Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bintaro

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bintaro – Tahukah anda kalau tanaman bintaro memiliki berbagai jenis spesies. Tanaman bintaro cukup dikenal oleh warga negara Indonesia, bahkan beberapa orang juga sudah mengetahui tentang klasifikasi dan morfologi tanaman bintaro.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bintaro
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bintaro

Nah bagi anda yang ingin mencari tahu klasifikasi dan morfologi tanaman bintaro, maka anda dapat menyimaknya pada pembahasan dibawah ini.

Klasifikasi Tanaman Bintaro

Berikut dibawah ini sudah tersusun dengan rapih tentang klasifikasi yang dimiliki oleh tanaman bintaro.

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Viridiplantae
  • Infra Kingdom – Streptophyta
  • Divisi – Tracheophyta
  • Sub Divisi – Spermatophyta
  • Super Divisi – Embryophyta
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Sub Kelas – Asteridae
  • Ordo – Gentianales
  • Super Ordo – Asteranae
  • Famili – Apocynaceae
  • Genus – Cerbera L.
  • Spesies – Cerbera manghas L.

Morfologi Tanaman Bintaro

Berikut dibawah ini sudah tersusun dengan rapih tentang morfologi yang dimiliki oleh tanaman bintaro.

1. Batang Tanaman Bintaro

Pada dasarnya morfologi batang yang dimiliki oleh tanaman bintaro menjadi sebuah tanaman yang cukup menarik dan unik. Hal ini dikarenakan pada tanaman bintaro terdapat batang yang memiliki bintik-bintik dengan warnanya yang hitam.

Nah, bintik-bintik tersebut merupakan ciri khas dari batang yang dimiliki oleh tanaman bintaro ini, dan biasanya hal ini menjadi salah paham bagi pemikiran manusia.

Banyak yang menyangka kalau bintik-bintik hitam pada batang merupakan sebuah penyakit yang terdapat pada batangnya.

Batang yang dimiliki oleh tanaman ini mempunyai bentuk yang sama seperti beberapa batang tanaman lainnya. Hal ini dikarenakan batang tanaman bintaro memiliki bentuk yang bulat dan juga berbentuk secara tegak.

2. Bunga Tanaman Bintaro

Untuk morfologi bunga yang telah dimiliki oleh tanaman bintaro ini menampilkan sebuah warna yang manis, cerah dan cantik. Disebabkan warna yang akan ditampilkan oleh bunga tanaman bintaro adalah warna putih cerah.

Bunga tanaman bintaro memiliki fungsi yang dijadikan sebagai alat untuk reproduksi. Inilah yang membuat bunga tanaman bintaro menjadi salah satu jenis bunga yang cukup unik.

Tahukah anda kalau bunga yang berasal dari tanaman bintaro bisa menghasilkan aroma yang wangi dan biasanya bunga dari tanaman bintaro ini terdapat pada ujung batang. Jenis bunga tanaman bintaro termasuk pada golongan bunga yang majemuk, dikarenakan memiliki putik dan juga benang sari.

Perlu diperhatikan kalau putik yang dimiliki oleh bunga dari tanaman bintaro ini memiliki warna yang cukup menarik. Dalam hal ini putiknya dapat menampilkan sebuah warna yang hijau agak keputih-putihan. Sementara benang sari dari tanaman bintaro ini memiliki warna yang coklat.

3. Daun Tanaman Bintaro

Daun tanaman bintaro merupakan sebuah kelompok daun yang termasuk pada golongan tunggal. Daun dari tanaman bintaro ini mempunyai bentuk yang seperti biasanya, yaitu berbentuk lonjong.

Selain itu, pada daun tanaman bintaro terdapat suatu sistem pertulangan. Sistem pertulangan dari daun bintaro ini menyirip pada ujungnya serta pangkal yang agak meruncing.

Daun bintaro ini membentuk dengan tekstur dari permukaan daun yang terasa licin. Sama seperti dengan daun dari tanaman lainnya yang memiliki warna original, yaitu hijau, begitu juga dengan daun tanaman bintaro yang memiliki warna hijau.

Tepi daun bintaro cukup rata dan daun bintaro mempunyai ukuran panjang yang sekitaran 15 hingga 20 cm serta lebarnya bisa mencapai 3 hingga 5 cm.

4. Buah Tanaman Bintaro

Buah tanaman bintaro menjadi salah satu morfologi tanaman yang cukup unik dan merupakan salah satu tanaman yang bisa dibilang plagiat.

Hal ini dikarenakan buah yang dihasilkan oleh pohon bintaro adalah buah yang hampir sama dengan buah dari tanaman mangga. Bentuk yang lonjong sama seperti buah yang dihasilkan oleh tanaman mangga.

Namun, buah bintaro ini mempunyai warna yang unik dan bisa berubah-ubah, dalam artinya hanya sesuaikan dengan usianya. Apabila usia dari buah tanaman bintaro masih mudah, maka warna buah yang akan terlihat adalah buah yang berwarna hijau. Berbeda dengan buah bintaro yang umurnya sudah tua dimana buahnya akan terlihat seperti kehitaman.

5. Biji Tanaman Bintaro

Biji yang dimiliki oleh tanaman bintaro mempunyai bentuk yang bulat dan sudah dilapisi oleh kulit serta daging buah tanaman bintaro. Biji tanaman bintaro memiliki ukuran yang cukup besar, dimana ukuran bijinya bisa mencapai 2 cm x 1,5 cm. Apabila biji tanaman bintaro ini terkena dengan udara, maka semakin lama warna bijinya akan berubah.

Biji bintaro ini memiliki warna yang cukup unik, apabila bijinya tidak terkena dengan udara, maka bijinya akan tetap putih dan lam kelamaan tetap saja bijinya akan berubah menjadi warna ungu, karena telah terpajan dari udara.

Lalu akan berubah menjadi abu-abu hingga pada akhirnya akan tetap warna hitam atau coklat. Bijinya memiliki bentuk yang oval, pipih dan memanjang.

6. Akar Tanaman Bintaro

Untuk morfologi yang terakhir adalah akar yang dimiliki oleh tanaman bintaro. Akar dari tanaman bintaro merupakan sebuah akar yang bersifat tunggang. Anda harus tahu kalau akar ini berfungsi untuk memperkuat atau memperkokoh pohon dari tanaman bintaro ini.

Akar tanaman bintaro akan bertugas untuk menyerap sari makanan dan juga mineral yang ada didalam tanah. Selain itu, tanaman bintaro pada hal yang sebenarnya memiliki warna yang kayak tanaman lainnya. Karena warna yang dimiliki oleh tanaman bintaro merupakan warna yang coklat.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Bintaro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *