini memiliki kelenjar dan cukup tebal, selain itu buah mangga ini juga tersedia biji yang lumayan keras.

Sampai disini dulu pembahasan kita kali ini, semoga dengan melalui pembahasan yang ada diatas, anda bisa mendapatkan pengetahuan yang mengenai klasifikasi dan morfologi dari tanaman magga ini.

Baca juga : Cara Mencangkok Pohon Mangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *